tes header

Manfaat Buah Beet dan Nutrisi yang Terkandung di Dalamnya


Manfaat buah Beet bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya secara langsung, dimasak, maupun di buat jus. Beet atau bit merupakan tanaman umbi yang sering dipakai untuk pengobatan herbal. Buah ini memang telah diketahui memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Manfaat Buah Beet dan Nutrisi yang Terkandung di Dalamnya
Sebenarnya buah beet memang bukan termasuk buah-buahan melainkan jenis sayuran dengan warna merah gelap yang tumbuh di bawah tanah.

Kandungan nutrisi buah Beet antara lain karbohidrat, protein, serat larut, kalium, zat besi, magnesium, folat, vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6 dan B9.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kueni untuk Kesehatan

Buah Beet mengandung folat yang cukup tinggi, bahkan hanya dengan minum setengah cangkir beet saja asupan folat harian Anda sebesar 400-600 mikrogram sudah dapat terpenuhi. Di samping itu, buah beet juga tidak memiliki kandungan lemak jenuh atau kolesterol.

Manfaat Buah Beet untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Beet dan Nutrisi yang Terkandung di Dalamnya
Dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam Buah Beet, memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan dengan Anda mengkonsumsi buah ini.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Menurunkan Hipertensi


Buah Beet juga merupakan sumber asupan nitrat bagi tubuh. Nitrat dalam tubuh akan berubah menjadi nitrit oksida yang berguna unutk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, dalam buah Beet juga terdapat pigmen merah betacyanin yang memiliki manfaat dalam mengurangi peradangan pada jantung.

2. Meningkatkan Kinerja Otak


Bakteri di dalam mulut akan mengubah nitrat pada buah beet menjadi nitrit. Zat ini berguna dalam membantu memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah maupun oksigen ke otak. Pada orang lanjut usia, buah Beet diyakini dapat mencegah penyakit pikun.

3. Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes


Kandungan antioksidan asam alpha-lipoic dalam buah beet terbukti ampuh menurunkan kadar glukosa dalam darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga berguna dalam mencegah proses oksidasi sel pada penderita diabetes.

4. Meningkatkan Asupan Oksigen ke Otot


Buat beet bisa dikatakan baik dikonsumsi oleh para olahragawan. Dengan mengkonsumsi jus beet sebelum berolahraga ataupun beraktivitas, asupan oksigen ke otot akan meningkat sehingga otot dapat bekerja dalam waktu yang lebih panjang.

5. Mencegah Timbunan Lemak pada Hati


Telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian bahwa kandungan nutrisi dalam buah Beet dapat mencegah timbunan lemak pada Hati (liver).

6. Mengurangi Peradangan


Kandungan kolin dalam buah Beet sangat baik untuk membantu gerakan otot, proses belajar, perekaman memori pada otak, dan juga relaksasi saat kita tertidur.

Tak hanya itu, Kolin juga berguna untuk mempertahankan struktur membran sel, penyerapan lemak, transmisi impuls saraf, hingga mengurangi peradangan kronis.

7. Mencegah Perkembangan Sel Kanker


Para peneliti juga mengungkapkan bahwa pigmen merah betacyanin pada buah bit dapat melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker. Sehingga buah Beet sangat baik untuk mengurangi risiko kanker.

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Buah Beet kaya akan serat sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan khususnya dalam mencegah susah buang air besar.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Konsumsi Buah Beet Setiap Hari Secukupnya


Dari berbagai macam manfaat buah beet di atas, tentunya kita ketahui bahwa buah Beet sangat baik untuk kesehatan bila dikonsumsi setiap hari.

Akan tetapi perlu juga diingat agar kita tidak mengkonsumsi buah beet secara berlebihan atau dalam jumlah besar karena dapat meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh sehingga berisiko menimbulkan penyakit ginjal.
Posting Komentar
Click to comment