Segudang Manfaat Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Buah dan Tanaman Srikaya


Ternyata di balik nikmatnya buah Srikaya dengan rasa yang manis dan aromanya yang khas tersimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya saja, daun, biji, kulit, kayu bahkan akarnya pun juga memiliki manfaat yang luar biasa.

Segudang Manfaat Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Buah dan Tanaman Srikaya
Apa saja manfaat yang bisa Anda dapat dari tanaman dan buah Srikaya ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: 5 Khasiat Daun Jambu Biji Yang Jarang Diketahui

Tanaman Srikaya memiliki nama latin Annona Squamosa L. Tanaman buah yang satu ini juga memiliki banyak nama di berbagai daerah di Nusantara, seperti delima bintang, sarikaya, serkaya, surikaya, garoso, sirikaya, hirikaya, dan sebagainya.

Bila dilihat dari bentuk buah dan daunnya, sekilas tanaman ini memang hampir mirip dengan tanaman buah sirsak. Begitu juga dengan manfaatnya. Hampir semua bagian dari tanaman Srikaya memiliki manfaat yang baik untuk pengobatan tradisional.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Buah dan Tanaman Srikaya
Buah Srikaya kaya akan kandungan dengan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, berikut ini adalah daftar rincian kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Srikaya:
  • Food Weight: 100 gram (Banyaknya jumlah yang diteliti).
  • Food Edible: 48% (Banyaknya bagian buah yang dapat dikonsumsi).
  • Kandungan energi: 63 kkal.
  • Protein: 1,1 gram.
  • Lemak: 0,5 gram.
  • Karbohidrat: 13,9 gram.
  • Kalsium: 127 miligram.
  • Fosfor: 30 miligram.
  • Zat Besi: 2,7 miligram.
  • Vitamin A: 0 IU.
  • Vitamin B1: 0,08 miligram.
  • Vitamin C: 28,3 miligram.

Dari kandungan-kandungan nutrisi di atas, tentunya akan memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja manfaat buah Srikaya untuk kesehatan?
  1. Buah Srikaya mengandung Vitamin B6 yang dapat bermanfaat mencegah terjadinya penumpukan hemosistein, yang merupakan salah satu zat penyebab penyakit jantung.
  2. Vitamin B dalam buah Srikaya berperan penting dalam proses pertumbuhan, perkembangan sel dan fungsi tubuh yang penting lainnya.
  3. Selain memiliki kandungan vitamin B dan Vitamin C yang tinggi, buah Srikaya juga mengandung banyak niasin, yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  4. Kandungan serat yang tinggi pada buah Srikaya juga dapat membantu untuk melancarkan saluran pencernaan sehingga baik dikonsumsi oleh penderita sembelit atau susah buang air besar. Di samping itu juga serat berfungsi mencegah diabetes karena dapat memperlambat laju penyerapan gula dalam darah.
  5. Srikaya mengandung asam folat yang merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan otak bayi. Oleh karena itu, buah Srikaya sangat baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil agar perkembangan otak bayi atau janin dapat berjalan dengan normal.

Manfaat Biji, Daun, Akar, dan Kulit Kayu Tanaman Srikaya

Segudang Manfaat Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Buah dan Tanaman Srikaya
Tidak hanya buahnya saja, bagian lain dari tanaman Srikaya juga memiliki manfaat yang cukup banyak. Bagian-bagian tersebut antara lain biji, daun, akar, hingga kulit kayu tanaman Srikaya dapat memberi manfaat bagi Anda.

Ingin tahu lebih jelas mengenai manfaat bagian lain dari tanaman Srikaya? Simak ulasannya di bawah ini!


1. Biji dan Daun Srikaya Ampuh Mengusir Kutu Hewan

Anda dapat memandikan hewan peliharaan seperti anjing ataupun kucing dengan sisa rebusan daun atau biji Srikaya. Caranya, daun atau biji Srikaya ditumbuk sampai halus, kemudian rebus hasil tumbukan tersebut dan saring airnya, lalu gunakan untuk memandikan hewan peliharaan kesayangan Anda.

2. Basmi Kutu Rambut Dengan Daun atau Biji Srikaya

Daun ataupun biji Srikaya juga ampuh membasmi kutu rambut. Caranya, cuci sekitar 10 butir biji atau satu genggam daun Srikaya, kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan dengan sedikit minyak kelapa dan aduk sampai rata.

Oleskan pada kulit kepala sampai merata, kemudian bungkus dengan kain. Jangan sampai ramuan atau bilasan airnya masuk ke mata, karena bisa mengakibatkan iritasi dan radang pada mata. Setelah 3 jam dioleskan pada kulit kepala, bilas rambut sampai bersih.


3. Akar dan Kulit Kayu Srikaya Berkhasiat Mengobati Diare

Akar tanaman Srikaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan sembelit, disentri akut, depresi mental, dan juga nyeri tulang punggung.

Sementara kulit kayu tanaman Srikaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit Diare, disentri, dan luka luar. Cara membuat ramuan Srikaya untuk menyembuhkan diare adalah sebagai berikut:
  • Cuci kulit batang Srikaya sebanyak 6 sampai 10 gram.
  • Potong kulit batangnya kecil-kecil, kemudian tambahkan gula merah secukupnya.
  • Rebus bahan-bahan tadi dengan 4 gelas air hingga sisa separuh.
  • Saring airnya setelah dingin dan minum sebanyak satu gelas 2 kali sehari.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ramuan di atas tidak boleh diminum oleh ibu hamil. Anda juga harus berhati-hati dalam minum rebusan biji, daun, akar, ataupun kulit kayu tanaman Srikaya, karena dapat bersifat toksin bila salah dalam meracik ataupun konsumsi dengan dosis berlebihan.

Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan herbalis berpengalaman sebelum menjadikan tanaman Srikaya sebagai obat.

4. Beragam Manfaat Luar Biasa dari Daun Srikaya

Banyak ahli kesehatan herbal yang mengatakan bahwa daun Srikaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan pengobatan, antara lain:
  • Menyembuhkan peradangan.
  • Meredakan batuk ringan.
  • Menurunkan demam dan mengobati flu.
  • Meredakan sakit/nyeri pada penderita reumatik.
  • Membantu penurunan kadar asam urat.
  • Mengobati diare dan disentri.
  • Melancarkan pencernaan.

Baca juga: 7 Aneka Minuman Jus Penurun Berat Badan

Itulah informasi lengkap yang dapat kami berikan mengenai manfaat buah Srikaya dan khasiat bagian lain dari tanaman Srikaya. Anda bisa coba menambahkan tanaman ini dalam apotek hidup di taman rumah sebagai solusi pengobatan herbal untuk Anda dan keluarga.
Posting Komentar
Click to comment