tes header

6 Macam Diet yang Disarankan oleh Ahli Kesehatan


Obesitas atau berat badan berlebih tidak hanya mengganggu penampilan Anda, tapi juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Berbagai cara diet sehat untuk menurunkan berat badan mungkin sudah pernah Anda coba namun belum memberikan hasil yang maksimal.

6 Macam Diet yang Disarankan oleh Ahli Kesehatan

Apakah selama ini cara diet yang Anda lakukan sudah tepat? Begitu banyak cara diet yang berkembang dan populer saat ini, namun bagaimana cara memilih program diet tepat yang sehat dan sesuai dengan tujuan Anda?

Baca juga: Cara Diet yang Sehat, Alami dan Tanpa Efek Samping

Ciri-ciri Diet Tepat yang Tidak Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Sebelum kita mengulas apa saja macam diet sehat yang bisa menjadi alternatif Anda dalam menurunkan berat badan, simak dahulu ciri-ciri diet sehat yang sebaiknya Anda pilih berikut ini!

1. Adanya Pengaturan Pola Makan yang Tepat

Diet ketat yang kurang sehat biasanya akan menyarankan untuk mengurangi semua asupan makanan yang malah membuat tubuh Anda lemas hingga akhirnya jatuh sakit.

Cara diet sehat yang tepat biasanya akan menyarankan Anda untuk mengatur pola makan yang sesuai dengan kondisi tubuh. Pola makan ini juga harus disesuaikan dengan aktivitas harian yang Anda lakukan secara rutin.

Misalnya, bagi Anda yang beraktivitas atau posisi kerja lebih banyak duduk, pengaturan pola makan yang tepat adalah dengan mengurangi secara signifikan asupan lemak dan karbohidrat ke dalam tubuh.

Sedangkan bagi Anda yang sehari-hari membutuhkan tenaga besar dalam beraktivitas, sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, namun dalam porsi yang lebih sedikit.

Pengaturan pola makan yang salah dalam suatu program diet dapat mengakibatkan kalori yang masuk turun drastis sehingga dapat mengganggu metabolisme tubuh.

2. Diet Sehat Perlu Melibatkan Olahraga

Cara diet yang sehat tak hanya mengadalkan pengurangan asupan makanan. Tapi juga melibatkan olahraga untuk membakar lemak tubuh dan membuat Anda tetap bugar.

Beberapa olahraga ringan yang banyak disarankan untuk membantu program diet sehat seperti lari pagi, senam, ataupun jalan kaki.

3. Penurunan Berat Badan Terjadi Secara Bertahap

Ciri-ciri diet sehat berikutnya adalah adanya hasil pengurangan berat badan yang terjadi secara bertahap, bukan secara drastis. Pola hidup juga berubah menjadi lebih baik dan sehat. Berat badan yang turun secara drastis justru akan berbahaya bagi kesehatan.

4. Anjuran Konsumsi Makanan Sehat

Diet sehat adalah diet yang menyarankan Anda untuk mengkonsumsi makanan sehat yang biasanya berupa buah-buahan, sayuran, makanan kaya serat, dan makanan rendah kolesterol.


Dengan memperhatikan beberapa ciri tersebut, tentunya kini Anda sudah tahu gambaran singkat program diet seperti apa yang dapat menurunkan berat badan secara sehat dan tepat.

Macam-macam Cara Diet Sehat yang Efektif Menurunkan Berat Badan

6 Macam Diet yang Disarankan oleh Ahli Kesehatan

Memang, terdapat banyak cara diet yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi kita juga perlu memperhatikan apakah program diet yang hendak dijalankan cocok dan tidak memberi efek samping bagi tubuh Anda.

Beberapa macam diet sehat yang efektif menurunkan berat badan bisa Anda simak dalam daftar berikut ini!

1. Diet Sehat 2000 Kalori

Bila Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif, maka harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi berdasarkan kalori yang dibutuhkan.

Jangan sampai jumlah kalori yang dikonsumsi melebihi dari yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga akan menjadi timbunan lemak di dalam tubuh.

Setiap harinya, 2000 kalori yang masuk ke dalam tubuh sudahlah bisa dikatakan cukup. Dalam diet ini, Anda membutuhkan kalkulator gizi untuk menghitung jumlah kalori dari makanan yang akan dikonsumsi.

2. Diet Paleo

Inti dari diet sehat yang satu ini adalah Anda hanya diperbolehkan mengasup makanan-makanan alami layaknya manusia gua di zaman pra-sejarah.

Tentunya hal ini hanya perumpamaan saja. Makanan alami yang dimaksud dalam diet Paleo, antara lain seperti buah dan sayuran, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati, dan semua makanan yang bukan hasil olahan pabrik.

Sedangkan untuk bahan makanan yang harus dihindari dalam program diet Paleo antara lain gula, ubi, garam, biji sereal, produk susu, kentang, serta makanan ataupun minuman hasil olahan pabrik.

Kekurangan dari program diet Paleo adalah Anda akan cepat merasa bosan karena makanan yang diasup terasa hambar. Selain itu juga Anda harus benar-benar membeli bahan makanan organik cukup jarang di zaman sekarang ini, dan bila ada harganya akan cukup mahal.

3. Diet Mayo

Diet Mayo merupakan metode diet yang diterbitkan oleh Mayo Clinic yang telah teruji secara penelitian dan pengalaman klinis.

Menurut beberapa sumber, selain dapat menurunkan berat badan secara efektif, diet Mayo memiliki manfaat dalam mencegah sejumlah penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Dalam cara diet Mayo, Anda harus mengubah gaya hidup yang tidak sehat dengan yang lebih sehat. Terdapat piramida makanan yang harus diterapkan dalam diet Mayo dengan sayur dan buah sebagai jumlah terbanyak yang harus dikonsumsi.

Sedangkan untuk asupan susu, karbohidrat, dan daging tetap ada dalam piramida diet Mayo namun dalam jumlah yang sedikit.

Anda juga dianjurkan untuk melakukan gerak secara aktif dan juga berolahraga secara rutin dalam metode diet ini. Bagi Anda yang ingin mengubah kebiasaan menjadi gaya hidup yang lebih sehat, diet Mayo merupakan pilihan yang tepat.

4. Diet 5:2

Diet 5:2 merupakan cara menurunkan berat badan yang terdiri dari 5 hari makan seperti biasa, dan 2 hari puasa.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa cara diet ini tidak hanya efektif dalam menurunkan berat badan, tapi juga memiliki sejumlah manfaat seperti mencegah diabetes tipe 2, melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia.

Selain itu, diet 5:2 juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif serta meningkatkan usia hidup bagi orang yang menjalaninya.

Efek samping dari cara diet ini adalah ketika berpuasa seseorang akan mudah mengalami dehidrasi, mudah pusing, mengantuk, susah konsentrasi, mudah marah, dan bau mulut.

5. Diet Atkins

Cara diet sehat berikutnya adalah diet Atkins. Jenis diet ini agak unik karena Anda sama sekali tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat, namun harus lebih banyak mengasup makanan yang mengandung protein dan lemak.

Jadi, ketika Anda merasa lapar dan lemas karena tidak mengkonsumsi karbohidrat, maka tubuh akan membuat energi dengan membakar lemak.

Diet Atkins juga memiliki efek samping, di antaranya mudah pusing, lemas, mudah lelah, mulut kering, insomnia, dan berisiko terhadap kesehatan jantung.

6. Diet Dukan

Diet ini menekankan pada pelakunya untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak, rendah karbohidrat, dan tinggi protein. Diet Dukan memang dirancang agar pelakunya tidak cepat merasa lapar.

Ada sekitar 100 daftar makanan yang dapat Anda pilih dan bisa dikonsumsi sesuka hati asalkan tetap bersumber dari 100 daftar makanan tersebut. Daftar makanan tersebut terdiri dari 28 sumber nabati dan 72 sumber hewani.

Efek samping dari diet ini adalah dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan cairan di dalam tubuh. Selain itu Anda juga akan mengalami sembelit, bau mulut, mulut kering, dan mudah lelah.

Baca juga: Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Mediteranian
Posting Komentar
Click to comment