Daftar Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Tahu


Daftar Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Tahu - Kolesterol merupakan lemak yang ada di dalam aliran darah atau pun sel tubuh. Fungsi utama dari kolesterol ini adalah sebagai bahan utama pembentukan hormon dan pembentukan dinding sel. Biasanya ada beberapa jensi kolesterol yang ada di dalam tubuh, seperti kolesterol HDL atau kolesterol baik dan kolesterol LDL atau pun kolesterol jahat. Oleh sebab itulah, bila kadar kolesterol di dalam tubuh Anda berlebihan, hal tersebut bisa sebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung koroner.


Perlu Anda tahu bahwasannya ada beberapa faktor yang bisa sebabkan kadar kolesterol tinggi, diantaranya faktor keturunan, obesitas, jarang olahraga, dan faktor makanan. Bila Anda sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi sebelumnya, ada baiknya Anda hindari berbagai macam makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Untuk lebih jelasnya, ini daftar makanan kolesterol tinggi yang harus Anda tahu.

Kuning telur

Makanan berkolesterol tinggi pertama adalah kuning telur. Walaupun kuning telur ini tinggi kolesterol tetap bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur, hanya saja bila Anda sudah mengkonsumsi telur di pagi harinya, ada baiknya Anda hindari makanan yang berkolesterol tinggi lainnya di siang atau pun malam harinya. Pada ukuran normal, kuning telur mengandung sekitar 1.213 mg kolesterol.

Udang

Makanan berkolesterol tinggi yang kedua adalah udang. Udang adalah salah satu jenis makanan laut atau pun seafood yang mempunyai rasa enak dan lezat, jadi jangan heran bila Anda ada di warung seafood udang adalah salah satu jenis makanan yang paling sering dipesan.

Namun, ada baiknya Anda hindari makanan satu ini, terlebih lagi bila Anda sudah memiliki riwayat kolesterol. Dalam 200 gram udang, terdapat sekitar 195 mg kolesterol atau setara dengan 65 persen AKG.

Kerang

Sama halnya dengan udang, kerang ini juga menjadi salah satu jenis makanan laut yang sangat enak dan nikmat. Makanan yang satu ini bisa Anda konsumsi dengan cara direbus, dipanggang, digoreng, dikukus, atau pun dikonsumsi dalam keadaan masih mentah.

Akan tetapi Anda jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan. Sebab di dalam 100 gram kerang terdapat 105 mg kolesterol atau setara dengan 35 persen AKG.

Itulah daftar makanan kolesterol tinggi yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat.
Posting Komentar
Click to comment