tes header

9 Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Jarang Diperhatikan


9 Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Jarang Diperhatikan - Puasa ternyata memberi dampak bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, ternyata banyak yang kurang memperhatikan manfaat puasa.

Berikut ini adalah 9 manfaat Puasa untuk kesehatan yang kurang diperhatikan :

1. Puasa Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Walaupun puasa itu menahan lapar dan haus, tetapi membiasakan berpuasa secara kontinyu  justru dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya limfosit pada tubuh yang yang sedang berpuasa sehingga dapat memberikan kekebalan pada tubuh dari berbagai serangan virus dan penyakit.

2. Puasa menurunkan kolesterol jahat
Puasa bagi penderita kolesterol tinggi sangat diperlukan, sebab kadar kolesterol dapat mengalami penurunan saat kita sedang berpuasa. Dampak baiknya adalah dapat terhindar dari resiko sakit jantung dan stroke.

3. Puasa dapat menstabilkan berat badan
Puasa juga bermanfaat untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan mengendalikan berat badan supaya lebih sehat. Dengan melaksanakan puasa, lemak di tubuh dapat terbakar sebagai sumber energi utama. Jadi sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara alami dan aman.

4. Puasa dapat mengontrol kadar insulin

Puasa dapat membantu kinerja insulin bertambah sehingga proses pada penyerapan gula darah menjadi semakin efektif dan menjadikan jumlah kadar gula darah masih dalam batas normal.

5. Puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Ketika berpuasa, sistem pencernaan beristirahat, oleh karena itu proses metabolisme dapat lebih dikendalikan. Metabolisme tubuh bisa lebih maksimal bila kondisi usus sehat.

6. Puasa dapat meningkatkan fungsi otak

Salah satu manfaat puasa yang jarang diperhatikan yaitu kemampuannya dalam meningkatkan kapabilitas fungsi otak. Perlu diketahui juga bahwa puasa dapat mengaktifkan sel sel pada batang otak dan mampu meregenerasi menjadi neuron yang baru. Regenerasi menjadi neuron yang baru dapat membantu meningkatnya fungsi dan kesehatan otak, oleh karena itu dapat terhindar dari penyakit syaraf sperti Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, puasa dapat menurunkan hormon kortisol yang dapat memicu stres. Sehingga seorang yang menjalankan puasa dapat terhindar dari stres dalam kegiatan sehari hari.

7. Puasa dapat memperlambat penuaan

Proses metabolisme pada tubuh yang membaik ketika berpuasa dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit. Di mana proses peremajaan sel kulit mati dapat berlangsung secara maksimal sehingga kulit akan terlihat lebih segar dan sehat.

8. Puasa dapat menjaga kesehatan ginjal

Saat menjalankan puasa, organ ginjal mampu menyaring zat yang berbahaya dalam tubuh dengan optimal. Sebab dalam kondisi puasa kadar osmosis pada air seni (urine) meningkat. Sehingga kinerja organ ginjal menjadi lebih maksimal dan efektif.

9. Puasa meningkatkan kualitas hidup

Puasa dapat menjadi momentum mengurangi kinerja tubuh mengolah makanan. Selain itu, juga dapat dijadikan momentum agar semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Puasa memberikan dampak yang menenangkan hati dan juga menjadikan kita sebagai manusia yang bersyukur. Beberapa orang meninggalkan olahraga selama puasa karena dapat menjadikan tubuh semakin lemas karena tidak makan dan tidak minum. Tapi sebenarnya dianjurkan untuk tetap berolahraga, hanya saja porsinya dikurangi. Caranya adalah dengan melakukan olahraga ringan sepanjang melakukan puasa secara kontinyu agar dapat menopang kualitas hidup kita.

Demikian artikel mengenai 9 manfaat puasa bagi kesehatan yang jarnag diperhatikan, semoga bermanfaat.
Posting Komentar
Click to comment