Manfaat Ampuh Buah Ciplukan untuk Menyembuhkan Beragam Penyakit


Manfaat buah Ciplukan di era 90-an masih bisa kita temukan dengan mudah dan gratis. Buah dengan nama ilmiah Physalis Angulata ini masih banyak ditanam di berbagai tempat, mulai dari pekarangan rumah, area persawahan, hingga kebun-kebun warga.

Manfaat Ampuh Buah Ciplukan untuk Menyembuhkan Beragam Penyakit
Akan tetapi, buah yang dulu bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma tersebut belum lama ini memiliki harga jual yang fantastis di sejumlah mall di Indonesia.

Hal ini terjadi tentu saja karena mulai banyak orang yang tahu kalau buah Ciplukan ternyata menyimpan beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan terutama dalam mengobati berbagai penyakit.

Baca juga: Manfaat Buah Naga Ungu Sebagai Antioksidan Hingga Mencegah Batu Ginjal

Khasiat Buah Ciplukan dapat Mengobati Beragam Penyakit


Berikut ini kami akan mengulas berbagai manfaat buah ciplukan untuk menyembuhkan beragam penyakit:

1. Mengobati Gangguan pada Jantung


Buah Ciplukan ternyata memiliki khasiat untuk mengobati penyakit jantung. Cara membuat ramuannya ialah dengan menggunakan 40 lembar daun Ciplukan, blender sampai halus seperti jus. Selanjutnya minum jus tersebut tanpa diberi campuran apapun.

Manfaat daun Ciplukan juga bisa kita peroleh dengan memakannya secara langsung tanpa harus diblender terlebih dahulu. Namun, sebelum dimakan cucilah dulu daun tersebut sampai bersih.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Manfaat buah Ciplukan berikutnya ampuh mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya, Anda cukup meminum air rebusan daun, buah, maupun akarnya selama 3 minggu secara rutin.

3. Menyembuhkan Stroke


Kabarnya, buah Ciplukan juga mampu mengobati penyakit stroke. Caranya ialah dengan meminum dan memakan buah, daun, maupun akar buah Ciplukan.

4. Mengobati Diabetes


Penyakit gula atau diabetes yang berimbas pada kencing manis adalah salah satu penyakit yang paling kita takuti. Buah Ciplukan ternyata dapat digunakan untuk pengobatan penyakit diabetes. Caranya ialah dengan merebus batang dan akar Ciplukan, lalu minum sebanyak 3 kali sehari.

5. Membersihkan Racun pada Tubuh


Semua bagian buah Ciplukan mulai dari akar, batang, buah hingga pucuk daunnya dapat digunakan sebagai penawar racun yang masuk ke dalam tubuh.

6. Meredakan Sakit Persendian


Manfaat buah Ciplukan juga dapat menghilangkan sakit persendian. Caranya cukup mudah yaitu campurkan daun Ciplukan dengan kapur sirih, lalu tempelkan pada sendi yang sakit.

7. Menurunkan Kolesterol Tubuh


Bagian daun dari buah Ciplukan juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh. Makan 2 lembar daun Ciplukan sebanyak 3 kali sehari, tubuh Anda akan bebas koleterol.

8. Mengobati Demam


Buah Ciplukan juga dapat digunakan untuk menurunkan demam atau panas yang dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa.

9. Mengobati Penyakit Asma


Buah Ciplukan juga bermanfaat untuk dijadikan obat asma yang mujarab. Caranya, Anda cukup meminum air rebusan daun dan batang dari buah Ciplukan.

10. Menghilangkan Warna Kuning pada Bayi Baru Lahir


Tanaman atau buah Ciplukan memang memiliki banyak sekali khasiat. Khasiat berikutnya dari tanaman ini adalah dapat menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir. Caranya amat mudah, Ciplukan dijemur sampai kering, lalu dipakai untuk mandi pada bayi yang baru lahir.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Kersem/Kersen yang Tak Banyak Orang Tahu

11. Menyembuhkan Kurap


Kurap merupakan jenis penyakit kulit yang sangat mengganggu. Tak hanya membuat kita tidak nyaman karena gatal, tapi juga merusak kecantikan kulit. Tapi Anda tak perlu khawatir karena penyakit Kurap ternyata dapat disembuhkan dengan buah Ciplukan lho!

Cara membuat obat Kurap dari buah Ciplukan ini sangat mudah kok! Blender sampai halus daun dari Buah Ciplukan, kemudian oleskan di bagian kulit yang terkena penyakit kurap.

12. Menyembuhkan Kanker Payudara


Konon, buah Ciplukan juga dipercaya dapat mengobati penyakit kanker payudara. Cara membuat obat kanker payudara dari buah Ciplukan yaitu dengan mencampurkan pucuk muda daun Ciplukan dengan empat biji beras, dan tunas kunyit.

Kemudian giling campuran tadi bersama parutan kelapa hingga halus. Setelah itu tempelkan ramuan tersebut pada payudara.

Baca juga: Lawan Kanker Payudara Dengan Dua Obat Ampuh Berikut Ini!

13. Meredakan Sakit Kepala karena Pingsan


Buah Ciplukan juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda sakit kepala pada orang yang terbangun sehabis pingsan. Caranya, bakar akar Ciplukan lalu abunya campur dengan kapur sirih dan minyak kelapa. Oleskan pada kepala orang yang pingsan.

14. Obat Tambah Darah


Bagi Anda yang menderita kekurangan darah atau anemia, tanaman Ciplukan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat yang mujarab untuk menyembuhkannya.

Cara membuat ramuannya sangat mudah, yaitu rebus batang tanaman Ciplukan lalu minum air rebusannya.

15. Meningkatkan Kecerdasan Anak


Buah Ciplukan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Caranya, campurkan buah Ciplukan dengan air, jeruk nipis, dan beri sedikit tambahan gula.

Baca juga: 7 Bahan Pangan yang Baik Untuk Kecerdasan Anak

Jangan Mengkonsumsi Buah Ciplukan Bersama Kopi


Manfaat Ampuh Buah Ciplukan untuk Menyembuhkan Beragam Penyakit
Tak disangka, ternyata buah Ciplukan menyimpan banyak sekali manfaat rahasia bagi kesehatan. Namun demikian, perlu diingat pula untuk jangan mengkonsumsi buah Ciplukan bersamaan dengan kopi karena disinyalir dapat mengakibatkan keracunan.

Demikian informasi dari kami tentang manfaat buah Ciplukan, semoga informasi di atas dapat menambah khasanah pengetahuan kita tentang obat-obatan herbal.
Posting Komentar
Click to comment