Manfaat Sehat Buah Kiwi, Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari


Manfaat Buah Kiwi begitu banyak untuk kesehatan. Tahukah Anda apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah Kiwi? Berikut kami sajikan ulasannya!

Mengenal Bentuk dan Asal Muasal Buah Kiwi


Manfaat Sehat Buah Kiwi, Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari
Bentuk buah Kiwi hampir mirip dengan Sawo, kulitnya berwarna cokelat dengan daging buah berwarna hijau terang. Buah ini bisa dikonsumsi dengan dimakan langsung, dibuat jus, salad buah, es krim maupun dijadikan hiasan kue yang cantik.

Ada dua jenis buah Kiwi yang beredar di pasaran, yaitu Kiwi Hijau dan Kiwi Kuning Keemasan. Asal muasal buah Kiwi sebenarnya berasal dari China, baru diperkenalkan ke Selandia Baru pada tahun 1906.

Baca juga: Manfaat Buah Pir Dapat Menyehatkan Jantung Hingga Menghilangkan Jerawat

Sekarang ini, telah ada sekitar 10 jenis buah Kiwi yang diproduksi hampir di seluruh dunia. Rasanya yang eksotis, dan warnanya yang menarik buat banyak orang tertarik untuk mengonsumsi buah Kiwi.

Selain itu, buah Kiwi juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan sehingga banyak dimanfaatkan untuk program diet hingga terapi kecantikan.

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Kiwi


Bila selama ini Anda mengira penghasil vitamin C terbesar adalah buah Jeruk, maka salah mengira. Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, Kiwi mengandung vitamin C yang paling besar.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah Kiwi untuk per 100 gramnya:

  • Protein: 0,99 gram
  • Air: 83,05 gram
  • Karbohidrat: 14,88 gram
  • Kalori: 61 kcal
  • Abu: 0,64 gram
  • Lemak: 0,44 gram
  • Magnesium: 30 miligram
  • Fiber: 3,4 gram
  • Besi: 0,41 miligram
  • Vitamin C: 75 miligram
  • Vitamin A: 9 mcg / 175 iu
  • Potassium, K: 332 miligram
  • Calcium: 26 miligram
  • Phosphorus, P: 40 miligram
  • Niacin: 0,5 miligram
  • Sodium: 5 miligram
  • Thiamin: 0,02 miligram
  • Riboflavin: 0,05 miligram
  • Kolesterol: 0 mcg
  • Retinol: 0 mcg


Selain kandungan nutrisi di atas, buah Kiwi juga mengandung actinidin yang merupakan enzim alami untuk mengatasi sembelit, dan juga Asam Askobin yang dapat melindungi tubuh dari demam dan nyeri persendian.

Baca juga: Manfaat Buah Naga Ungu Sebagai Antioksidan Hingga Mencegah Batu Ginjal

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan


Manfaat Sehat Buah Kiwi, Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari
Nah, untuk menambah kesukaan Anda terhadap buah Kiwi, berikut ini kami bagikan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah dengan rasa yang eksotis ini.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menangkal Radikal Bebas


Buah Kiwi mengandung vitamin C tinggi dan senyawa antioksidan yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Polifenol, Karotenoid, dan enzim-enzim lain yang terkandung dalam buah Kiwi akan membentuk antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terhindari dari berbagai penyakit dan menjadi lebih sehat.

2. Menjaga Mata Tetap Sehat


Kandungan lutein dan beta karoten dalam buah Kiwi sangat baik untuk menjaga mata tetap sehat. Selain Lutein, buah Kiwi juga mengandung senyawa zeaxanthin yang memiliki khasiat alami dalam mencegah degenerasi Makula dan masalah lainnya pada mata.

3. Menjaga Tekanan Darah agar Tetap Stabil


Buah Kiwi mengandung Kalium tinggi yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan menangkal efek Natrium sehingga tekanan darah menjadi stabil. Kalium juga berperan untuk menjaga fungsi otot dan gerak reflek sistem saraf.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung


Potassium yang terkandung dalam buah Kiwi hampir setara dengan buah Pisang. Potassium berperan penting dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan membantu jaga kesehatan jantung.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 2-3 buah Kiwi setiap hari dapat mengurangi potensi pembekuan darah sebanyak 18 persen dan menurunkan trigliserida sebanyak 15 persen. Buah Kiwi memiliki manfaat yang serupa dengan Aspirin sebagai anti-pembekuan darah.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer


Manfaat buah Kiwi lainnya yang penting untuk kesehatan adalah dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer hingga 50 persen.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan


Buah Kiwi yang dimakan langsung tanpa di olah terlebih dahulu mengandung actinidain yang merupakan enzim protein-larut. Enzim ini berperan penting dalam membantu tubuh mencerna makanan, mirip dengan fungsi papain pada buah Pepaya atau bromelain pada buah Nanas.

Kiwi juga merupakan buah yang kaya akan serat sehingga dapat mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Kandungan serat yang tinggi pada buah Kiwi dapat memperlancar buang air besar bila kita mengonsumsinya setiap hari secara rutin.

7. Membantu Detoksifikasi Tubuh


Serat fuzzy pada buah Kiwi membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dengan cara mengikat dan memindahkan racun untuk dapat keluar melalui saluran pencernaan.

8. Melindungi DNA dari Kerusakan


Menurut hasil studi yang telah dilakukan, kandungan antioksidan pada buah Kiwi bermanfaat dalam membantu tubuh melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Sejumlah ahli juga menyimpulkan, bahwa buah Kiwi dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

9. Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes


Buah Kiwi termasuk dalam makanan kategori RENDAH untuk indeks glikemik, sehingga tidak secara cepat meningkatkan kadar gula darah saat dikonsumsi. Dengan demikian, buah Kiwi cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

10. Membantu Program Diet


Buah Kiwi memiliki indeks glikemik yang rendah, selain itu juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga tubuh merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, buah Kiwi sangat baik dikonsumsi dalam program diet untuk membantu dalam penurunan berat badan.

11. Menjaga Keseimbangan Alkaline


Buah Kiwi merupakan buah-buahan dengan pasokan kaya mineral yang memiliki peran menjaga keseimbangan alkaline dalam tubuh.

Keseimbangan alkaline dalam tubuh memiliki sejumlah manfaat penting, seperti mengurangi osteoporosis, mencegah pilek, mengurangi arthritis, kulit tetap awet muda, lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas, dan membuat tidur lebih nyenyak.

12. Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil


Dalam buah Kiwi terkandung asam folat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengonsumsi buah Kiwi bagi ibu hamil diyakini bermanfaat untuk mencegah cacat lahir pada otak atau saraf tulang belakang.

***
Itulah sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi buah Kiwi. Khasiat yang dimiliki buah Kiwi untuk kesehatan ternyata luar biasa.

Baca juga: 9 Varian Rasa Buavita, Komposisi, dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Namun demikian, banyak ahli kesehatan yang tidak menyarankan konsumsi buah Kiwi pada penderita beberapa penyakit tertentu, seperti penderita alergi, penyakit ginjal, dan kandung empedu.

Hal ini dikarenakan dalam buah Kiwi mengandung oksalat yang tinggi. Oksalat yang terkonsentrasi terlalu tinggi dalam cairan tubuh dapat mengkristal dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit ginjal dan kandung empedu.

Sumber referensi dan gambar:
https://www.deherba.com
https://blogindahnyasehat.blogspot.co.id
Posting Komentar
Click to comment