Manfaat Buah dan Daun Mengkudu Untuk Kesehatan


Manfaat Buah dan Daun Mengkudu Untuk Kesehatan - Mungkin sudah banyak yang tau apa itu buah mengkudu atau pace. Bentuknya yang seperti ubi tapi berwarna hijau dan rasanya yang pait pasti membuat banyak orang tak begitu tertarik untuk mengkonsumsinya. Nah, adapun jika buah ini sudah tua maka warnanya akan berubah menjadi keputihan. Tidak banyak orang yang tau ataupun ingin tau tentang manfaat buah mengkudu karena memang tidak begitu menarik, padahal buah ini memiliki kandungan yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh serta sedikit efek samping bahkan bila diolah dengan benar hampir tidak ada.

Buah dan daun mengkudu atau pace sendiri, sebenarnya sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat herbal tradisional sejak 2000 tahun lamanya. Awalnya mengkudu sangat dipercaya dapat mengobati nyeri sendi dan sebagai obat herbal pembersih internal, tapi setelah digali lagi masih banyak manfaat lain yang dihasilkan buah mengkudu ini.

Manfaat Buah dan Daun Mengkudu

Manfaat buah mengkudu atau pace sendiri, tak lain dan tak bukan dikarenakan 150 kandungan fitonutrien yang ada di dalamnya. Adapun fitonutrien yaitu zat tambahan lainnya yang diterdapat pada buah mengkudu selain kandungan mineral dan vitamin. Zat inilah yang juga berfungsi sebagai anti-virus, anti inflamasi, dan anti bakteri. fitonutrien sendiri juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel jaringan di dalam tubuh. Mengandung juga melatonoin dan serotonoin yang dapat mengatur jadwal tidur, mengatur suhu tubuh, dan mengatur kondisi psikis jadi untuk yang depresi buah ini sangat bermanfaat bila dikonsumsi secara teratur.

Buah mengkudu juga diyakini memiliki efek analgesik dalam tubuh, yang artinya tubuh akan mendapatkan daya tahan tubuh lebih terhadap berbagai macam penyakit yang menyerang, termasuk kanker. Kandungan vitamin A, B kompleks, C, sulfur, kalium, fosfor, asam amino, dan kalsium dapat menguntungkan bagi tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang dihasilkan dari buah mengkudu.

Selain pada buahnya mengkudu atau pace juga mempunyai manfaat dan khasiat luarbiasa yang terdapat pada daunnya. Berdaun tebal dan mengkilap, letak daunnya berhadap hadapan yang berukuran cukup besar, tebal dan tunggal. Brntuknys lonjong langset ukurannya sekitar 15-50x5-17 tepi daunnya rata ujung lancip pendek. Daun mengkudu ini ternyata bisa dimakan sebagai sayur yang menyehatkan karena memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi.digunakan baik.

Adapun beberapa manfaat daun mengkudu(pace) seperti mencegah dan menyembuhkan ambeien secara herbal, mengobati kembung sakit perut pada anak maupun orang dewasa, untuk kecantikan sendiri dapat menghilangkan jerawat dan juga sebagai obat pelangsing tubuh.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat buah mengkudu, antara lain:

1. Mencegah kanker
Mengkonsumsi buah mengkudu ini dapat melawan kanker. Ya, buah mengkudu adalah buah anti kanker yang dapat menghambat bahkan mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam oragan tubuh.buah mengkudu paling ampuh menghambat kanker serviks.

2. Mengatasi kulit bersisik
Untuk anda yang memiliki kulit kering dan bersisik pasti membuat anda merasa tidak nyaman.untuk itu kini saatnya Anda segera memanfaatkan buah mengkudu sebagai obat herbal untuk kulit kering dan bersisik anda. Cara untuk menghaluskan kulit, pertama gosok bagian kulit bersisik menggunakan buah mengkudu secara menyeluruh, lalu biarkan kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu, bilas atau bersihkan menggunakan kain yang telah dibasahi oleh air hangat.

3. Menyehatkan tulang
Masa masa manula biasanya banyak orang yang mengolami osteoporosis dan pengeroposan tulang lainnya untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang anda bisa mengolah buah mengkudu ini menjadi jus dan dikonsumsi secara teratur setiap hari dan rasakan perbedaan setelah nada mengkonsumsinya.

Baca juga: Cara alami untuk mengobati penyakit jantung lemah dengan mengkudu

4. Mengobati adanya peradangan pada lambung
Peradangan pada lambung dapat Anda cegah dan obati dengan konsumsi buah mengkudu secara teratur. Gejala munculnya peradangan lambung biasanya ditandai dengan rasa perih,mulas, mual dan bahkan nyeri (hampir mirip seperti gejala maag). Untuk mengantisipasinya, rebuslah buah mengkudu dan minumlah air rebusannya secara teratur. Kandungan zat scolopetin yang memiliki sifat antibakterial dan ani-inflamasi, peradangan yang Anda derita akan berangsur angsur sembuh dengan sendirinya.

Demikian beberapa manfaat buah dan daun mengkudu yang sebenarnya masih banyak lagi dan belum bisa kami sampaikan semoga bermanfaat bagi para pembaca. Tetap jaga kesehatan karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Posting Komentar
Click to comment