Buah Zuriat: Buah Kaya Manfaat dengan Kandungan Gizi yang Sangat Tinggi


Manfaat Buah Zuriat mungkin terdengar sudah tak asing lagi di kalangan jemaah Haji. Buah ini tidak hanya mudah ditemukan di sekitar Mekah dan Madinah, tapi juga banyak dijumpai di sekitar Mesir, Sudan, Kenya, dan Tanzania.

Buah Zuriat: Buah Kaya Manfaat dengan Kandungan Gizi yang Sangat Tinggi
Buah Zuriat memiliki khasiat atau manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat buah Zuriat yang begitu populer adalah sebagai pengobatan alami bagi pasangan yang ingin cepat dikaruniai anak.

Baca juga: Manfaat Buah Pir Dapat Menyehatkan Jantung Hingga Menghilangkan Jerawat

Di daerah tempat buah Zuriat berasal, orang-orang kerap menyebutnya dengan “Buah Adam” atau “Buah Hawa”. Beberapa masyarakat ada pula yang menyebutnya “Buah Doum”.

Seperti apa ciri-ciri pohon dan buah Zuriat?

Ciri-Ciri Pohon dan Bentuk Buah Zuriat


Asal pohon Buah Zuriat sebenarnya dari Mesir, dan juga dapat dijumpai di beberapa Negara timur tengah hingga India. Zuriat masih termasuk kelompok Arecaceae atau keluarga Palm. Pohon buah Zuriat dapat tumbuh dengan baik hingga mencapai tinggi 15,2 meter.

Ciri khas batang pohon Zuriat memiliki banyak cabang yang berukuran kecil menyerupai bentuk huruf Y. Setiap ujung dari pohon ini bentuknya kecil, kaku, dan berwarna hijau dengan daun yang mirip seperti kipas.

Pohon Zuriat juga memiliki banyak manfaat, di antaranya ranting pohon Zuriat sering dipakai sebagai bahan pembuat aneka peralatan rumah tangga atau konstruksi. Sementara daunnya juga sering dipakai sebagai bahan pembuat tikar, kertas, maupun tali pengikat.

Ciri-ciri buah Zuriat dapat dilihat dari kulitnya yang berwarna kuning, agak merah semu oranye. Buahnya memiliki ukuran sebesar apel, hanya saja bentuknya tidak bulat melainkan cenderung lonjong.

Buah Zuriat dapat disantap langsung alias dimakan mentah ataupun dipakai sebagai campuran masakan. Sementara biji dan kulitnya lebih sering dikonsumsi sebagai manisan dan bahan pembuat sirup.

Kandungan gizi buah Zuriat tergolong tinggi, itulah sebabnya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah ini.

Manfaat Buah Zuriat Bagi Kesehatan


Manfaat buah Zuriat dijadikan sebagai pengobatan sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat Mekah dan Madinah. Tak hanya memiliki kandungan gizi yang tinggi, buah Zuriat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Membantu tubuh melawam radikal bebas.
  • Mengatasi masalah hipertensi.
  • Mencegah dan menurunkan tingkat stres.
  • Sebagai pencegahan terhadap kanker.
  • Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.
  • Menyembuhkan alergi.
  • Melancarkan saluran darah dan menjaga saraf agar tetap berfungsi dengan baik.
  • Memperbaiki hormon kesuburan.
  • Mengobati luka dan mengatasi peradangan.
  • Menambah stamina dan tenaga seseorang.
  • Mengatasi berbagai penyakit kelamin, keputihan, dan mampu membunuh kuman yang ada pada area alat vital wanita.
  • Mengatasi rasa sakit yang muncul pada persendian.
  • Menyembuhkan sembelit.
  • Mengobati sakit mata pada hewan ternak.

Baca juga: Manfaat Ampuh Buah Ciplukan untuk Menyembuhkan Beragam Penyakit

Cara Mengkonsumsi Buah Zuriat yang Tepat


Buah Zuriat: Buah Kaya Manfaat dengan Kandungan Gizi yang Sangat Tinggi
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi buah Zuriat, Anda bisa memakan buah Zuriat yang masih mentah secara langsung.

Buah Zuriat yang telah matang justru akan sulit untuk dikonsumsi karena memiliki tekstur yang sangat keras dan biasanya akan dicampurkan ke dalam masakan.

Cara lainnya adalah dengan merebus daging buah Zuriat dan meminum air rebusannya untuk mendapatkan khasiat kesehatan dari buah ini. Air rebusan buah Zuriat akan terasa tawar, dan Anda bisa menambahkan sedikit gula atau madu ke dalamnya.

Buah Zuriat juga bisa dikonsumsi dengan cara dihaluskan terlebih dahulu hingga berbentuk serbuk. Anda dapat mengonsumsi serbuk tersebut tanpa harus menambahkan campuran apapun.

Tak hanya daging buahnya saja, biji dan kulit buah Zuriat juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Caranya ialah dengan mangambil kulit dan biji buah Zuriat lalu rebus hingga air rebusannya berwarna merah seperti teh.

Cara ini biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri yang ingin cepat dikaruniai anak. Minum air rebusan tersebut secara rutin selama kurang lebih 44 hari.

Air rebusan bisa direbus berkali-kali, namun bila air telah berubah warna menjadi putih, hentikan merebusnya kembali dan ganti dengan ramuan yang baru.

Baca juga: Manfaat Buah Naga Ungu Sebagai Antioksidan Hingga Mencegah Batu Ginjal

Perlu diperhatikan, bahwa buah Zuriat tidak disarankan bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi karena disinyalir dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Demikian informasi tentang manfaat buah Zuriat yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Posting Komentar
Click to comment