tes header

Penyebab dan Cara Mengobati Kram otot


Penyebab dan Cara Mengobati Kram otot - Entah Anda orang yang aktif atau tidak, setiap orang pernah mengalami kram otot di beberapa titik dalam hidup. Meskipun gangguan ini biasanya singkat, bagi atlit atau orang-orang yang menderita kram otot secara teratur, penting untuk memahami bagaimana dan mengapa hal itu terjadi, dan beberapa cara terbaik untuk mengobati secara alami.


Penyabab Kram otot

Olahraga teratur dan gaya hidup aktif keduanya sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, namun jika Anda tidak mengetahui batasan Anda, atau jika Anda tidak dalam kondisi yang tepat untuk melakukan aktivitas fisik semacam itu, Anda dapat melukai diri sendiri.
Kram otot seringkali merupakan pertanda pertama bahwa tubuh Anda belum siap untuk mengatasi tuntutan fisik yang Anda lakukan di dalamnya. 

Kram ini bisa terjadi pada kelompok otot manapun , bukan hanya lengan atau tungkai, dan sebagian besar disebabkan oleh hal dasar yang sama. Bila Anda mengalami kram, otot Anda tidak sengaja tertular, dan sementara itu biasanya bersifat sementara, hal itu dapat mencegah penggunaan otot Anda untuk jangka waktu tertentu. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan otot terlalu banyak, menegangkan otot, atau dehidrasi dalam banyak kasus. Beberapa kram otot dapat disebabkan oleh kompresi saraf, pasokan darah yang tidak lancar atau tersumbat, atau kekurangan mineral. Jika tidak diatasi, masalah ini akan terus berlanjut, bersamaan dengan kram yang menyakitkan.

Gejala utama dari kram otot agak jelas - kram otot Anda naik dan mengencangkannya dengan menyakitkan, biasanya di luar tingkat kenyamanan yang biasa Anda lakukan. Anda akan merasakan sakit yang tajam dan jaringan otot yang keras dan tertekuk di bawah kulit. Area bisa terasa lembut saat disentuh atau ditekan. Sebagian besar ketika terjadi kram otot dapat diatasi melalui pengobatan alami atau latihan peregangan, namun dalam beberapa kasus, penting bagi Anda untuk menemui dokter.

Misalnya, jika kram otot Anda tidak didahului dengan latihan yang ketat, jika terjadi secara teratur, atau jika area di sekitar kram membengkak atau berubah warna. Pada kebanyakan situasi normal, kram otot dapat dikendalikan dengan sejumlah pengobatan rumah yang efektif, yang akan dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

Cara Mengobati Kram Otot Secara Alami

Kalsium:

Salah satu mineral terpenting dalam tubuh adalah kalsium. Dari kepadatan mineral tulang ke fungsi sistem saraf, kalsium memainkan peran kunci dalam semua aktivitas kita. Dalam hal kram otot, banyak spesialis percaya bahwa kekurangan kalsium bertanggung jawab untuk sejumlah besar kondisi ini, karena kekurangan kalsium mencegah kontrol dan gerakan otot yang tepat. Makanan kaya kalsium termasuk sayuran hijau, keju, almond dan ikan.

Elektrolit:

Ada alasan bagus mengapa begitu banyak minuman berenergi mengiklankan kehadiran elektrolit, karena mineral penting ini penting untuk transfer cairan dan gerakan otot di tubuh manusia. Dua elektrolit primer yang berhubungan dengan kram otot adalah potasium dan magnesium, jadi jika Anda menderita kram otot kronis, ada kemungkinan Anda kekurangan nutrisi ini. Magnesium umumnya ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian, sedangkan potasium dapat ditemukan pada pisang.

Minyak Wintergreen:

Jika Anda ingin menghilangkan kram otot dengan cepat, salah satu aplikasi topikal terbaik hadir dalam bentuk minyak wintergreen. Jika Anda menyebarkan minyak ini ke kulit Anda dan membiarkannya meresap ke dalam kulit, bahan aktif akan meresap ke dalam kulit dan memberi dampak positif pada rasa sakit dan pembengkakan otot, membantu kram untuk melepaskan diri. Gunakan minyak ini secukupnya, karena cukup kuat, tapi sangat efektif.

Pemanasan :

Jika Anda menggunakan bantalan pemanas ke area yang terkena kram otot, itu bisa menyebabkan aliran darah ke daerah tersebut, yang dapat mengoksidasi ulang dan menghidrasi jaringan, sehingga mengurangi ketegangan kram. Bantalan pemanas harus diganti dengan es, terutama pada beberapa jam pertama setelah kram, terutama jika berlangsung dalam jangka waktu lama.

Cuka Sari Apel:

Cuka sari apel memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dan digunakan untuk segala hal mulai dari memperbaiki kesehatan kulit hingga mengoptimalkan pencernaan. Namun, cuka sari apel juga kaya potasium, yang penting untuk pelepasan kram otot. Kalium penting untuk keseimbangan cairan dan transfer di dalam tubuh, sehingga mengkonsumsi cuka sari apel dalam jumlah kecil dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengurangi ketegangan pada otot yang sempit.

Minyak Cengkeh:

Obat antiinflamasi yang kuat sering direkomendasikan untuk orang-orang yang menderita kram otot secara teratur, namun alternatif lain hanya dengan menggunakan zat anti-inflamasi langsung ke tempat kram, seperti minyak cengkeh. Tidak hanya bahan aktif dalam minyak cengkeh menurunkan pembengkakan pada jaringan yang terkena, tetapi juga bersifat analgesik, sehingga mengurangi rasa sakit Anda.

Vitamin E:

Banyak penelitian yang berbeda telah dilakukan pada vitamin E, karena tampaknya berpengaruh pada banyak aspek kesehatan manusia. Ketika sampai pada kram otot, vitamin E direkomendasikan karena telah terbukti meningkatkan aliran darah melalui arteri, yang dapat membuat otot kram menjadi lebih sulit terbentuk.

Air:

Dehidrasi mungkin adalah alasan paling umum untuk kram otot. Bila otot Anda tidak mendapatkan jumlah air yang tepat, maka dapat mengakibatkan kram. Membanjiri sistem Anda dengan air adalah cara cepat dan andal untuk menghilangkan kram otot, terutama bila dikombinasikan dengan obat.

Tekanan:

Bila Anda memberi tekanan pada lokasi kram otot, tekanan tersebut seringkali dapat menyebabkan lebih banyak aliran darah ke daerah kram, menyebabkan otot mengendur. Ini bisa dilakukan dengan bentuk pijatan lembut, atau tekanan sederhana yang diletakkan pada otot yang kram. Meskipun banyak obat bersifat kimiawi atau nutrisi, solusi ini bisa Anda coba.
Posting Komentar
Click to comment