Ciri – Ciri Penyakit Kanker Kulit

Ciri – Ciri Penyakit Kanker Kulit - Mengingat penyakit kanker kulit sudah marak, ada baiknya Anda mengetahui ciri – ciri penyakit kanker kulit. Lalu, sebenarnya apa itu penyakit kanker kulit dan bagaimana gejala serta ciri – cirinya? Berikut adalah penjelasan mengenai seputar kanker kulit.

Apa sih Penyakit Kanker Kulit itu?

Sebelum membahas ciri – ciri penyakit kanker kulit, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu maksud atau pengertian dari kanker kulit itu sendiri. Secara sederhana, kanker kulit dapat didefinisikan sebagai penyakit kanker yang menyerang bagian organ kulit. Umumnya, orang yang memiliki pigmen kulit putih, lebih rentan terkena kanker kulit dibanding yang pigmennya gelap.
Mengapa bisa seperti itu? Penyebabnya bisa jadi karena pada dasarnya faktor utama kehadiran kanker kulit adalah pemaparan sinar UV yang berlebih secara langsung pada kulit. Karena dibandingkan pigmen gelap, pada pigmen kulit putih hanya ada sedikit barrier atau penghalang yang melindungi dari paparan sinar UV.

Maka dari itu, mereka yang kulitnya putih atau cerah lebih rentan. Namun, bukan berarti pigmen gelap menjadi aman. Ada kemungkinan seseorang yang kulitnya gelap juga dapat terkena penyakit kanker kulit.

Salah satu solusi bagi orang yang memiliki pigmen kulit putih adalah selalu gunakan tabir surya atau sunblock atau body lotion yang memiliki SPF tinggi guna melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV sehingga terhindar dari kanker kulit.

Ciri – Ciri Penyakit Kanker Kulit

Kemudian, bagaimana ciri – ciri penyakit kanker kulit yang dapat dilihat? Berikut ini penjelasannya.

Jika Anda menemukan adanya benjolan atau tumor atau tompel yang dapat Anda lihat secara kasat mata dari luar, hal ini kemungkinan besar merupakan tanda atau ciri – ciri dari akan timbulnya penyakit kanker di kulit. Pada gejala yang mudah dikenali ini, penderita masih memiliki harapan hidup karena risiko kematiannya paling sedikit.

Hal tersebut dikarenakan ciri dapat dilihat dengan sangat mudah dan dapat segera dilarikan ke Rumah Sakit terdekat untuk ditangani lebih lanjut. Karena itu, jangan menganggap remeh bahkan sebuah benjolan kecil sekalipun. Segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Kemudian juga karena letak kulit yang jauh dari organ vital utama manusia menjadikan penyebaran kanker tidak merajalela dengan cepat dan memungkinkan untuk dihentikan. Karena itulah, ciri – ciri penyakit kanker kulit ini biasa terdapat pada penderita kanker kulit yang masih stadium awal. Beberapa hal berikut juga dapat Anda perhatikan lebih dalam, antara lain:
  • Bentuk benjolan yang tidak terdefinisi, artinya memiliki bentuk yang abstrak, asimetris, atau tidak beraturan.
  • Bentuk benjolan yang tidak rata atau tidak sama besar di kiri dan kanan.
  • Terdapat batas pinggiran benjolan yang juga sama tidak ratanya dan umumnya, batas pinggiran ini jika diraba akan terasa kasar.
  • Sama halnya dengan bentuk, ciri – ciri penyakit kanker kulit lainnya adalah warna yang terdapat pada benjolan juga tidak rata atau bergradasi. Misalnya, pada area tengah warnanya gelap atau coklat tua, akan tetapi semakin ke pinggir warnanya semakin terang atau coklat muda.
  • Besarnya diameter benjolan tidak wajar jika dilihat. Anda data mengukurnya dengan membandingkan diameter benjolan yang terdapat pada kulit Anda dengan diameter benjolan pada sebuah pensil.
  • Jika Anda mengamati dengan seksama, bentuk benjolan dapat berubah – ubah. Anda dapat melihat perubahan ini dengan mengambil foto pada benjolan mulai dari hari pertama sampai dengan beberapa hari atau minggu berikutnya. Kemudian, bandingkan.
  • Pada beberapa kasus, benjolan ini akan terasa sangat gatal atau bahkan sakit ketika orang lain atau Anda sendiri menyentuh benjolan tersebut. Anda juga bisa melihat jika ada luka kecil yang terus mengeluarkan darah dari kulit tak henti – hentinya. Hal ini juga dapat menjadi salah satu dari tanda atau gejala kanker pada kulit.
Demikian penjelasan singkat mengenai ciri – ciri penyakit kanker kulit. Semoga Anda dapat menjaga kesehatan sehingga tidak perlu sampai mengalami penyakit ini. Jika sudah terlanjur divonis oleh dokter, jaga selalu kebersihan dan kesehatan kulit Anda serta hindari paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, konsumsi buah dan sayur juga sangat penting untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri – Ciri Penyakit Kanker Kulit"