tes header

Gejala dan Penyebab Penyakit Sariawan


Pernahkah kalian mengalami sariawan?  Pasti semua orang pernah mengalaminya, kali ini saya akan membahas tentang sariawan. Saya jelaskan dulu sariawan itu terjadi akibat peradangan pada tubuh kita, sariawan bisa terjadi di mana-mana di dalam mulut, sariawan adalah penyakit yang sangat tidak enak karena Penyakit ini terjadi di bagian dalam mulut kita, memang Penyakit ini tidak menular, tapi sangat mengganggu aktifitas makan kita, semua orang bisa terjadi sariawan biasanya menyerang sistem kekebalan tubuh kita yang sedang menurun.


Gejala sariawan

Gejalanya biasanya terjadi secara perlahan-lahan biasanya terjadi akibat luka kecil yang terus-menerus membesar.

Gejala sariawan yang sering mengganggu
  1. Rasanya tidak enak karena sakit di mulut
  2. Bukannya warna putih terjadi di bagian bibir biasanya
  3. Adanya darah atau luka di bagian bibir
  4. Di tenggorokan rasanya susah untuk menelan bulu
  5. Kulit bibir biasanya pecah-pecah
  6. Kalau terjadi demam biasanya menyebar ke tenggorokan
  7. Jika dibiarkan luka tersebut akan menyebar ke bagian tubuh yang lain bisa mengakibatkan luka yang fatal.
  8. Terasa perih bila terkena air asin
  9. Lukanya terasa panas jika terkena minuman yang bersoda
  10. Kalau pertama terkena seperti bengkak dan tidak bisa merasakan sesuatu .
Penyebab sariawan yang sering terjadi

Sariawan biasanya ada karena tergigit atau ada luka kecil di bibir, sariawan juga ada penyakit lain itu harus diperhatikan, jangan sampai cara menyepelekan Penyakit ini.sariawan tersebut memiliki bentuk satu titik yang biasanya warnanya putih di selimuti merah. Dan rasanya juga tawar bila terkena ujung lidah jadi berhati hatilah bila terkena penyakit ini.

Berikut ini Faktor terjadinya sariawan

Adanya penderita penyakit tertentu:

Penyakit berbahaya juga bisa terjadi sariawan, penyakit berbahaya itu seperti tumor, rongga mulut, kelainan bawaan juga bisa mengakibatkan penderita sariawan, kalau terjadi seperti itu jalan terbaiknya harus pergi ke dokter.

Zat nutrisi yang kurang:

Kekurangan zat nutrisi juga bisa terjadi sariawan , nutrisi yang penting itu seperti vitamin C, vitamin B12, zat besi serta asam folat.
Oleh karena itu kalian harus perbanyak memakan makanan yang mengandung zat penting tersebut.
Seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dengan adanya makanan yang mengandung zat penting tersebut maka akan mengurangi penyakit sariawan atau juga bisa mencegahnya kembali.

Terjadinya infeksi bakteri:

Infeksi bakteri juga bisa memungkinkan terjadinya sariawan,, ini terjadi akibat terlalu jarang membersihkan selah gigi dan mulut sehingga terdapat pula kuman kuman yang ada di dalamnya. Kuman-kuman itulah yang menyebabkan adanya penyakit sariawan. Untuk menghindari infeksi bakteri ini seringlah kalian menggosok gigi dua sampai tiga kali sehari.

Konsumsi makanan yang salah:

Kesalahan memakan juga bisa menimbulkan penyakit sariawan, contohnya seperti makanan dan minuman yang panas dan pedas, selain itu manis juga bisa menimbulkan sariawan seperti coklat atau permen yang menempel di gigi.

Adanya daya tahan tubuh menurun:

Daya tahan menurun juga bisa menyebabkan terjadinya sariawan. Daya tahan tubuh kita bisa Kapan saja terjadi penurunan tergantung kondisi dalam tubuh kita.
Cara mencegah sariawan yang terjadi akibat daya tahan tubuh kita turun ialah melakukan olahraga rutin serta makan makanan yang mengandung vitamin C, serta istirahat yang cukup.

Alergi zat tertentu:

Ada beberapa orang yang terjadi alergi tapi tidak semuanya terjadi alergi, kalau terjadi alergi biasanya Akibat menggunakan lipstik, yang tidak cocok, oleh karena itu perhatikan orang yang alergi jaga makanan aktivitasnya.

Adanya trauma pada rongga mulut:

Adanya trauma pada rongga Mulut sering terjadi banyak orang, trauma di sini dimaksudkan karena faktor tergigit ketika mengunyah makanan, lalu menjadikan luka kecil, luka inilah bakal di sariawan, memakan sesuatu pastikan pelan-pelan saja jangan terlalu cepat.

Faktor psikologis:

Selain faktor fisik, faktor psikologi ga bisa membuat seseorang sering terkena penyakit sariawan, masalahnya karena kebanyakan stres atau depresi yang tinggi. Itu janganlah mikirkan sesuatu tu bisa menimbulkan sariawan, usahakan fresh serta Perbanyaklah Liburan sama keluarga anda.

Baca juga : Obat tradisional untuk sariawan
Posting Komentar
Click to comment