Ragam Makanan Penurun Kolesterol


Ragam Makanan Penurun Kolesterol - Kolesterol adalah lemak yang bisa ditemukan di dalam darah dan juga diproduksi di organ hati yang dibutuhkan oleh sel dalam tubuh. Kolesterol ini juga memiliki dua jenis yang wajib Anda tahu, diantaranya kolesterol LDL yang nantinya akan membentuk olak di pembuluh darah dan juga akan mengakibatkan penyumbatan, selanjutnya adalah kolesterol HDL, yang merupakan salah satu jenis kolesterol terbaik yang mempunyai fungsi sebagai mengkonveri vitamin yang telah larut di dalam tubuh.


Kolesterol LDL ini seringkali disebut dengan kolesterol jahat dan kolesterol HDL ini disebut dengan kolesterol baik. Perlu Anda tahu bahwasannya kolesterol yang ada di dalam tubuh bisa saja meningkat bila dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat, bahkan juga dipengaruhi oleh faktor makanan kolesterol tinggi yang anda konsumsi. Nah, ada kaitannya dengan makanan, berikut ini adalah ragam makanan penurun kolesterol yang harus Anda tahu.

Beberapa makanan penurun kolesterol yang harus Anda tahu :

Gandum


Makanan penurun kolesterol yang pertama adalah gandum. Beras gandum atau pun gandum ini adalah sereal yang paling dikenal dan bergizi sebagai makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol, trigliserida darah, dan juga pengatur gula darah.

Ada sekitar 40 hingga 10 persen kadar kolesterol yang telah terbukti berkurang cukup dengan mengkonsumsi beras gandum setiap harinya. Namun, bila Anda kurang suka mengkonsumsi gandum secara langsung, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari olahan gandum, seperti roti.

Beras merah


Makanan penurun kolesterol lainnya adalah beras merah. Jenis beras yang satu ini memang hampir sulit untuk bisa ditemukan, padahal khasiat dari beras merah ini sangatlah banyak dan juga tidak kalah dengan jenis beras yang lain.

Adapun manfaat beras merah adalah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena kandungan yang ada di dalam beras merah, yakni magnesium, vitamin B, selenium, dan juga fitonutrien.

Ikan tuna


Walaupun ikan tuna ini adalah ikan yang berlemak, seperti halnya ikan makarel, salmon, dan juga sarden, akan tetapi ikan tuna ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa di dalam membantu menurunkan kadar kolesterol. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari ikan tuna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, silakan Anda konsumsi 2 porsi ikan tuna di setiap minggunya.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang ragam makanan penurun kolesterol yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya, semoga bermanfaat.
Posting Komentar
Click to comment