tes header

9 Solusi Rumah yang Efektif untuk Chikungunya


9 Solusi Rumah yang Efektif untuk Chikungunya -Infeksi chikungunya bukan hanya penyakit parah tapi juga bisa berakibat efek jangka panjang pada tubuh yang bisa bertahan bertahun-tahun. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat mengenali gejala dengan cepat dan merespons secara efektif dengan pengobatan yang telah terbukti.

Penyakit Chikungunya

Ada banyak penyakit yang bisa dikontrak melalui gigitan nyamuk, dan chikungunya adalah salah satunya. Infeksi virus ini disertai demam dan nyeri sendi "sedang sampai parah", biasanya 2-4 hari setelah terkena virus pertama kali (misalnya digigit nyamuk). Seiring dengan nyeri sendi dan pembengkakan, kebanyakan orang yang terjangkit infeksi ini akan mengalami ruam yang sering muncul pada ekstremitas.



Chikungunya dapat dibawa sejumlah spesies nyamuk yang berbeda-berbeda, oleh karena itu lebih umum terjadi. Dua spesies nyamuk secara langsung dikaitkan dengan penyebaran infeksi ke manusia - Aedes albopictus dan Aedes aegypti, hanya 1 dari 1000 kasus yang berakibat fatal, namun masih dapat membahayakan tubuh Anda. Bayi yang sangat muda, begitu juga yang sangat tua dan lemah, adalah yang paling mungkin menderita komplikasi akibat infeksi.

Wabah infeksi Chikungunya telah terjadi di beberapa bagian Eropa, Asia, dan Amerika, dan sulit untuk mengendalikan infeksi ini, karena tidak ada pengobatan yang diketahui. Pendekatan terbaik untuk penanganan penyakit nyamuk adalah pencegahan, melalui penggunaan kelambu dan strategi umum lainnya untuk perawatan suportif. Meski infeksi ini tidak dianggap sangat berbahaya , bisa jadi sangat menyakitkan , dan bisa juga memiliki efek jangka panjang.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa paparan kronis terhadap infeksi ini dapat menyebabkan radang sendi dan nyeri muskuloskeletal. Untungnya, ada sejumlah pengobatan alami dan rumah yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan bantuan dari infeksi penyakit Chikungunya ini.

9 Solusi Rumah yang Efektif untuk Chikungunya

  1. Kelambu: Salah satu cara paling mendasar untuk mengatasi masalah chikungunya, terutama di daerah dimana wabah infeksi terjadi, adalah untuk memasang kelambu nyamuk. Ini bisa membuat Anda aman dari gigitan nyamuk saat Anda sedang tidur. Jauh lebih mudah bertahan melawan gigitan nyamuk di siang hari saat Anda terjaga, tapi kelambu harus menjadi barisan pertahanan pertama Anda di malam hari.
  2. Anggur: Meskipun buah anggur adalah buah yang agak umum, namun ternyata mengandung sejumlah antioksidan dan senyawa organik di kulit yang dapat memberi efek positif pada sistem kekebalan tubuh Anda. Tannin yang ditemukan di buah anggur dapat membantu menetralisir radikal bebas dan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, mengurangi durasi penyakit. 
  3. Buah Jeruk : Jeruk, nanas , lemon , jeruk nipis dan buah-buahan lainnya yang mengandung asam sitrat tingkat tinggi telah lama dikenal sebagai pengobatan alami untuk chikungunya. Vitamin dan nutrisi yang ditemukan pada buah jeruk bersifat antiinflamasi dan antioksidan, yang berarti bahwa obat ini tidak hanya akan mengobati gejala infeksi ini, seperti nyeri sendi, tetapi juga mengobati infeksi yang mendasarinya untuk mempercepat proses penyembuhan. 
  4. Kunyit: Dari semua rempah - rempah yang ada pada obat herbal alami, kunyit berada paling atas dalam hal kekuatan dan khasiat. Bahan aktif dalam kunyit, kurkumin, adalah antioksidan kuat yang bisa merangsang pertahanan tubuh melawan virus chikungunya. Selain itu, ia memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat meredakan nyeri sendi yang seringkali parah yang menyertai infeksi ini. 
  5. Air: Tetap terhidrasi saat tubuh Anda melawan penyakit sangat penting, tapi infeksi juga menyebabkan demam, tubuh Anda bisa menjadi dehidrasi lebih cepat lagi. Jika Anda telah terinfeksi dengan virus chikungunya, Anda mungkin akan menderita demam tinggi akut, dan tubuh Anda akan membutuhkan banyak air yang bisa untuk mempertahankan dirinya secara efektif. Air juga merangsang buang air kecil dan pelepasan toksin dari tubuh, yang bisa mengurangi ketegangan pada sistem kekebalan tubuh. 
  6. Sayuran Hijau Daun: Bayam , sayuran collard dan kale direkomendasikan untuk berbagai masalah kesehatan, terutama karena profil nutrisi mereka yang unik. Konsentrasi mineral yang tinggi , seperti zat besi , serta vitamin dan antioksidan, membuat sayuran berdaun hijau beberapa elemen makanan terpenting jika Anda sudah pulih dari atau saat ini sedang berjuang melawan infeksi chikungunya. Vitamin E yang ditemukan di sayuran ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan tingkat keparahan ruam yang biasanya menyertai infeksi ini sebagai gejala utama. 
  7. Wortel: Tingginya kadar antioksidan dan vitamin yang ditemukan pada wortel menjadikannya bagian penting dari diet sehat, dan sangat bermanfaat saat tubuh Anda saat terserang infeksi. Dalam pengobatan chikungunya, khasiat wortel adalah sebagai antiinflamasi yang dapat membantu menenangkan rasa sakit sendi, sedangkan karoten dalam sayuran ini berperan sebagai antioksidan kuat yang menyiram sistem dan meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. 
  8. Air Kelapa: Salah satu manfaat air kelapa yang kurang dikenal adalah efek positif yang bisa didapat pada hati, dimana chikungunya sering menyerang setelah menginfeksi tubuh. Sementara air kelapa tidak dapat dianggap sebagai pengobatan untuk infeksi, namun sangat efektif dalam mempercepat proses pemulihan dan mengurangi gejala yang paling buruk. Air kelapa juga murah dan tersedia di sebagian besar belahan dunia. 
  9. Ashwagandha: Sebagai salah satu unsur pengobatan Ayurveda yang paling dihormati, ashwagandha sangat efektif dalam melindungi sistem kekebalan tubuh dan secara aktif melawan infeksi di dalam tubuh. Daun Ashwagandha dapat dikunyah sebagai tindakan pencegahan dan pendekatan pengobatan untuk chikungunya, dan banyak tersedia di banyak daerah di mana virus ini menyerang paling sering.

Peringatan Akhir: Sementara tingkat keparahan yang terkait dengan chikungunya sangat kecil, rasa sakit yang terlalu parah pada persendian, atau gejala rematik atau nyeri muskuloskeletal jika selama beberapa minggu setelah infeksi tidak hilang, maka Anda harus segera pergi ke dokter atau profesional medis. Demikianlah artikel mengenai Solusi Rumah yang Efektif untuk Chikungunya, semoga bermanfaat.
Posting Komentar
Click to comment