tes header

Tips alami Mengatasi Perut Kembung dan Makanan pencegah Perut Kembung


Tips alami Mengatasi Perut Kembung dan Makanan pencegah Perut Kembung - Cara cepat menyembuhkan perut kembung itu mudah. Perut merasa tidak nyaman, penuh angin, bahkan sampai nafsu makan menjadi hilang. Kondisi perut sedang kembung rasanya benar benar sangat mengganggu. Meskipun dapat hilang dengan sendirinya dengan cara buang gas dan sendawa, tapi Anda tidak bisa mendiamkannya saja.


Untuk itu berikut ini adalah tips alami mengatasi perut kembung :

1. Hindari mengkonsumsi garam

Terlalu banyak sodium bukan cuma buruk bagi kesehatan jantung, tetapi juga dapat menjadikan perut menjadi kembung. Sodium dapat mengikat air sehingga air yang terlalu banyak dalam perut dapat mengakibatkan perut menjadi kembung.

2. Hindari mengkonsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda merupakan minuman yang sangat disukai oleh kebanyakan orang sebab minuman bersoda bisa menyingkirkan rasa dahaga. Akan tetapi harap diketahui bahwa minuman ini tidak bagus untuk sistem pencernaan Anda. Minuman berkarbonasi cenderung mempunyai banyak kandungan gas yang terjerat di dalam lambung. Sehingga menyebabkan Anda sering bersendawa. Cara mengatasi perut kembung ini lebih sulit untuk dikerjakan jika Anda sudah memiliki kebiasaan meminum minuman bersoda.

3. Meminum air putih

Bila Anda mengalami dehidrasi tentu akan membuat tubuh Anda menahan air serta mengakibatkan kembung. Oleh sebab itu, yakinlah pada diri Anda sendiri agar mengkonsumsi cukup air untuk memproteksi tubuh dari dehidrasi.

4. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat

Serat bermanfaat memudahkan makanan agar masuk ke dalam tubuh dan bergerak melalui usus dengan lancar dan terhindar dari perut kembung dan sembelit. Jika tidak terbiasa menghidangkan makanan berserat, dapat diusahakan perlahan sedikit demi sedikit ditambahkan ke menu Anda.

5. Makan dengan perlahan

Di antara penyebab munculnya perut kembung adalah terlalu banyak hawa udara yang masuk ke dalam tubuh ketika Anda menyuap makanan. Itulah mengapa orang mengalami cegukan karena proses makan yang terlalu cepat.

6. Mengkonsumsi buah nanas

Mengkonsumsi buah nanas bisa mengurangi masalah perut kembung. Hal itu karena nanas kaya akan kandungan enzim bromelain. Enzim ini dapat membantu memecah protein dan meringankan pencernaan, sehingga mengurangi rasa kembung. Dapat juga langsung dikonsumsi atau dijadikan jus.

Berikut ini adalah makanan pencegah perut kembung :

1. Jus lemon 

Jus lemon bermanfaat untuk mengurangi rasa gas dalam perut. Cara membuat jus lemon, campurlah air, setengah buah lemon, dan setengah sendok kecil baking soda yang mungkin terasa agak pahit, larutan ini cukup bagus untuk mengurangi rasa sakit dan perut kembung yang disebabkan oleh gas berlebih. Mengkonsumsi jus lemon sebelum mengkonsumsi makanan yang mengandung gas dapat mencegah perut kembung.

2. Jahe 

Cara membuat obat perut kembung yang alami dari jahe yaitu dengan menyiapkan tiga potong jahe, cuci hingga bersih sesudah itu dipukul pukul sampai gepeng. Kemudian masukkan ke dalam gelas yang berisi air panas, lalu ditambahi gula dan aduk rata. Minum segera dalam keadaan hangat.

3. Labu kuning

Labu bisa membantu memulihkan masalah perut kembung. Tidak hanya bisa menyembuhkan, labu kuning juga bisa menghindarkan dari gas yang berlebihan dalam perut. Labu dapat dipanggang, dikukus, atau juga dibuat sup sayuran yang disajikan dengan makanan lain.

4. Bumbu makanan

Banyak sekali bumbu rempah yang bisa ditambahkan pada makanan untuk memperingan pencernaan dan mengurangi gas dalam perut. Seperti kemangi dan rosemary dapat dicampur ke bahan makanan yang mampu menghasilkan gas seperti brokoli dan kacang. Rempah rempah lain yang sangat efisien menurunkan perut kembung adalah cengkeh, kunyit, kapulaga, dan ketumbar.

5. Bawang merah 

Untuk mengobati perut kembung dengan bahan bawang merah caranya adalah dengan menyiapkan sebagian biji bawang merah yang sudah diparut dan dicampur dengan kayu putih atau minyak telon. Lalu tempelkan bawang yang sudah diparut tersebut ke bagian pusar.

6. Vitamin C

Semua orang sudah terbiasa diet dengan sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin C. Apalagi mereka yang sedang mengalami perut kembung dan masalah pencernaan. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C dapat ditemukan pada kiwi, jeruk, mangga, tomat, pepaya, dan lain lain.

Demikianlah artikel mengenai Tips alami Mengatasi Perut Kembung dan Makanan pencegah Perut Kembung, semoga memberikan manfaat.
Posting Komentar
Click to comment