tes header

13 Cara Mengobati Penyakit Pankreatitis


13 Cara Mengobati Penyakit Pankreatitis - Pankreatitis adalah kondisi yang menyakitkan dan berpotensi berbahaya yang mempengaruhi lebih dari setengah juta orang setiap tahunnya, namun ada sejumlah pengobatan rumah yang bermanfaat , termasuk penggunaan akupunktur , tahu , anggur merah, jamur reishi , yogurt , bayam , ginseng dan blueberry , Seiring dengan perubahan gaya hidup tertentu.

Pankreatitis


Secara sederhana, pankreatitis adalah kondisi peradangan yang mempengaruhi pankreas, dan kelenjar yang sering dilupakan yang berada di belakang perut, berada di dekat bagian atas rongga perut. Meski berukuran kecil, ia memiliki beberapa pekerjaan penting di tubuh, termasuk produksi enzim kunci yang membantu pencernaan dan penyerapan makanan dan nutrisi, selain mengatur kadar glukosa dalam tubuh. Hal ini sangat penting bagi mereka yang berisiko atau menderita diabetes .

Sebenarnya, pankreas adalah tempat insulin diciptakan, jadi fungsi dan kesehatan pankreas yang tepat sangat penting. Pankreatitis terjadi ketika enzim pencernaan penting yang membantu kita menyerap makanan menjadi aktif saat masih di pankreas, menyebabkan iritasi pada jaringan kelenjar. Sejumlah hal dapat menyebabkan aktivasi dini ini, seperti alkoholisme , infeksi, diet berlemak, merokok , operasi perut / trauma, kelenjar tiroid yang terlalu aktif, kanker pankreas dan fibrosis kistik.

Gejala pankreatitis cukup mudah untuk didiagnosis, dan tidak mungkin untuk diabaikan. Nyeri perut bagian atas , demam , mual, muntah, nyeri pada perut dan denyut nadi tinggi merupakan gejala yang umum. Sementara pankreatitis bisa terasa sakit, sebagian besar kasus pankreatitis akut akan hilang setelah beberapa hari, dan tidak ada kerusakan permanen yang dilakukan. Namun, dalam kasus pankreatitis kronis, gejalanya juga bisa mencakup penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kotoran berminyak, dan bahkan ketidakmampuan untuk duduk tanpa ketidaknyamanan.

Dalam kasus pankreatitis kronis, yang bisa berlanjut selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, berkunjung ke seorang profesional medis sangat dianjurkan. Jika tidak diobati, pankreatitis dapat mengakibatkan komplikasi yang lebih serius, seperti diabetes, gagal ginjal, infeksi pankreas, gangguan pernafasan dan peningkatan risiko kanker pankreas. Banyak kasus pankreatitis dapat diobati secara alami, dengan beberapa pengobatan di rumah yang diuraikan secara lebih rinci di bawah ini.

Cara Mengobati Penyakit Pankreatitis di Rumah


  1. Bluberi: Ada banyak hal yang dapat memperburuk atau menyebabkan pankreatitis, dan seperti banyak kondisi kronis lainnya di tubuh, kehadiran radikal bebas hanya membuat kondisinya memburuk. Salah satu makanan berkarat radikal bebas terbaik yang bisa Anda makan adalah blueberry, yang dikemas dengan antioksidan dan dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh dengan sangat cepat. Mengonsumsi segenggam blueberry setiap pagi bisa menurunkan risiko Anda menderita kondisi ini.
  2. Tahu: Kadar lemak darah tinggi adalah salah satu penyebab pankreatitis yang paling umum, yang bisa disebabkan oleh makan banyak daging merah. Ini adalah situasi yang sama dengan orang-orang yang menderita asam urat - "penyakit orang kaya". Jika Anda memotong makanan tinggi lemak, seperti daging merah dan permen yang tidak perlu, Anda bisa menurunkan kemungkinan peradangan di pankreas. Namun, masih penting bahwa Anda mendapatkan asupan protein Anda, jadi beralih ke makanan berbasis tahu merupakan pilihan populer bagi orang-orang, terutama mereka yang menderita pankreatitis kronis. 
  3. Ginseng: Ginseng adalah salah satu solusi alami tertua dan paling terpercaya untuk berbagai masalah kesehatan, terutama yang bersifat inflamasi atau mempengaruhi sistem gastrointestinal. Untuk kasus pankreatitis, teh ginseng atau suplemen akar ginseng dapat dikonsumsi untuk menurunkan peradangan di seluruh tubuh dan menghilangkan rasa sakit. 
  4. Akupunktur: Pankreatitis adalah kondisi yang menyakitkan dan tidak nyaman, namun telah terjadi selama ribuan tahun, jadi ada banyak pengobatan kuno. Akupunktur adalah salah satunya, dan ada sejumlah titik tekanan utama dan area tubuh dimana akupunktur dapat meringankan rasa sakit dan pembengkakan kelenjar ini di tubuh Anda. 
  5. Yogurt: Orang mengonsumsi yoghurt karena berbagai alasan, namun terutama mengatur keseimbangan bakteri di perut untuk meningkatkan efisiensi pencernaan dan mencegah infeksi di usus. Hal ini dapat secara signifikan memperkuat sistem kekebalan tubuh , yang kemudian dapat bekerja lebih keras untuk mengurangi peradangan di daerah lain dan kelenjar di dekat perut, seperti pankreas. 
  6. Jamur Reishi: Berbagai jenis jamur ini adalah salah satu makanan yang paling padat dalam hal antioksidan dan senyawa organik aktif yang dapat mempengaruhi kesehatan kita. Dalam kasus pankreatitis, jamur reishi mampu menenangkan perut dan mempengaruhi peradangan di setiap tempat lain di tubuh, termasuk kelenjar penghasil insulin yang meradang. 
  7. Bayam: Bayam dan sayuran hijau berdaun lainnya merupakan saran umum bagi seseorang yang menderita kondisi ini. Konsentrasi nutrisi dan antioksidan, serta vitamin dan mineral utama , membuat sayuran ini penting. Pankreatitis sering diperparah oleh kekurangan vitamin, khususnya vitamin A , E dan C, serta selenium . Untungnya, nutrisi penting ini semua bisa bersumber pada bayam, jadi jangan takut mengisi salad dan nikmatilah dengan cepat! 
  8. Minyak Kelapa: Saat memasak, sebaiknya hindari penggunaan minyak sayur tradisional jika memungkinkan, karena kandungan lemaknya tidak membantu pankreatitis. Namun, minyak kelapa dan minyak goreng alternatif lainnya jauh lebih sehat, dan memiliki keseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih baik, membantu mencegah peradangan pada kondisi ini. 
  9. Anggur Merah: Antioksidan kuat lainnya yang telah terbukti bekerja dengan baik melawan pankreatitis adalah resveratrol, yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam anggur merah. Tidak hanya ini obat yang lezat, tapi juga sangat efektif! 
  10. Hindari Makanan Manis: Permen, biskuit dan makanan manis dalam makanan Anda dapat menjadi faktor penyebab utama pankreatitis. Hal ini dapat meningkatkan kadar lemak jahat dalam darah Anda , dan juga memaksa pankreas Anda untuk bekerja lebih keras untuk mengimbangi gula di sistem Anda. Hal ini dapat memberi tekanan pada kelenjar dan menyebabkannya tidak berfungsi atau menjadi meradang. 
  11. Olahraga Secara teratur: Meningkatkan kesehatan metabolisme Anda adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mengatur fungsi pankreas. Dengan memastikan bahwa Anda berolahraga secara teratur , tubuh Anda secara alami akan membakar kalori dan mencegah penyimpanan lemak berlebihan, yang sangat menurunkan risiko terkena pankreas yang meradang! 
  12. Kunyit: Ini bisa dengan mudah disebut raja ramuan herbal , karena antioksidan kunyit , dengan ramuan khasiat aktifnya , memang merupakan obat praktis yang legendaris. Jika Anda mencampur kunyit dengan air setiap pagi dan minum campurannya, Anda membantu menghilangkan semua kondisi peradangan dengan cepat dan mudah. 
  13. Menurunkan Berat Badan: Agak terhubung dengan pola makan sehat dan rendah lemak dan olahraga teratur, tujuan utama Anda adalah menurunkan berat badan, terutama jika Anda mengalami obesitas . Ini adalah faktor utama penyebab pankreatitis, jadi lakukan yang terbaik untuk menurunkan berat badan, terutama jika Anda menderita versi kronis dari kondisi ini, atau beresiko tinggi karena faktor lainnya.
Peringatan Akhir: Sekali lagi, sementara sebagian besar kasus pankreatitis sembuh dalam beberapa hari (atau bahkan lebih cepat dengan pengobatan yang tercantum di atas), ada sejumlah komplikasi potensial jika Anda gagal mengobati versi kronis dari kondisi ini. Pengobatan Pankreatitis ini harus dilihat sebagai pelengkap setelah berbicara dengan seorang dokter atau profesional medis tentang pilihan yang lebih formal untuk perawatan penyakit ini.
Posting Komentar
Click to comment