tes header

10 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh


10 Manfaat Perlunya Minum Air Kelapa – Ketika cuaca sedang panas di siang hari, minum air kelapa menjadi pilihan favorit penghilang dahaga yang menyegarkan. Selain rasanya enak, rendah kalori dan karbohidrat, air kelapa juga memiliki banyak kandungan mineral yang menyehatkan bagi tubuh.

10 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat air kelapa juga sangat pas dikonsumsi saat Anda tengah beraktivitas berat yang mengeluarkan banyak keringat.

Bahkan, khasiatnya juga sangat bagus untuk seseorang yang menderita diare dan kehilangan banyak cairan. Air kelapa dapat menjadi alternatif tepat sebagai pengganti air tubuh guna rehidrasi tubuh.

Baca juga: Pulihkan Performa Tubuh Secara Cepat Dengan Air Kelapa

Kandungan Gizi pada Air Kelapa


Segudang manfaat air kelapa bisa kita dapatkan karena di dalamnya mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh. Sejumlah nutrisi penting yang terkandung dalam air kelapa, di antaranya seperti vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat.

12 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Pencegahan Penyakit


10 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh
Nah, dari kandungan nutrisi yang ada pada air kelapa tersebut, manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan? Berikut kami sampaikan informasinya untuk Anda.

1. Pengganti Cairan dan Ion Tubuh


Air kelapa banyak dimanfaatkan untuk mengatasi dehidrasi akibat disentri, kolera, diare, hingga penyakit flu perut. Dalam sejumlah penelitian, telah dibuktikan bahwa air kelapa memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang hampir sama dengan darah.

Manfaat air kelapa sudah dikenal luas sebagai pengganti mineral dan cairan tubuh yang hilang saat kita melakukan kegiatan fisik atau berolahraga. Oleh karena itu, minum air kelapa setelah olahraga sangat baik untuk kesehatan karena akan mengisi kembali cairan dan mineral tubuh yang hilang.

Air kelapa juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan ion dalam tubuh, terutama bagi mereka yang sehari-harinya melakukan pekerjaan berat.

2. Membantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit


Kandungan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin dan piridoksin, folat, serta vitamin C dalam air kelapa sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Air kelapa juga bersifat anti-virus dan anti-bakteri sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan berbagai serangan penyakit akibat virus dan infeksi mikroorganisme.

3. Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan


Dalam air kelapa terdapat enzim bioaktif seperti fosfatase, asam folat, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, dan RNA polimerase yang membantu jaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, dalam air kelapa juga terdapat banyak kandungan mineral seperti kalsium, mangan, dan juga vitamin B yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

4. Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Di dalam air kelapa terdapat kandungan kalium yang berperan dalam proses alkali urin dan membantu dalam melarutkan batu ginjal sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit batu ginjal.

5. Mengontrol Gula Darah


Air kelapa juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena bila dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah. Proses ini akan membuat pembuluh darah membesar akibat adanya pembentukan plak sehingga darah mengalir lebih lancar dan akan mengurangi diabetes.

6. Sebagai Antioksidan Alami Bagi Tubuh


Air kelapa dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang akan membantu tubuh melawan radikal bebas. Selain itu, air kelapa juga dapat berfungsi sebagai penghilang racun (detoksifikasi) bagi tubuh.

7. Mengurangi Tekangan Darah Tinggi dan Baik untuk Kesehatan Jantung


Kadar kalium yang rendah sering dihubungkan dengan penyebab tekanan darah tinggi pada seseorang. Air kelapa mengandung kalium dan asam laurat, jika diminum secara teratur sangat efektif dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

Selain itu, air kelapa juga berkhasiat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga dapat meminimalisir risiko seseorang terkena penyakit jantung.

8. Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil


Air kelapa mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, dan vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan. Tak hanya itu, air kelapa juga menjadi minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat mengurangi rasa ingin muntah, dan ‘morning sickness’.

9. Bantu Jaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini


Air kelapa mengandung salah satu nutrisi yang bila diusapkan ke wajah dan dibiarkan semalaman dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Air kelapa juga bermanfaat dalam memperbaiki sel-sel kulit, pertumbuhan dan regulasi sel pada jaringan kulit.

Baca juga: Rahasia Cantik Dengan Minyak Kelapa

Kandungan asam laurat dan sitokin dalam air kelapa sangat manjur sebagai anti penuaan dini, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik. Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur, kulit Anda akan selalu tampak awet muda.

10. Membantu Program Penurunan Berat Badan


Air kelapa sudah terbukti ampuh dalam membantu penurunan berat badan. Minuman alami ini merupakan salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan secara alami dan tanpa menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Hasil yang positif dalam menurunkan berat badan telah dirasakan banyak orang dari seluruh dunia dengan meminum air kelapa.

Cara Sehat Minum Air Kelapa Setiap Hari


Meski tergolong minuman sehat, air kelapa tetap mengandung kalori dan sebaiknya dikonsumsi cukup satu gelas saja per hari. Dalam 250 ml air kelapa terkandung sekitar 45-60 kalori.

Bila kalori tersebut tidak terpakai oleh tubuh, maka setiap tahunnya kemungkinan berat badan Anda dapat meningkat sekitar 2 kg.

Di Indonesia, banyak ibu hamil yang disarankan untuk mengonsumsi air kelapa karena diyakini memberi manfaat untuk kesehatan.

Namun, sebelum Anda menerapkan saran tersebut hendaknya konsultasikan dahulu dengan dokter untuk mencegah kemungkinan efek samping yang bisa terjadi selama masa kehamilan.

Sekarang ini, telah banyak air kelapa dalam kemasan yang dijual di pasaran. Pastikan sebelum membeli, Anda baca dahulu label pada kemasan dan pastikan produk tersebut bebas pengawet dan pemanis buatan agar khasiat air kelapa bisa Anda dapatkan secara optimal.

Baca juga: Tahukah Anda? Minum Air Jeruk Nipis Memberikan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini kami bagikan tips sehat minum air kelapa agar manfaat air kelapa bisa kita dapatkan secara maksimal:

  • Untuk dewasa, disarankan untuk mengonsumsi maksimal 2 gelas air kelapa dalam satu hari.
  • Pemberian air kelapa pada bayi dan balita harus dalam jumlah yang tepat, hendaknya konsultasikan dahulu dengan dokter.
  • Hindari minum air kelapa saat malam hari karena air kelapa mengandung kalori yang gampang diserap oleh tubuh dan dapat menimbulkan timbunan gula bila tidak ada aktivitas yang dilakukan untuk membakar kalori dengan cukup.

Kita dapat memperoleh manfaat air kelapa secara maksimal ketika mengalami kekurangan ION atau saat kondisi dehidrasi. Manfaat minum air kelapa dapat secara cepat mengembalikan cairan dan mineral yang hilang dari dalam tubuh kita selepas beraktivitas.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber:
https://www.alodokter.com
https://manfaat.co.id
Posting Komentar
Click to comment