Cukupi Cairan Tubuh Dengan Makan Buah Semangka Setiap Hari


Saat musim kemarau, cuaca di Indonesia akan cukup panas. Jangan sampai aktivitas harian kita menjadi terhambat karena terik matahari dan cuaca panas di siang hari.

Di musim panas, sedikit gerak saja akan membuat tubuh mengeluarkan keringat dan kehilangan cairan.

Namun, tentu kita tidak bisa hanya berdiam saja tanpa beraktivitas. Mengingat banyaknya tanggung jawab pekerjaan yang mesti diselesaikan.

Menenggak segelas air es untuk melegakan dahaga merupakan godaan terbesar saat siang hari di musim kemarau.

Tetapi, minum es saat terik matahari justru akan membuat kita jatuh sakit. Lantas, bagaimana cara efektif menghilangkan dahaga selain minum air putih?

Baca juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Caranya ialah dengan banyak makan buah semangka. Buah semangka mampu membuat tubuh kita tetap sehat dan bersemangat saat musim panas.

Cukupi Cairan Tubuh Dengan Makan Buah Semangka Setiap Hari
Selain untuk menghilangkan dahaga, ternyata buah semangka juga memiliki banyak manfaat lain. Apa saja manfaat buah semangka tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Semangka Melindungi Tubuh Dari Dehidrasi

Salah satu elemen utama tubuh kita adalah cairan. Tubuh membutuhkan cairan yang lebih banyak untuk bermetabolisme saat musim panas tiba.

Selain dengan minum air putih, buah semangka juga dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh kita.

Buah berwarna merah dengan rasa yang manis ini adalah sumber elektrolit yang tepat supaya tubuh kita tercukupi kebutuhan cairannya.

2. Semangka Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Dalam semangka mengandung lycopene yang tinggi. Unsur ini sangat baik kegunaannya untuk menjaga kesehatan tulang.

Lycopene juga dapat mencegah tulang kita dari mengalami osteoporosis.

Apalagi bila Anda adalah seseorang dengan banyak aktivitas setiap harinya, memakan buah semangka adalah pilihan yang cara yang tepat untuk mendukung aktivitas gerak tubuh kita.

3. Semangka Dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Bila Anda ingin terhindar dari sakit saat musim kemarau, perbanyaklah konsumsi buah semangka. Buah semangka kaya kandungan vitamin C yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, dalam satu potong buah semangka mengandung sekitar 16 persen dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

4. Semangka Baik Untuk Kesehatan Otak

Semangka adalah sumber potassium yang sangat baik bagi tubuh. Zat ini memiliki fungsi untuk melancarkan koordinasi antara saraf-saraf di otak dengan gerak tubuh.

Kurangnya asupan mineral potassium akan menyebabkan sinyal dari saraf otak ke bagian tubuh lainnya menjadi lemah. Zat ini juga membantu kita agar tidak cepat lelah saat beraktivitas.

5. Semangka Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Buah semangka ini sangat bagus untuk melancarkan pembuangan air seni. Makan buah semangka setiap hari dapat meringankan kerja ginjal dalam memproses kotoran.

Di samping itu, semangka bila dikonsumsi setiap hari juga sangat bermanfaat untuk membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Gizi Dalam Buah Semangka

Cukupi Cairan Tubuh Dengan Makan Buah Semangka Setiap Hari
Layaknya buah berwarna merah yang lain, dalam buah semangka terdapat kandungan pigmen warna karotenoid dalam jumlah besar.

Baca juga: Manfaat Rahasia Buah Bengkuang Untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Likopen dan beta karoten merupakan zat pigmen paling menonjol yang terkandung dalam buah semangka.

Kandungan karotenoid dan anti oksidan polifenol lainnya dalam buah semangka akan semakin meningkat seiring bertambah masaknya buah ini.

Dalam satu buah semangka, terdiri dari 91% air dan 6% gula. Berbagai vitamin yang bermanfaat untuk tubuh juga terkandung di dalam buah semangka.

Vitamin-vitamin tersebut di antaranya vitamin A, B1, B6, dan yang paling besar adalah vitamin C.

Zat-zat lain yang juga berguna untuk kesehatan tubuh dalam buah semangka antara lain asam amino sitrulin, asam spantotenik, biotin, potassium, tembaga, magnesium, dan kalium.
Posting Komentar
Click to comment