tes header

Manfaat Buah Pir Dapat Menyehatkan Jantung Hingga Menghilangkan Jerawat


Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat banyak orang menyukai buah Pir. Buah dengan kulit berwarna kuning dengan bintik kecokelatan ini ternyata mengandung banyak sekali manfaat.

Manfaat Buah Pir Dapat Menyehatkan Jantung Hingga Menghilangkan Jerawat
Mau tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Pir? Simak ulasan kami berikut ini!

Nilai Gizi yang Terkandung dalam 100 gram Buah Pir


Sebelum kita membahas apa saja manfaat buah pir yang kita peroleh dengan mengkonsumsinya, mari simak dahulu nilai gizi yang terkandung di dalamnya!

  • Karbohidrat: 15 gram
  • Kalori: 57 kcal
  • Gula: 10 gram
  • Serat pangan: 3,1 gram
  • Kalsium: 3,1 miligram
  • Protein: 0,4 gram
  • Zat besi: 0,2 miligram
  • Magnesium: 7 miligram
  • Lemak jenuh: 0 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,1 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 0,1 gram
  • Kolesterol: 0 miligram
  • Natrium: 1 miligram
  • Kalium: 116 miligram
  • Vitamin A: 25 IU
  • Vitamin B6: 0 miligram
  • Vitamin B12: 0 gram
  • Vitamin C: 4,3 miligram
  • Vitamin D: 0 IU

Baca juga: Manfaat Ampuh Buah Ciplukan untuk Menyembuhkan Beragam Penyakit

Manfaaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Pengobatan


Manfaat Buah Pir Dapat Menyehatkan Jantung Hingga Menghilangkan Jerawat
Setelah kita mengetahui informasi gizi yang terkandung dalam buah Pir, berikutnya mari cari tahu apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah Pir.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung


Para ahli kesehatan telah meneliti bahwa tingginya kandungan serat dalam buah Pir memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Dengan berkurangnya kolesterol jahat dalam tubuh maka kesehatan jantung Anda dapat tetap terjaga.

Menurut Peneliti Pangan dan Gizi dari Institut Nasional of Medicine, jumlah serat yang direkomendasikan bagi laki-laki dewasa sebesar 38 gram sehari, sedangkan untuk wanita dewasa sebesar 25 gram sehari.

Dalam buah pir terkandung jumlah serat yang cukup untuk Anda agar terhindar dari berbagai masalah pada jantung.

Baca juga: Makan Buah Kelengkeng Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

2. Mencegah Osteoporosis dan Menjaga Kesehatan Tulang


Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Pola makan yang buruk dapat menyebabkan masalah pada tulang.

Selain dengan asupan kalsium yang cukup, menjaga kestabilan pH tubuh juga merupakan upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Buah Pir mengandung zat boron yang berperan membantu tubuh agar lebih optimal dalam menyerap kalsium.

3. Menjaga Usus Tetap Sehat


Buah Pir kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam buah Pir bersifat serat tidak larut sehingga mudah untuk bergerak saat melalui usus besar. Manfaat tersebut sangat penting dalam mencegah masalah polip usus sehingga kesehatan organ pencernaan Anda dapat terus terjaga.

Manfaat buah pir selain itu juga mengandung serat yang berperan dalam mempermudah proses penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh.

4. Menjaga Kestabilan Gula Darah


Buah Pir cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meski rasanya manis, namun buah Pir memiliki indeks gliserin yang rendah sehingga tidak masalah bila sering dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kandungan serat yang tinggi pada buah Pir juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

5. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal


Kandungan senyawa antioksidan dan antikarsinogen glutathione dalam buah Pir memiliki peran penting dalam menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal.

Kandungan Kalium pada buah Pir juga baik untuk membantu kestabilan detak jantung, dan fungsi otot-otot pada tubuh.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Stroke


Dilansir dari laman Healthyeating.Sfgate.com bahwa buah Pir memiliki manfaat yang baik untuk mencegah stroke.

Hasil penelitian yang diterbitkan di American Heart Association pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa memakan satu buah Pir dalam sehari dapat meminimalisir risiko seseorang terkena stroke dan penyakit jantung.

7. Menurunkan Risiko Kanker


Kandungan serat yang tinggi pada buah Pir dapat mengatasi sel-sel karsinogenik yang berpotensi menimbulkan kanker. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan juga mengungkapkan bahwa buah Pir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan.

8. Ampuh Menangkal Serangan Radikal Bebas


Dalam buah Pir juga terkandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C, Vitamin K, dan mineral tembaga. Nutrisi tersebut sangat besar peranannya bagi tubuh dalam menangkal serangan radikal bebas.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Vitamin A, Vitamin C, dan tembaga yang terkandung dalam buah Pir merupakan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah Pir secara rutin dapat membantu tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

10. Baik untuk Kesehatan Anak dan Bayi dalam Kandungan


Buah Pir mengandung asam folat yang memberi manfaat besar bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Selain itu, buah Pir juga memiliki tingkat keasaman dan reaksi alergi yang sangat rendah sehingga baik dikonsumsi oleh anak-anak agar tidak mengalami gangguan pencernaan.

11. Kesegaran Buah Pir dapat Menyehatkan Tenggorokan


Buah Pir bersifat dingin dan segar saat dimakan sehingga dapat membuat tenggorokan tetap segar ketika cuaca panas.

12. Meredakan Peradangan


Buah Pir memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk mencegah atau meredakan masalah peradangan.

Baca juga: Manfaat Buah Naga Ungu Sebagai Antioksidan Hingga Mencegah Batu Ginjal

Manfaat Buah Pir untuk Kecantikan Kulit


Manfaat Buah Pir Dapat Menyehatkan Jantung Hingga Menghilangkan Jerawat
Ternyata manfaat buah pir sangat banyak ya sob. Enggak hanya untuk kesehatan dan pengobatan saja lho, tapi buah Pir juga memiliki khasiat untuk menjaga kecantikan kulit. Apa saja manfaat buah Pir untuk kecantikan? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Membuat Kita Terhindar Dari Tanda Penuaan Dini


Buah Pir mengandung banyak Vitamin C, Vitamin K, dan mineral tembaga yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas.

Dengan mengkonsumsi buah Pir setiap hari, sel-sel kulit dapat terjaga dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Sel kulit yang terjaga kesehatannya akan mencegah kita dari tanda-tanda penuaan dini.

2. Membuat Kulit Lebih Halus dan Lembut


Tingginya kandungan serat dalam buah Pir memiliki peranan penting dalam menjaga kelembutan kulit. Serat yang masuk ke dalam tubuh akan membatasi frekuensi masuknya gula ke dalam darah sehingga kulit akan terjaga dari kerusakan kolagen.

Kerusakan kolagen pada kulit biasanya terjadi akibat lonjakan kadar gula dalam darah. Kulit kita akan terjaga kelembutan dan kehalusannya dengan mengkonsumsi buah Pir setiap hari.

Baca juga: Ingin Terlihat Tetap Awet Muda? Perbanyak Konsumsi Buah Kaya Vitamin C!

3. Mengatasi Timbulnya Berbagai Masalah Jerawat


Manfaat buah Pir untuk kecantikan yang berikutnya adalah dapat mengatasi masalah jerawat. Dalam buah Pir terkandung nutrisi vitamin dan mineral yang memiliki manfaat untuk menangkal bakteri maupun kuman penyebab jerawat.

4. Sebagai Masker untuk Kecantikan Wajah


Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, buah Pir ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Caranya ialah dengan menghaluskan buah Pir, lalu campurkan dengan madu.

Oleskan ramuan ini secara merata pada wajah. Diamkan selama beberapa menit hingga ramuan menyerap ke dalam kulit wajah. Setelah masker mengering, bilas dengan air bersih.

Lakukan terapi masker wajah ini sebanyak 3 kali dalam seminggu, kulit wajah akan tampak berseri, bebas minyak, dan cantik alami.

5. Menjaga Kelembaban Kulit


Manfaat buah Pir berikutnya adalah dapat menjaga kelembaban kulit. Dengan kulit yang terjaga kelembabannya, maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah kulit. Elastisitas kulit pun akan tetap terjaga sehingga kulit akan lebih lembut dan halus.

6. Merawat Bibir Tetap Sehat


Kandungan asam laktat dalam buah Pir dapat berfungsi untuk menjaga sel-sel di bibir. Bibir juga akan terhidrasi lebih lama sehingga membuatnya tetap lembut dan halus.

7. Membantu Regenerasi Sel Kulit


Ekstrak buah Pir dapat dimanfaatkan sebagai scrub untuk membersihkan kulit wajah. Dengan menggunakan scrub alami dari ekstrak buah Pir dapat mempercepat regenerasi sel kulit.

8. Menjaga Kelembaban Rambut


Buah Pir memiliki kandungan yang bermanfaat untuk melembabkan dan mencegah rambut kering. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah Pir juga berperan sebagai antioksidan alami yang dapat menghaluskan rambut dan menjaga sel-sel rambut agar tetap sehat.

9. Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Rambut


Buah Pir mengandung sorbitol atau glusitol yang dapat berfungsi sebagai nutrisi untuk akar rambut, dan menjaga kulit kepala supaya tetap sehat.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Kersem/Kersen yang Tak Banyak Orang Tahu

Bagaimana Cara Memilih Buah Pir yang Benar?


Buah Pir masak memiliki nutrisi yang lebih baik ketimbang yang masih mentah. Pilihlah buah Pir yang masak untuk dikonsumsi, selain rasanya lebih enak, manfaat yang bisa diperoleh juga bisa lebih optimal.

Ciri-ciri buah Pir yang telah masak di antaranya berwarna kuning keemasan dengan wangi daging buah yang harum. Buah Pir berkualitas memiliki tekstur kulit yang lembut dan tanpa cacat luka.

Dalam memilih buah Pir yang baik, cobalah tekan bagian permukaan buah! Pastikan tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras.

Usahakan membeli buah Pir yang masih terdapat tangkainya karena menandakan kalau buah tersebut masih segar.

Bila Anda ingin langsung memakannya, pilihlah buah Pir yang agak lembut saat ditekan dengan jari. Namun jika Anda ingin menyimpannya dulu di kulkas dan tidak langsung memakannya, pilihlah buah Pir yang daging buahnya masih agak keras.

Baca juga: Simpanlah Saus dan Kecap Anda dengan Cara yang Tepat

Nah, itulah manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah Pir. Jangan lupa untuk memperhatikan tips-tips memilih buah Pir yang telah kami sampaikan di atas. Selamat mencoba!
Posting Komentar
Click to comment