tes header

Bawang Putih Obat Herbal Penyakit Maag


Pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang khasiat bawang putih untuk penyakit maag. Sebelum kita membahas tentang bawang putih dan khasiatnya lebih dulu kita harus tahu apa itu asam lambung atau maag. Asam lambung biasa juga dikenal sebagai penyakit maag yaitu salah satu penyakit yang cukup serius di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Maag dapat menyerang di mana saja, kapan saja, dan juga siapa saja. Jadi, jangan meremehkan begitu saja penyakit ini. Adanya penyakit maag ini sendiri diakibatkan karena adanya luka atau peradangan di dinding lambung karena asam lambung yang meningkat.
Selain itu, asam lambung dapat juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti pengaruh dari mikroorganisme serta bakteri jahat, pola makan yang tidak teratur, pengaruh stres berlebih, konsumsi makanan atau minuman yang membahayakan lambung seperti gorengan, asam, pedas, alkohol serta masih banyak lainnya . Untuk anda yang telah menderita penyakit maag lebih baik lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, untuk pengobatan herbal salah satunya yaitu dengan bawang putih.

Bawang putih memiliki nama ilmiah Allium Sativum, biasa digunakan untuk bahan bumbu makanan. Bawang putih telah dimanfaatkan kurang lebih 7000 tahun sebagai bumbu maupun obat, tumbuh subur di Asia  tengah menjadi bumbu umum di Asia, Afrika, Eropa dan sebagian Amerika. Hampir setiap makanan atau masakan Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbunya.

Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditumbuk (digeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis diwajan penggorengan dengan sedikit minyak goreng bisa juga diblender dengan cabai untuk membuat sambel. Bawang putih bisa dihaluskan dengan berbagai jenis bahan-bumbu yang lain.

Mari kita telusuri bagaimana cara alami memanfaatkan bawang putih sebagai obat herbal asam lambung (MAAG). Ada banyak cara untuk mengobati maag, pada umumnya orang lebih suka mengobati dengan membeli obat maag yang banyak dijual ditoko-toko tapi obat tersebut banyak memiliki efek samping dan memberikan ketergantungan pada obat.

Oleh karena itu banyak yang telah menyarankan untuk mengobati asam lambung lebih baik menggunakan bahan bahan herbal atau alami yang lebih rendah efek samping ketimbang obat-obatan kimia. Salah satu pengobatannya yaitu dengan menggunakan bawang putih yang memiliki banyak kandungan yang menguntungkan bagi tubuh meski memiliki aroma kurang sedap dan juga diyakini banyak kasiat dan manfaatnya tidak hanya mengobati penyakit lambung tapi masih banyak lainnya.

Berikut sedikit banyak kandungan yang terdapat pada bawang putih:
  1. Bawang putih memiliki kandungan minyak asteri yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti septic
  2. Bawang putih mengandung allicin dan aliin yang memiliki manfaat untuk anti kolesterol, tekanan darah tinggi, jantung coroner serta masih banyak lainnya 
  3. Ada pula kandungan kimiawi yang cukup banyak seperti kalsium yang memiliki sifat menenangkan cocok untuk yang menderitahi pertensi, saltivine yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan jaringan sel dan sel saraf, belerang, protein, lemak, fosfor, besi, vitamin A,B1,C dan masih banyak lainnya.
Berikut cara mengolah bawang putih sebagai obat herbal :
  1. Siapkan (seberapa tergantung keinginan) siung bawang putih, kemudian blender atau parut sampai halus.
  2. Masuk kan bawang putih yang telah dihaluskan tersebut kedalam gelas berisi air hangat, lalu di aduk-aduk. 
  3. Saring airnya, kemudian dapat konsumsi secara rutin setiap hari sebagai obat.
  4. Jika sudah secaa teratur menkonsumsinya, jaga juga pola makan agar pemulihan asam lambung semakin cepat.
Bawang putih sangat bekaitan dengan asam lambung. Namun, harus disadari bahwa sakit Maag atau sakit asam lambung tidak dapat sembuh total, walaupun seseorang telah melakukan berbagai pengobatan secara medis maupun herbal.

Tapi setidaknya usaha yang telah kamu lakukan dapat mencegah bahkan memulihkan asam lambung yang telah kamu derita. Jangan lupa untuk menghindari aspek-aspek yang membuat atau memicu kembalinya asam lambung seperti makanan pedas, asam ,berminyak dan lainnya. Pola makan juga harus dijaga dengan teratur serta tidur yang cukup agar tidak mudah stress dan depresi, sekian artikel kali ini tentang Bawang Putih Obat Herbal penyakit maag, semoga bermanfaat bagi pembaca.
Posting Komentar
Click to comment