Makan Buah Kelengkeng Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke


Buah kelengkeng memiliki daging buah yang manis dan kenyal. Buah ini merupakan salah satu buah favorit orang Indonesia karena segar dan manis bila dimakan.

Manfaat Makan Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan


Makan Buah Kelengkeng Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Selain buahnya enak, kelengkeng juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat buah kelengkeng? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Menguatkan Tulang


Diterbitkan dalam sebuah studi ilmiah yang dilakukan pada 2013 silam bahwa seorang wanita yang sudah menopause dengan kadar tembaga rendah lebih berisiko terkena osteoporosis seiring pertambahan usia.
Setiap hari, orang dewasa perlu mencukupi kebutuhan sekitar 900 mikrogram tembaga untuk tubuhnya.

Makan buah kelengkeng 3,5 ons dapat mensuplai lebih dari 19 % kebutuhan harian tembaga orang dewasa.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata


Dalam buah kelengkeng terdapat jenis vitamin penting yang termasuk dalam golongan vitamin B kompleks.

Setiap harinya, seorang pria membutuhkan 1,3 mg riboflavin, sementara pada wanita membutuhkan 1,1 mg riboflavin.

Kekurangan riboflavin dalam tubuh dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan mata, khususnya katarak.

Memakan buah kelengkeng sebanyak 3,5 ons akan membantu tubuh memenuhi sekitar 38 persen dari kebutuhan riboflavin setiap harinya.

3. Dapat Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh


Buah kelengkeng mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti kita tahu bahwa salah satu manfaat dari vitamin C ialah meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Dalam 3,5 ons buah kelengkeng terkandung sekitar 84 miligram vitamin C, jumlah ini mampu memenuhi sekitar 93 % dari kebutuhan vitamin C harian tubuh kita.

4. Mengatasi Stres dan Kelelahan


Buah kelengkeng juga bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi tingkat stres dan kelelahan. Kandungan zat dalam buah kelengkeng dapat menenangkan sistem saraf tubuh.

Selain itu, buah ini juga baik untuk organ hati dan limpa, serta dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

5. Membantu Proses Penyembuhan


Buah kelengkeng bersama dengan polifenol dalam tubuh dapat melawan radikal bebas dan juga meregenerasi sel-sel yang rusak sehingga buah ini mampu mempercepat dalam proses penyembuhan.

6. Membuat Kulit Awet Muda


Buah lengkeng memiliki fungsi anti-penuaan dan terbukti dapat menjaga kesehatan kulit. Buah ini sangat berkhasiat dalam perawatan kulit terutama di sekitar area mata.

Lengkeng juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menjaganya tetap elastis.

7. Kaya Sumber Energi


Buah kelengkeng memang mengandung lemak dan kalori yang rendah, namun ternyata buah ini mengandung karbohidrat kompleks yang dapat menjadi pasokan energi dan menambah stamina bagi tubuh.

8. Menjaga Kelancaran Sirkulasi Darah


Buah kelengkeng juga dapat mencegah seseorang terkena anemia karena buah kelengkeng dapat melancarkan sirkulasi darah serta mengendalikan kadar zat besi di dalam tubuh.

9. Melindungi Tubuh Dari Demam dan Flu


Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah kelengkeng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita akan terhindar dari penyakit demam dan flu.

Itulah sembilan manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah kelengkeng, tapi jangan beranjak dulu karena selain banyak manfaatnya, buah kelengkeng juga bisa menimbulkan dampak buruk bila tidak dikonsumsi dengan benar.

Dampak Buruk Makan Buah Kelengkeng


Makan Buah Kelengkeng Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Apa saja dampak buruk dari mengkonsumsi buah kelengkeng? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Meningkatkan Kadar Gula Dalam Darah


Kelengkeng memiliki kandungan zat fruktosa yang cukup kuat sehingga dapat menyebabkan tubuh mengalami kesulitan dalam memproses penguraian lemak dan asam urat.

Hal ini dapat memicu kadar gula dalam darah jadi meningkat.

Bila buah kelengkeng dikonsumsi secara berlebihan oleh seseorang dengan riwayat diabetes akan sangat mudah mengalami kondisi ini, meskipun tidak menutup kemungkinan dapat pula terjadi pada seseorang yang tidak memiliki riwayat keturunan diabetes.

2. Bertambahnya Berat Badan atau Kondisi Kegemukan


Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah kelengkeng dapat meningkatkan jumlah gula dalam tubuh, timbunan gula ini akan diubah oleh tubuh menjadi lemak.

Orang dewasa maupun anak-anak yang memakan buah kelengkeng secara berlebihan akan memicu kondisi kegemukan dalam jangka panjang.

3. Berkurangnya Nafsu Makan


Kandungan zat kalium dan karbohindrat yang tinggi dalam buah kelengkeng akan menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan bila memakan buah ini secara berlebihan.

Efek mengenyangkan dan ketagihan yang ditimbulkan dari memakan buah kelengkeng akan berpotensi mengakibatkan seseorang tidak lagi nafsu makan setelah makan buah kelengkeng dalam jumlah banyak.

4. Menimbulkan Efek Keracunan


Bagi Anda yang ingin memakan buah kelengkeng, pastikan kalau Anda sudah sarapan pagi terlebih dahulu.

Sebab, bila kita memakan buah kelengkeng dalam jumlah banyak padahal belum sarapan pagi, hal ini dapat menyebabkan keracunan dengan gejala seperti mual, sakit perut, muntah, dan sakit kepala.

5. Menghambat Proses Kelahiran Bayi


Buah kelengkeng yang dikonsumsi berlebihan secara rutin oleh ibu hamil di usia kehamilan antara 7 sampai 9 bulan membuat jalannya proses kelahiran bayi menjadi lebih sulit.

Hal ini dikarenakan buah kelengkeng bersifat panas dan menekan rahim serta membuat posisi bayi menjadi lebih aktif untuk melakukan pergerakan.

6. Timbulnya Gangguan Pencernaan


Bagi Anda yang menderita gangguan lambung sebaiknya jangan terlalu banyak memakan buah kelengkeng.

Konsumsi buah kelengkeng terlalu banyak akan membuat asam lambung meningkat secara mendadak sehingga mengiritasi dinding lambung dan menekan jaringan organ usus.

Efek panas pada buah kelengkeng dapat memicu sakit perut dan diare sehingga akan membuat Anda mengalami gangguan pencernaan bila mengkonsumsinya secara berlebihan.

7. Meningkatkan Risiko Keguguran


Bagi ibu hamil, sebaiknya berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan apapun.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang asupan apa saja disarankan dan asupan yang harus dihindari.

Buah kelengkeng menimbulkan efek panas pada perut, sehingga ibu hamil sebaiknya jangan terlalu banyak memakan buah ini, terutama di usia kehamilan yang masih di bawah 3 bulan.

Apalagi pada buah kelengkeng yang sering disemprot dengan bahan kimia pestisida. Bahan kimia yang masuk dapat mengiritasi dan meluruhkan janin belum terbentuk dengan sempurna.

8. Mengakibatkan Sakit Kepala


Hal ini berlaku bagi Anda yang gemar makan buah kelengkeng namun tidak mau mengasup makanan lain yang mengandung beragam nutrisi.

Makan buah kelengkeng terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan makan nasi, sayuran hijau, daging, serta buah-buahan lain dapat mengakibatkan sakit kepala yang terjadi secara berulang.

9. Mengganggu Perkembangan Motorik Pada Anak


Buah kelengkeng memberikan efek ketagihan bagi siapa saja yang memakannya.

Jangan biarkan anak Anda terutama yang masih di bawah 3 tahun memakan kelengkeng terlalu banyak setiap hari.

Efek ketagihan pada buah kelengkeng dapat memicu anak menjadi tidak suka dengan buah lain atau makanan-makanan lain yang mengandung beragam nutrisi.

Kondisi ini akan mengakibatkan anak menjadi terhambat dalam perkembangan intelektual gerak dan instingnya secara visual menjadi terganggu.

10. Menurunkan Fungsi Kerja Organ Ginjal


Buah kelengkeng mengandung kalium yang cukup tinggi. Kalium yang terlalu banyak masuk dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi para penderita penyakit ginjal.

Berlebihnya kadar kalium dalam tubuh dapat mengiritasi ginjal sehingga menghilangkan kemampuannya dalam mengendalikan racun yang terdapat pada aliran darah.

Itulah sejumlah bahaya yang ditimbulkan apabila Anda mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan.

Namun, sebenarnya ada tips mudah yang dapat kita lakukan untuk menghindari keluhan kesehatan akibat mengkonsumsi buah kelengkeng terlalu banyak.

Tips Mengkonsumsi Buah Kelengkeng yang Aman Untuk Kesehatan


Makan Buah Kelengkeng Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Bagi Anda yang gemar memakan buah kelengkeng, ada baiknya memperhatikan sejumlah tips memakan buah kelengkeng yang aman untuk tubuh berikut ini:

Jangan Mengkonsumsi Kelengkeng Secara Berlebihan


Makan buah kelengkeng setiap hari boleh saja, namun sebaiknya tidak lebih dari 3,5 ons.

Sebab, kelengkeng mengandung zat kalium yang cukup tinggi dan bila masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang besar akan berdampak buruk bagi organ-organ internal.

Dianjurkan agar mengimbangi makan buah kelengkeng dengan buah lain seperti pir, atau melon dengan kandungan kalium yang sangat rendah.

Cara ini dapat mencegah tubuh mengalami berbagai keluhan kesehatan akibat mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan.

Baca juga: Manfaat Rahasia Buah Bengkuang Untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Buka Kulit Buah Kelengkeng Dengan Jari


Tidak sedikit orang yang memakan buah kelengkeng dan membuka kulitnya dengan gigi atau mulut.

Cara ini sebenarnya dapat memperbesar kemungkinan pestisida yang melekat pada kulit kelengkeng ikut masuk tertelan melalui mulut.

Sebelum makan buah kelengkeng, cucilah terlebih dahulu dengan air bersih agar dampak buruk dari pestisida yang melekat pada kulit buah kelengkeng dapat diminimalisir.
Posting Komentar
Click to comment