tes header

Manfaat Buah Naga Ungu Sebagai Antioksidan Hingga Mencegah Batu Ginjal


Buah Naga Ungu merupakan salah satu varietas dari buah naga. Sesuai dengan namanya, Buah yang memiliki nama ilmiah Hylocereus Polyrhizus ini memang berwarna ungu seperti buah bit.

Warna ungu pada buah satu ini mengindikasikan tingginya tingkat pigmen betalain yang terkandung di dalamnya.

Khasiat dan Manfaat Buah Naga Ungu untuk Kesehatan


Manfaat Buah Naga Ungu Sebagai Antioksidan Hingga Mencegah Batu Ginjal
Buah Naga Ungu memiliki khasiat yang hampir sama dengan buah Naga Merah. Hanya saja pada buah Naga memiliki kandungan antioksidan betalain lebih banyak dibandingkan Naga Merah.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah Naga Ungu, simak ulasan kami di bawah ini!

Baca juga: 10 Manfaat Buah Kersem/Kersen yang Tak Banyak Orang Tahu

1. Mencegah Berbagai Penyakit dan Anti Penuaan Dini


Seperti yang telah disebutkan di atas, buah Naga Ungu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi membantu tubuh dalam melawan radikal bebas.

Radikal bebas memiliki dampak yang sangat buruk bagi tubuh, mulai dari sifatnya yang merusak sel-sel tubuh, hingga membuat sel cepat menua dan berpotensi menyebabkan kanker.

Dengan mengkonsumsi buah Naga Ungu secara rutin, kita akan memperoleh khasiat dari antioksidan yang terkandung di dalamnya sehingga dapat membantu tubuh melawan berbagai serangan penyakit dan menghambat penuaan pada sel-sel tubuh.

2. Buah Naga Ungu Memiliki Kandungan Vitamin C yang Tinggi


Buah Naga Ungu mengandung vitamin C yang tinggi, cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C bagi tubuh Anda.

Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin C tubuh, kita akan terlindung dari berbagai serangan penyakit, menjaga gusi tetap sehat, dan juga baik untuk kesehatan tulang maupun darah.

3. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan


Buah Naga Ungu merupakan sumber folat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Folat juga memiliki peran penting dalam pembentukan DNA serta pembelahan sel.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh


Buah Naga memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Mencegah Batu Ginjal


Manfaat buah Naga Ungu lainnya adalah menjaga kesehatan organ ginjal. Potassium yang terkandung dalam buah Naga Ungu cukup tinggi, sehingga dapat mencegah penyakit batu ginjal dan menjaga kinerja ginjal agar tetap berfungsi dengan baik.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Buah Naga Ungu juga memiliki manfaat lain yang dapat menurunkan tekanan darah secara herbal. Kandungan antioksidan betalain dan betasianin dalam buah Naga Ungu berkhasiat untuk menjaga elastisitas pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi lancar dan normal.

7. Membantu Buang Racun dalam Tubuh


Khasiat Buah Naga Ungu juga dapat berfungsi untuk detoksifikasi tubuh. Selain berfungsi mencegah radikal bebas, kandungan antioksidan betalain pada buah Naga Ungu juga bermanfaat untuk membuang racun-racun yang ada dalam tubuh.

Kolaborasi antara kerja ginjal yang optimal, menurunnya kolesterol dalam darah, vitamin C, dan antioksidan betalain akan membantu tubuh membuang racun secara maksimal sehingga kita dapat terjaga dari serangan penyakit.

8. Mengatasi Anemia


Talasemia merupakan salah satu dari jenis penyakit anemia yang dapat disembuhkan dengan buah Naga Ungu. Sejumlah penelitian yang pernah dilakukan, kandungan betalin pada buah Naga Ungu dapat memproteksi darah dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Baca juga: Manfaat Buah Beet dan Nutrisi yang Terkandung di Dalamnya

Manfaat Buah Naga Ungu untuk Kecantikan Kulit


Manfaat Buah Naga Ungu Sebagai Antioksidan Hingga Mencegah Batu Ginjal
Buah Naga Ungu memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah Naga Merah. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam buah Naga Ungu juga berkhasiat menjaga kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit cepat keriput.

Oleh karena itu, sering mengkonsumsi buah Naga Ungu akan membuat kecantikan kulit Anda tetap terjaga dan kulit terhindari dari tanda-tanda penuaan dini.
Posting Komentar
Click to comment