Tips Diet Ketat yang Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat


Tips diet ketat lazimnya dilakukan seseorang guna mendapat bentuk tubuh ideal dalam jangka waktu singkat. Memiliki bentuk tubuh ideal bukanlah suatu hal yang mustahil.

Anda dapat menurunkan berat badan secara cepat apabila memiliki niat yang kuat dan melakukannya dengan cara yang tepat.

Umumnya, tips diet ketat harus dilakukan dalam kurun waktu sekitar 1 minggu. Serupa dengan cara diet lainnya, diet ketat juga memerlukan pengaturan pola makan dan pola hidup sehat yang benar.

Perbedaan terletak pada target waktu dan target jumlah lemak yang harus dibersihkan. Informasi berikut ini kami akan bagikan tips diet ketat agar program menurunkan berat badan Anda dapat berjalan efektif.

1. Tanamkan Niat yang Kuat dalam Diri

Tips Diet Ketat yang Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat
credit: www.vebma.com
Langkah pertama adalah menanamkan motivasi atau niat yang kuat dalam diri kita untuk melakukan program diet yang telah direncanakan. Dengan niat yang kuat, godaan sebesar apapun akan bisa kita atasi.

Baca juga: Begini Cara Tips Diet ala Dewi Hughes Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Tetap fokus pada tujuan awal Anda melakukan diet ketat apabila target Anda untuk menurunkan berat badan dapat tercapai.

2. Ketahui Jumlah Kalori dan Protein Harian Anda

Diet ketat yang sehat tidak harus meninggalkan kalori dan protein yang diperlukan oleh tubuh. Hanya saja, Anda perlu membatasi konsumsinya pada menu makanan setiap hari.

Ketahui dengan baik berapa jumlah kalori dan protein yang diperlukan tubuh Anda setiap hari. Jangan sampai kalori yang diasup lebih banyak dari jumlah kalori yang dikeluarkan.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan kalori sekitar 1600 per hari. Jadi, jangan sampai kalori yang Anda konsumsi melebihi dari jumlah rata-rata tersebut bila ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kebiasaan makan harian yang berubah pada saat Anda melakukan diet ketat akan membuat sistem pencernaan sedikit terganggu.

Jadi, sebaiknya jangan terlalu ekstrim membatasi pola makan saat hari pertama dan kedua program diet ketat. Usus memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan pola makan yang Anda lakukan.

Akan lebih baik bila Anda mengasup makanan yang baik bagi usus agar kesehatan sistem pencernaan tetap terjaga. Beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan antara lain seperti tempe, susu, dan yogurt.

Makanan-makanan tersebut mengandung banyak probiotik yang akan menjaga bakteri baik dalam usus Anda sehingga metabolisme pada sistem pencernaan tetap berjalan lancar.

Dengan sistem pencernaan yang lancar, pembakaran kalori dan lemak pun akan turut menjadi lancar sehingga berat badan Anda dapat turun secara maksimal.

4. Imbangi Diet Ketat dengan Olahraga

Dengan melakukan olahraga, diet ketat akan memberi hasil yang lebih sempurna. Selain untuk melancarkan metabolisme tubuh, olahraga juga bertujuan untuk mengencangkan kulit dan otot yang kendur akibat penurunan berat badan.

Lakukan olahraga sesuai kemampuan Anda, yang ringan-ringan juga enggak masalah, seperti senam, lari, jalan kaki, bersepeda, berenang, dan lain-lain.

Metabolisme tubuh yang lancar juga akan mempercepat pembakaran lemak dan kalori sehingga target penurunan berat badan Anda bisa lebih cepat tercapai.

Baca juga: Minuman Manis Saat Olahraga Buat Tubuh Makin Lelah

5. Sering Bergerak Aktif dan Jangan Berdiam Diri Terlalu Lama

Berjalan kaki, naik-turun tangga, menyapu, mencuci baju, jangan anggap remeh gerakan tubuh tersebut. Hal ini sangat efektif untuk membakar lemak.

Aktivitas sederhana tersebut bisa dikatakan olahraga ringan yang dapat menguatkan otot dan mempercepat penurunan berat badan.

Saat melakukan program diet ketat, hindari berdiam diri terlalu lama dengan menonton televisi atau tidur lama. Pembakaran kalori menjadi kurang maksimal bila tubuh Anda kurang gerak.

6. Ganti Camilan Tinggi Kalori dengan Buah-buahan

Saatnya Anda mengganti camilan tinggi kalori dengan buah rendah kalori dan tinggi serat. Ketika menjalankan diet ketat, buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Kandungan serat pada buah akan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, buah juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan.

Terdapat kandungan air dalam buah-buahan yang akan membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga proses pembakaran lemak menjadi lebih lancar.

Beberapa buah yang baik dikonsumsi saat menjalani tips diet ketat, antara lain apel, pear, semangka, pisang, kiwi, jeruk, pepaya, mangga, dan banyak lagi. Kulit Anda juga akan menjadi lebih halus bila sering mengkonsumsi buah.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Selain membantu metabolisme tubuh menjadi lebih lancar, banyak minum air putih juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Sebelum makan, minumlah segelas air putih! Cara ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga porsi makan Anda akan jauh berkurang.

Menurut anjuran kesehatan, setiap harinya kita perlu mencukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas sehari. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, metabolime juga menjadi lebih lancar sehingga pembakaran kalori dan lemak akan semakin meningkat.

8. Banyak Makan Sayuran

Selain buah-buahan, banyak makan sayuran juga sangat baik dalam membantu program diet ketat Anda. Salah satu olahan sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah salad, tambakan pula irisan tomat, wortel, selada, tauge, dan taburi dengan minyak wijen.

Salad sayuran dan jus jeruk tanpa gula akan menjadi menu sarapan terbaik yang bisa Anda terapkan saat menjalankan diet ketat.

9. Junk Food adalah Musuh Diet Ketat

Lezatnya junk food memang dapat membuat siapa saja mudah tergoda. Junk food merupakan musuh terbesar bagi Anda yang tengah menjalankan diet ketat.

Oleh karena itu, niat dan motivasi yang kuat harus ada dalam diri Anda agar dapat membentengi diri dari berbagai pola makan dan gaya hidup yang dapat membuat berat tubuh kembali naik.

10. Ganti Semua Menu dengan Makanan Sehat

Ganti menu makan Anda semua dengan makanan dan minuman rendah kalori. Jangan menyimpan makanan cepat saji di rumah karena mereka adalah musuh utama dalam program diet ketat.

Ganti semua bahan makanan di kulkas terutama yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat yang menjadi penyebab utama kegemukan.

Anda dapat mencukupi kebutuhan lemak tubuh dengan mengkonsumsi alpukat, minyak zaitun, dan kacang kenari. Sementara untuk nasi putih, gantilah dengan beras merah yang rendah kalori namun kaya kandungan serat.

Baca juga: 8 Asupan Sehat Pembakar Lemak Tubuh

Tips Diet Ketat dapat Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Tips Diet Ketat yang Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat
Cara diet ketat yang kami bagikan di atas dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, ketika Anda telah mendapat tubuh ideal jangan tergoda untuk melakukan kembali gaya hidup lama Anda yang tidak sehat.

Bila Anda ingin program diet ketat di atas memperoleh hasil yang maksimal, imbangi dengan olahraga dan cukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Semoga berhasil!
Posting Komentar
Click to comment