Begini Cara Memiliki Tubuh Ideal Setelah Melahirkan

Begini Cara Memiliki Tubuh Ideal Setelah Melahirkan - Banyak perubahan yang terjadi pada seorang ibu saat hamil dan pasca melahirkan khususnya pada bentuk tubuh yang pastinya tidak selangsing saat sebelum hamil. Beberapa ibu muda melakukan diet untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal pasca melahirkan, namun perlu diingat bahwa diet yang salah tidak hanya berdampak pada kesehatan ibu melainkan juga berdampak pada kesehatan si buah hati.

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan tubuh ke bentuk ideal pasca melahirkan :


Konsultasikan dengan dokter Anda

Seperti yang kamu ketahui, melakukan diet yang berat pasca melahirkan tidak benar-benar dianjurkan karena dapat berdampak pada kesehatan ibu dan anak. Berkonsultasi pada seorang dokter ahli gizi merupakan pilihan yang tepat sebelum kamu melakukan program diet pasca melahirkan.

Setelah melalui pemeriksaan biasanya dokter ahli gizi akan menyarankan kapan waktu yang tepat untuk benar-benar mulai menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan setiap wanita memiliki masa pemulihan yang berbeda. Dokter akan memastikan bahwa tingkat air dalam tubuh, hormon, kadar gula darah sudah benar-benar stabil terlebih dahulu sebelum memulai menjalankan program diet.

Mulailah dengan latihan ringan

Salah satu cara mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan adalah dengan melakukan olah raga, namun jangan dulu melakukan olah raga yang berat. Lakukan olah raga yang ringan seperti ketika kamu melakukan olah raga saat sedang hamil. Dengan latihan yang rutin maka otot-otot tubuh dapat kembali ke bentuk semula.

Fokus pada diet Anda

Selama masa menyusui tubuhmu membutuhkan nutrisi dan kalori yang lebih banyak dari biasanya. Melakukan diet pasca melahirkan dengan mengurangi kalori merupakan kesalahan yang besar karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli gizi untuk membantu menyusun diet sehat yang dapat menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi nutrisi dan kalori dalam makanan.

Makan secara teratur

Jika selama ini kamu makan tiga kali sehari pada pagi, siang dan malam hari cobalah ubah cara makanmu dengan lebih sering makan namun dengan porsi yang lebih sedikit. Cara ini dapat membantumu mengurangi nafsu makan yang berlebihan dan pastinya dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan beberapa dokter ahli gizi mengatakan ini adalah cara terbaik untuk membatasi kalori tanpa mengorbankan kesehatan.

Makan yang benar dan bergizi

Dari sekian banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan, satu-satunya cara yang benar adalah dengan tetap makan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan yang tidak sehat seperti junk food dan makanan yang mengandung bahan-bahan kimia.

Baca juga : Tips langsing setelah melahirkan

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan dengan aman dan tidak beresiko baik bagi kesehatanmu maupun kesehatan bayimu. Yang terpenting adalah kamu harus sabar dalam menjalankannya karena tidak ada sesuatu yang bisa didapat secara instant apalagi dengan mengorbankan kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Memiliki Tubuh Ideal Setelah Melahirkan"