Manfaat Buah dan Biji Mahoni yang Belum Banyak Diketahui Orang


Manfaat buah Mahoni ternyata tak hanya bisa dirasakan dari daging buahnya saja, tapi juga biji dan pohonnya memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Manfaat Buah dan Biji Mahoni yang Belum Banyak Diketahui Orang
Mulanya, pohon Mahoni lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat furnitur maupun ukiran yang indah. Namun sekarang pohon Mahoni makin populer di kalangan pecinta herbal karena biji dan buahnya dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan.

Manfaat Buah dan Biji Mahoni untuk Kesehatan


Pohon Mahoni dapat tumbuh di manapun dengan mudah. Sekarang ini buah dan bijinya sudah sering dimanfaatkan masyarakat sebagai variasi makanan yang sehat.

Baca juga: Buah Zuriat: Buah Kaya Manfaat dengan Kandungan Gizi yang Sangat Tinggi

Bahkan, ekstrak biji Mahoni telah banyak dijual dalam bentuk kapsul sebagai suplemen bagi tubuh. Ada sekitar 33 flavonoid dan 27 jenis saponin yang terkandung dalam biji buah Mahoni.

Selain itu, biji tanaman ini juga mengandung beragam jenis vitamin, mineral, protein dan asam lemak yang memiliki peran penting untuk menjaga tubuh tetap sehat.
Manfaat Buah dan Biji Mahoni yang Belum Banyak Diketahui Orang

1. Memperlancar Sirkulasi Darah dan Menyehatkan Jantung


Flavonoid yang terkandung dalam biji Mahoni dapat memperlancar sirkulasi darah. Sementara saponin memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Manfaat Buah Pir Dapat Menyehatkan Jantung Hingga Menghilangkan Jerawat

2. Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil


Biji Buah Mahoni sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki khasiat yang dapat menstabilkan gula darah. Bagi penderita diabetes, buah Mahoni sangat baik dikonsumsi secara rutin karena dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

3. Mengobati Sembelit


Saat Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, cobalah mengonsumsi ramuan dari serbuk biji buah Mahoni karena dapat memperlancar buang air besar.

4. Mengurangi Alzheimer


Penyakit Alzheimer memang tak dapat disembuhkan, namun Anda dapat mengonsumsi bubuk biji Mahoni yang ditambahkan susu untuk mengurangi efek demensia yang ditimbulkannya.

5. Mengobati Alergi pada Kulit


Bagi penderita alergi kulit dapat mencoba minum ramuan serbuk biji Mahoni untuk menyembuhkannya.

6. Mencegah Infeksi pada Hati


Biji buah Mahoni sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit hati atau liver karena dapat mencegah infeksi yang terjadi pada hati.

7. Mencegah Stroke


Biji buah Mahoni mengandung banyak senyawa flavonoid yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga dapat mencegah Anda dari terkena penyakit stroke.

8. Mengobati Penyakit Malaria


Penyakit Malaria dapat cepat menyebar melalui gigitan nyamuk. Segera lakukan penanganan dini pada penderita Malaria dengan memberinya ramuan serbuk biji Mahoni.

9. Mengatasi Asma


Ramuan serbuk Mahoni yang dicampur dengan teh sangat baik dikonsumsi oleh pasien penyakit asma.

10.  Mengurangi Kadar Kolesterol


Manfaat buah Mahoni berikutnya adalah dapat membantu tubuh dalam mengurangi kadar kolesterol. Mengkonsumsi ramuan serbuk biji Mahoni secara rutin juga dapat menurunkan lemak yang menempel di pembuluh darah.

11. Mengatasi Nyeri Haid


Ekstrak buah Mahoni yang diminum oleh wanita yang sedang mengalami Haid akan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkannya.

12. Mengatasi Impotensi dan Meningkatkan Kesuburan


Bagi pasangan yang ingin cepat dikaruniai anak, dapat mengonsumsi daging buah Mahoni karena memiliki khasiat untuk mengatasi impotensi dan meningkatkan kesuburan pada pria.

Baca juga: 15 Makanan Peningkat Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

13. Menambah Stamina Tubuh


Meminum secangkir ramuan bubuk Mahoni yang dicampurkan susu atau madu dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga Anda dapat beraktivitas dengan lebih semangat dan bertenaga.

14. Menambah Nafsu Makan


Ekstrak buah Mahoni sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang ingin memiliki berat badan proporsional. Pasalnya, buah yang satu ini dapat meningkatkan nafsu makan sehingga berat badan Anda akan bertambah secara bertahap.

15. Mengurangi Bau Mulut


Manfaat buah Mahoni lainnya adalah dapat mengurangi bau mulut. Buah Mahoni memang terasa pahit dan justru rasa pahit tersebut dapat mengurangi bau nafas yang buruk.

16. Bisa Digunakan untuk Mengusir Serangga


Campurkan bubuk buah Mahoni ke dalam air hingga larut. Kemudian buat semprotan serangga dari ramuan tersebut. Senyawa Saponin dalam biji buah Mahoni dapat menjadi obat pengusir serangga.

Demikian informasi manfaat buah Mahoni yang dapat kami sampaikan. Silahkan dicoba untuk membuktikan khasiat buah Mahoni yang luar biasa.
Posting Komentar
Click to comment