Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Kulit Bintik Merah

Penyakit kulit bintik merah dapat membuat bingung sebagian penderita yang sebelumnya belum pernah mendapati penyakit seperti ini. Ditambah, penyakit ini akan menimbulkan rasa gatal, panas yang membakar kulit, dan pedih yang teramat di kulit. Namun, jangan sembarangan memberikan obat karena harus diperiksa lebih lanjut penyebabnya oleh yang ahli.

Karena sifat dari bintik merah ini ada beraneka ragam macamnya tergantung dari penyebab itu sendiri. Umumnya, bintik dapat ditemui pada area tertentu saja seperti kaki, tangan, wajah, dan lain sebagainya.
Penyakit Kulit Bintik Merah | Image Source: : spesialisgatal.blogspot.co.id  & herbalasliindonesia.weebly.com
Berikut adalah daftar kondisi medis yang masuk akal sebagai penyebab dari munculnya penyakit kulit bintik merah.
  1. Memiliki alergi khusus. Kulit dapat bereaksi dengan menimbulkan bintik – bintik berwarna merah bila seseorang alergi terhadap pakaian, kosmetik, makanan, obat – obatan, atau hal lainnya yang memungkinkan reaksi alergi.
  2. Kulit mengalami iritasi. Tidak jauh berbeda dengan alergi, yang membedakan adalah pada iritasi, penderita akan membutuhkan kontak dengan yang menimbulkan reaksi tidak baik di kulit selama beberapa kali dan muncullah bintik merah yang rasanya pedih. Biasanya penyakit ini juga dikenal dengan nama dermatitis kontak iritan. 
  3. Penyebab penyakit kulit bintik merah berikutnya adalah biang keringat. Biang keringat ada karena saat panas dan berkeringat, kulit tidak leluasa bernapas sehingga muncul bintik – bintik kemerahan. Umumnya, penyakit ini sering dijumpai pada usia bayi sampai dengan anak – anak. 
  4. Cuaca yang kering dan dingin juga dapat menimbulkan bintik kemerahan pada kulit, terutama area kulit wajah yang sering sekali terpapar panas sinar matahari secara langsung. Kulit akan kehilangan kelembaban secara cepat dan bintik ini biasa timbul setelah seseorang mandi menggunakan air hangat di musim dingin. 
  5. Kurang menjaga kebersihan juga menjadi faktor pendorong. Jangan malas untuk mencuci pakaian dan membersihkan rumah tempat Anda tinggal agar tidak menimbulkan reaksi yang buruk pada kulit sehingga menimbulkan bintik merah. 
  6. Kulit yang terpapar sinar matahari. Gunakan sunblock atau tabir surya atau pelindung kulit, karena jika kulit sering terpapar sinar UV dalam jangka waktu tertentu, kulit menjadi memerah serta berisiko menimbulkan rasa nyeri. 
  7. Penyebab penyakit kulit bintik merah yang terakhir adalah petechiae atau purpura, di mana kondisi kulit yang mengalami bercak berwarna ungu kemerahan yang merupakan akibat dari pecah atau bocornya pembuluh darah kecil sehingga darah yang di dalam merembes sampai ke kulit.
Cara Mengobati Penyakit Kulit Bintik Merah

Bila menemui gejala – gejala seperti yang sudah dibahas sebelumnya, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang serius. Beberapa pengobatan di bawah ini dapat Anda lakukan setelah Anda menemui dokter sebagai langkah yang utama. Agar proses penyembuhan lebih cepat, lakukan langkah – langkah berikut ini.
  1. Buatlah masker lidah buaya yang nantinya akan dioleskan pada area kulit yang terdapat bintik merah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa lidah buaya memiliki kandungan ajaib yang dapat meredakan iritasi atau peradangan pada kulit serta menimbulkan sensasi dingin. Namun, Anda harus menahan rasa gatal selama beberapa menit awal pemakaian.
  2. Hindari atau ganti barang yang dapat menyebabkan alergi pada kulit Anda. Misalnya, cucilah pakaian yang sudah Anda pakai secara rutin atua ganti kosmetik Anda dengan kosmetik lainnya yang cocok dengan kulit Anda. 
  3. Menjaga kebersihan diri serta lingkungan. mandi 2 x sehari, serta bersihkan rumah Anda secara berkala guna menghindari debu dan zat lain yang dapat memicu penyakit kulit bintik merah. 
  4. Gunakan sunblock atau tabir surya dengan minimal SPF 30 agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari, serta gunakan juga pelembab dan minum banyak air putih untuk menjaga kelembaban kulit. 
  5. Minum obat alergi yang sudah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk membantu meredakan alergi. 
  6. Pada bayi, jaga popok agar tetap kering dan bersih. Segera ganti popok dan bersihkan area kelamin dan dubur bayi setelah bayi buang air kecil atau besar. 
  7. Lakukan semua tips di atas secara rutin untuk tetap terhindar dari berbagai penyakit kulit dan menjaga kesehatan kulit.
Demikian artikel mengenai penyakit kulit bintik merah. Semoga Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit tersebut.


Sumber gambar: 
  • http://spesialisgatal.blogspot.co.id/2017/03/cara-mengatasi-alergi-kulit-bintik-merah.html 
  • http://herbalasliindonesia.weebly.com/blog/obat-gatal-pada-kulit-merah-bintik-bintik-kecil-panas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Kulit Bintik Merah"