tes header

Pencegahan, Gejala dan Pengobatan Penyakit kuning


Pencegahan, Gejala dan Pengobatan Penyakit kuning - Penyakit kuning menyerang jutaan orang di seluruh dunia setiap tahun, jadi sangat penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang tindakan pencegahan, gejala dan pengobatan untuk kondisi ini, termasuk penggunaan jus lemon, kunyit, oregano, bubur, yogurt, ikan dan Jus Buah.

Gejala Penyakit kuning

Penyakit kuning adalah salah satu penyakit yang paling mudah dikenali karena gejala yang paling khas. Dengan ditandai kulit Anda mulai menjadi kuning. Pada definisi yang paling sederhana, penyakit kuning adalah suatu kondisi yang ditandai oleh tingginya kadar bilirubin dalam tubuh.


Namun, penyakit ini bukanlah penyakit. Ini adalah gejala dari masalah mendasar lain yang menyebabkan kadar bilirubin tinggi di dalam tubuh. Karena itu, penyebab penyakit kuning cukup bervariasi. Jenis utama penyakit kuning adalah pre-hepatic, hepatocellular, dan post-hepatic.

Ikterus pra-hati disebabkan oleh kerusakan sel darah merah yang berlebihan, di mana bilirubin dapat ditemukan. Bilirubin berlebih ini akan disimpan di jaringan, menyebabkan kemerahan. Penyakit kuning hepatoseluler terjadi ketika kondisi hati, seperti hepatotoksisitas atau sirosis menyebabkan nekrosis sel, dan mencegah hati untuk menghilangkan bilirubin yang telah diakumulasikan. Lalu, Ikterus post-hepatic disebabkan ketika saluran empedu Anda terhambat karena beberapa alasan, sehingga tidak mungkin untuk menghilangkan bilirubin.

Untuk variasi akhir ini, pembedahan sering diperlukan untuk membuka blokir saluran. Semua varietas ini dapat disebabkan oleh kondisi yang terutama mempengaruhi hati, dan penyakit kuning sering merupakan pertanda pertama bahwa ada sesuatu yang salah dengan organ tertentu itu.

Gejala penyakit kuning

Selain warna kulit kuning pada kulit Anda, penyakit kuning juga memiliki sejumlah gejala lain, termasuk tinja pucat dan urin yang sangat gelap. Anda mungkin juga memiliki gejala awal seperti gejala flu, seperti kedinginan dan nyeri otot, tapi tidak ada tidak pilek dan hidung tidak tersumbat.

Banyak orang juga mengeluh gatal dan penurunan berat badan yang tidak terjelaskan. Beberapa gejala yang kurang mudah dikenali meliputi sakit perut, demam, mudah lelah, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, diare dan muntah. Jika Anda melihat gejala-gejala ini timbul tanpa penjelasan, pergilah ke dokter. Beberapa kondisi yang menyebabkan penyakit ini bisa sangat berbahaya jika tidak diobati. Menginterupsi atau memperlambat metabolisme bilirubin di dalam tubuh mungkin tidak tampak seperti masalah serius, tapi bisa mengancam jiwa jika dibiarkan. Sekarang, mari kita lihat beberapa metode pencegahan dan pengobatan untuk penyakit kuning.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Ikterus
  • Vaksinasi: Jelas, salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit kuning adalah untuk mencegah infeksi dan kondisi yang mendasar yang dapat menyebabkan gejala parah ini. Sementara beberapa penyebab penyakit kuning bukanlah penyakit yang dapat divaksinasi, hati Anda akan berada dalam kondisi yang jauh lebih baik dan akan terlindungi dengan lebih baik jika Anda telah melakukan vaksinasi yang tepat.
  • Hindari Alkohol: Organ yang terkena terutama oleh konsumsi alkohol adalah hati. Sementara minum dalam jumlah sedang, seperti segelas anggur setiap hari atau koktail sekali atau dua kali seminggu, tidak akan merusak kulit Anda secara permanen, dan sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan dengan cara tertentu (misalnya, tanin dan resveratrol dalam anggur merah) , Konsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit hati. Sebenarnya, jika Anda mengkonsumsi banyak alkohol , kulit dan mata Anda yang menguning sudah dapat terlihat, karena hati bekerja lembur untuk mencoba dan mendetoksifikasi darah, dan bilirubin mulai terbentuk di jaringan. 
  • Hindari Obat Terlarang : Dalam nada yang sama dengan konsumsi alkohol, obat-obatan terlarang dan zat terlarang lainnya juga harus diproses oleh hati, dan dapat memiliki efek ekstrem pada tubuh. Meskipun tidak ada penelitian ekstensif yang dilakukan mengenai hubungan langsung antara obat spesifik dan gagal hati, orang yang rutin mengkonsumsi obat cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh lebih lemah, metabolisme yang buruk, dan lebih rentan terhadap penyakit kronis, seperti penyakit kuning. 
  • Menurunkan Berat Badan: Obesitas adalah faktor umum lainnya yang dapat dilihat pada mereka yang menderita berbagai kondisi dan penyakit hati. Mengonsumsi makanan berlemak terlalu banyak juga dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengembangkan batu empedu, yang dapat menyebabkan penyumbatan empedu dan ikterus hati. Sebuah metabolisme yang lebih cepat dapat dicapai melalui olahraga teratur, juga dapat membantu meningkatkan kecepatan detoksifikasi dan efisiensi hati, sehingga tidak rentan terhadap stres. 
  • Stres: Salah satu kekuatan paling mematikan bagi manusia sering dihasilkan dalam pikiran mereka sendiri adalah stres. Kegelisahan bisa membanjiri tubuh dengan hormon stres dan senyawa lain yang bisa mengubah metabolisme tubuh , melemahnya sistem organ tubuh, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan pada umumnya membahayakan kesehatan Anda. Dengan mengurangi stres mental dan fisik, Anda dapat melindungi sistem organ Anda, termasuk hati, sehingga kecil kemungkinan Anda berkontraksi dengan penyakit kuning. 
  • Hindari Kafein: Studi telah secara langsung menghubungkan konsumsi kopi berlebih ke tingkat kondisi hati dan kegagalan hati yang lebih tinggi, serta kemungkinan bisa terkena penyakit kuning. Sementara kafein dapat membantu dan memicu energi dalam dosis kecil, konsumsi kopi jangka panjang dalam dosis besar dapat membahayakan kesehatan gastrointestinal dan hati. Kafein, bagaimanapun juga, adalah obat bius, walaupun obat yang disetujui oleh publik. 
  • Oregano: Dalam hal pengobatan untuk ikterus, metode sederhana seringkali yang terbaik. Oregano adalah bumbu sederhana dengan sejumlah karakteristik sehat, termasuk antioksidan dan elemen pelindung yang dapat mencegah hati Anda melemah atau rentan terhadap penyakit yang akan menyebabkan ikterus atau penyakit kuning. 
  • Kunyit: Salah satu ramuan herbal yang paling berharga di dunia adalah kunyit, yang penuh dengan antioksidan dan mineral berharga yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar metabolisme tetap normal. Ini bisa menjadi tindakan pencegahan atau pengobatan yang efektif untuk penyakit kuning, karena ini dapat membantu memperbaiki kondisi yang mendasari penyebabnya. 
  • Yogurt: Setelah Anda menentukan bahwa Anda menderita penyakit kuning, penting mengatur diet Anda untuk memperhitungkannya. Secara bertahap, kadar bilirubin Anda akan menurun, dan Anda bisa memulai diet normal Anda dengan makanan ringan, seperti yogurt, yang bagus untuk kesehatan gastrointestinal dan dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan kembali bakteri di usus Anda. 
  • Beras: Makanan nasi itu penting, karena tidak memerlukan minyak untuk dimasak, dan bisa sangat mengisi tubuh, namun mudah dicerna. Ini juga merupakan makanan yang sangat energik, dengan nutrisi yang baik untuk rasio kalori. Beras merah terutama disukai untuk mengoptimalkan tubuh dan metabolisme untuk mengatasi efek dan gejala penyakit kuning. 
  • Ikan: Seperti nasi, ikan adalah makanan bergizi tinggi, tapi sebaiknya direbus atau dikukus, tidak digoreng atau dipanggang. Anda ingin menghindari minyak yang dapat memiliki lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan obesitas dan peningkatan penyumbatan pada metabolisme bilirubin Anda. Namun, ikan juga mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat selama masa pemulihan ini. 
  • Jus Buah: Buah secara alami dicerna oleh tubuh dengan sangat mudah, dan merupakan sumber vitamin dan mineral yang kaya. Minum jus buah adalah cara terbaik untuk mengakses banyak nutrisi tanpa bahan berserat yang bisa sulit dicerna. Vitamin dan antioksidan dalam jus buah bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda kembali normal dan membantu melindungi hati. 
  • Almond: Almond adalah sumber protein padat dan lemak bermanfaat yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Mereka juga sudah tersedia dan enak untuk dimakan. Anda harus merendam kacang almond semalam, kemudian menggilingnya menjadi pasta dan memakannya, untuk membuat pencernaan lebih mudah. 
  • Jahe: Makanan super lain yang memiliki banyak kemampuan kesehatan yang berbeda, jahe adalah agen detoksifikasi yang sangat baik dalam tubuh, dan dapat membantu menghilangkan banyak racun dari tubuh yang akan memberi tekanan ekstra pada hati Anda. Hal ini dapat mencegah pelemahan organ, sehingga kurang rentan terhadap penyakit dan penyakit kuning.
Peringatan Terakhir : Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit kuning adalah gejala, bukan merupakan penyakit, jadi selalu ada baiknya menemui dokter jika Anda mulai menunjukkan tanda-tanda kondisi ini. Ini bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang serius yang harus segera ditangani. Pengobatan dan tindakan pencegahan ini harus digunakan bersamaan dengan pemeriksaan rutin dan perawatan formal, bila diperlukan.
Posting Komentar
Click to comment