Cara Menyeduh Teh Tubruk yang Enak dengan Aroma yang Lebih Nikmat


Bagi Anda yang ingin menikmati aroma dan rasa teh yang lebih enak, maka teh tubruk adalah pilihan yang tepat. Langkah dan teknik perebusan yang tepat sangat dibutuhkan dalam membuat teh tubruk.

Cara Menyeduh Teh Tubruk yang Enak dengan Aroma yang Lebih Nikmat
Nah, bagaimana teknik menyeduh teh tubruk yang sedap dan nikmat, berikut kami bagikan ulasannya yang kami kutip dari Wiki How.

1. Cara Merebus Air untuk Membuat Teh Tubruk yang Nikmat


Dalam penyeduhan teh tubruk, jenis air yang digunakan memiliki peran yang penting. Pilihlah air yang sudah disterilkan, boleh juga menggunakan air dalam kemasan.

Baca juga: Minum Teh Tubruk Tanpa Gula Ternyata Lebih Berkhasiat

Bau lengket akan tercium pada teh tubruk bila Anda menggunakan air keran. Apabila ingin menggunakan air keran untuk menyeduh teh tubruk, diamkan dahulu air tersebut selama kurang lebih 10 detik.

Jangan menggunakan air yang telah direbus sebelumnya, karena air yang direbus lebih dari satu kali kandungan oksigennya menjadi berkurang sehingga akan membuat teh tubruk terasa hambar.

2. Bilas Teko Terlebih Dahulu dengan Air Panas


Sebelum digunakan untuk wadah menyeduh teh tubruk, bilaslah teko terlebih dahulu dengan air panas. Hal ini berguna agar suhu air tetap stabil sebelum dan saat diseduh.

Membilas teko dengan air panas juga berguna untuk membersihkan bau atau kotoran yang masih melekat pada teko. Disarankan untuk menggunakan teko berbahan keramik supaya suhu panas tetap terjaga dengan baik.

3. Takaran Teh Dalam Teko


Daun teh dapat Anda masukkan langsung ke dasar teko atau menggunakan saringan (infuser). Sebaiknya langsung seduh teh tanpa menggunakan alat agar aroma yang dikeluarkan lebih enak.

Umumnya, takaran dalam menyeduh teh tubruk adalah sekitar 3 sendok kecil, kecuali ada petunjuk khusus yang menyebutkan jumlah takaran untuk jenis atau merek teh tertentu.

Jumlah takaran teh biasanya bergantung pada jenis, kekuatan teh, dan juga selera pribadi. Oleh karena itu, Anda bisa mencobanya beberapa kali untuk mengetahui berapa jumlah takaran teh yang sesuai selera Anda.

4. Tuangkan Air Panas ke Dalam Teko Berisi Teh Tubruk


Agar penyeduhan teh dapat merata, tuangkan air panas dengan gerakan secara memutar. Jumlah air panas yang dituang ke dalam teko harus sebanding dengan jumlah teh yang Anda masukkan sebelumnya.

5. Diamkan Beberapa Saat Sebelum Siap untuk Disajikan


Sesudah Anda menuang air panas ke dalam teko, diamkan dan rendam daun teh selama beberapa saat, sekitar 4-7 menit. Kemudian keluarkan daun teh menggunakan sendok atau bila Anda menggunakan saringan, angkat infuser tersebut.

Baca juga: Turunkan Tensi Darah dengan Mengkonsumsi Teh Hitam

Selanjutnya, sajikan teh sesuai selera. Bisa dengan menambahkan gula, lemon, madu, ataupun susu untuk menambah citarasa teh agar lebih bervariasi.

Itulah cara menyeduh dan menyajikan teh tubruk yang benar. Dengan melakukan cara di atas, Anda akan dapat menikmati teh tubruk dengan aroma dan rasa yang lebih enak.
Posting Komentar
Click to comment