tes header

Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami


Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang disebabkan karena naiknya tekanan darah di pembuluh darah pada waktu yang lama. Penyebabnya adalah karena penyempitan pembuluh darah sehingga menjadikan timbunan lemak dan zat yang lain.

Agar dapat mengetahui apakah orang itu terkena darah tinggi atau tidak, bisa dilihat melalui cek tekanan darah. Kontrol tekanan darah bisa dilakukan dengan menggunakan alat alat yang bernama shpigmomanometer atau tensimeter. Darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan gagal ginjal. Faktor penyebab darah tinggi di antaranya dalah karena keturunan, faktor usia, sering stres, terlalu banyak mengkonsumsi garam, kegemukan, dan jarang berolahraga.

Cara menurunkan Hipertensi secara alami.


Bahan alami untuk menyembuhkan darah tinggi ini sebenarnya mudah didapat dan murah, karena berupa sayuran yang biasa ada di dapur. Yaitu seledri dan bawang putih. Kedua jenis sayuran tersebut sebagai bahan alami penurun hipertensi sudah dibuktikan oleh penelitian.

Berikut ini adalah cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami :

1. Cara menurunkan Hipertensi dengan jus seledri.


Seledri sudah lama digunakan untuk mengobati darah tinggi dalam praktek penyembuhan tradisional bangsa Cina. Baru baru ini berdasarkan penelitian sudah dibuktikan bahwa mengkonsumsi jus seledri setiap hari selama seminggu dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi karena seledri mempunyai kandungan kalium yang tinggi, mineral, dan antioksidan. Seledri juga mengandung senyawa 3n butil phthalide yang berfungsi untuk melebarkan otot otot dinding arteri yang menyebabkan darah lebih lancar mengalir. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi hormon stres yang bisa menyebabkan pembuluh darah mengkerut.


Ambil secukupnya seledri yang sudah dicuci bersih dengan air matang untuk diblender. Kemudian angkat campuran hasil blenderan seledri dan air tadi dan saring. Minumlah jus seledri yang sudah disaring tadi sekali sehari setelah makan pagi. Tapi, sebelum mengkonsumsi jus seledri secara teratur ini, sebaiknya ketahui dulu tensi darah Anda. Lalu setelah Anda mengerjakannya selama satu sampai dua minggu. Periksa tekanan darah Anda lagi, lalu hentikan jika tekanan darah sudah kembali normal.

2. Cara menurunkan Hipertensi dengan Bawang putih.


Bawang putih mempunyai kandungan senyawa alisin yang terdapat pada bawang putih dan berguna untuk memperlebar dan menghindari pembekuan darah, penyebab berlangsungnya darah tinggi. Karakter khas bawang putih yang lain yang berguna untuk menurunkan darah tinggi adalah kemampuannya menghancurkan lemak dan menurunkan kandungan kolesterol jahat.

Cara mengkonsumsi bawang putih untuk menurunkan Hipertensi yaitu mengkonsumsinya saat masih fresh. Caranya, ambil tiga siung bawang putih yang sudah dikupas dan dibersihkan, tumbuk hingga halus kemudian diperas dengan ditambahkan air sedikit, lalu airnya dikonsumsi. Cukup dikonsumsi 3 kali sehari. Kalau mau yang lebih mudah lagi makan langsung 3 siung bawang putih yang sudah dicuci. Kemudian dikonsumsi dengan nasi. Bawang putih yang paling baik khasiatnya adalah bawang lanang, yaitu bawang putih yang bersiung tunggal, akan tetapi bawang jenis ini sangat langka.

Jika selama 2 minggu cara tersebut tidak bisa menurunkan Hipertensi, mungkin ada penyebab yang lain. Oleh karena itu sebaiknya Anda berkonsultasi kepada Dokter spesialis.

Baca juga : 17 Makanan Untuk Mengatasi Penderita Darah Rendah (Hipotensi) yang Paling Direkomendasikan

Berikut ini adalah tips menghindari Hipertensi :

  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam.
  2. Hindari pikiran stres. 
  3. Kurangi kebiasaan mengkonsumsi alkohol. 
  4. Hindari kebiasaan merokok. 
  5. Rutin berolahraga. 
  6. Konsumsi makanan yang seimbang. 
  7. Perbanyak memakan sayuran dan buah buahan.

Demikianlah artikel mengenai cara cepat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, semoga bermanfaat. salam kesehatan.
Posting Komentar
Click to comment