Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Kulit Belang

Penyakit kulit belang bagi sebagian besar kalangan bisa jadi merupakan suatu masalah tersendiri dalam kehidupannya. Karena dampak langsung dari penyakit ini adalah pada wujud penampilan seseorang yang dapat dengan mudah terlihat oleh orang lain. Sehingga bagi seseorang yang sangat memperhatikan penampilannya, penyakit ini jadi sangat mengganggu.

Kesehatan kulit memang memerlukan suatu perlakuan khusus bagi seseorang. Hal ini penting dilakukan agar nantinya keindahan kulit kita ini akan tetap terjaga serta dengan begitu akan semakin mendukung aktifitas sehari-hari kita.
Membincang mengenai penyakit kulit, sebenarnya ada banyak sekali ragam dari penyakit ini. Mulai dari yang membahayakan, penyakit kulit menular hingga penyakit kulit biasa yang tidak terlalu berbahaya bagi hidup seseorang.

Pada beberapa kasus, sering kita jumpai terkait penyakit pada kulit yang menunjukkan gejala belang pada kulit seseorang. Meskipun hal ini tidak begitu membahayakan bagi kondisi kesehatan seseorang secara umum, namun adanya belang tersebut dapat pula mengganggu kenyamanan serta aktifitas sehari-hari pada penderitanya.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang mengalami penyakit seperti ini atau agar terhindar dari penyakit ini, Anda mungkin perlu mengetahui hal-hal yang berpotensi menjadi penyebab dari penyakit kulit belang ini. Sehingga Anda dapat lebih awal melakukan perawatan dan antisipasi agar tidak sampai mengalaminya.

Penyebab Penyakit Kulit Belang

Mengingat bahwa banyak sekali peranan kulit pada tubuh seseorang, menjadikan banyak juga potensi kulit tersebut untuk terkena serangan penyakit kulit. Ada satu hal dari penyakit kulit ini yang sering kali dapat mengganggu kenyamanan seseorang yaitu timbulnya warna yang berbeda pada beberapa bagian kulit atau dalam istilah umumnya adalah belang.

Penyakit belang ini tentunya tidak terjadi tanpa sebab begitu saja. Ada beberapa hal yang sering menjadi penyebab dari munculnya penyakit kulit yang satu ini. Beberapa penyebab tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Lentigo surya

Lentigo surya ini adalah penyakit yang menimpa pada kulit seseorang yang dapat ditandai dengan adanya perubahan pada warna kulit pada area-area tertentu. Khususnya pada kulit yang langsung terkena sinar matahari. Proses inipun terjadinya juga secara bertahap dan seringkali tidak disadari oleh penderitanya.

Gejala penyakit kulit belang pada kasus bintik matahari ini dapat diamati dengan adanya bintik-bintik dengan besaran yang berbeda-beda pada kulit seseorang. Biasanya penyakit ini sering tampak pada bagian tangan, kaki dan beberapa area terbuka lainnya.

2. Vitiligo

Vitiligo adalah suatu penyakit kulit yang penyebabnya berasal dari dalam tubuh seseorang itu sendiri. Penyakit kulit ini dapat terjadi biasanya disebabkan oleh produksi hipopigmentasi yang kurang maksimal. Jadi warna kulit pada seseorang tidak diproduksi dengan baik.

Sehingga dampak yang seringkali timbul pada kasus ini adalah timbulnya bintik yang berwarna putih pada kulit seseorang. Bintik-bintik inilah yang menjadikan ketidaknyamanan bagi seseorang yang mengalami jenis penyakit ini.

3. Albino

Penyakit kulit belang akibat hipopigmentasi selain vitiligo adalah albino. Penyakit albino ini adalah suatu keadaan pada seseorang yang ketika lahir ternyata tidak mempunyai enzim yang berfungsi sebagai pewarna pada kulit seseorang. Meskipun hal ini terbilang jarang terjadi, namun Anda perlu untuk mengetahuinya.

4. Terluka

Penyebab lain dari adanya belang pada kulit adalah disebabkan oleh luka. Seseorang yang pernah mengalami luka, baik itu luka lecet, luka bakar ataupun penyebab lainnya sering kali akan memiliki bekas pada kulit tersebut. Sehingga bekas tersebut akan tampak belang, meskipun belang ini juga dapat hilang dengan proses yang agak lama.

Cara Mencegah Penyakit Kulit Belang

Sebagai bentuk pencegahan terhadap hadirnya penyakit kulit belang ini, Anda dapat melakukan perawatan secara mandiri terhadap kebersihan kulit Anda. salah satunya adalah dengan tidak sering-sering membiarkan kulit terbuka dan langsung terkena sinar matahari.

Sedangkan untuk kasus-kasus yang lebih parah atau adanya belang yang disebabkan dari dalam tubuh, Anda dapat melakukan check up lebih dini untuk mendiagnosa secara pasti terkait penyakit tersebut. Baru setelah itu, Anda dapat melakukan pengobatan sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Inilah beberapa informasi yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda terkait permasalahan penyakit kulit belang pada seseorang. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Kulit Belang"