tes header

Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit Berlubang-Lubang


Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit Berlubang-Lubang - Tentunya Anda mengenal penyakit kulit berlubang kecil pada bagian telapak kaki Anda dan juga pada bagian telapak tangan atau yang disebut dengan pitted keratolysis. Mungkin bagi Anda juga tak asing mendengar penyakit kulit yang bernama pitted keratolisis ini. sedangkan yang menyerang pada telapak kaki disebut dengan keratolysis sulcata.

Bakteri yang dapat menyerang pada telapak kaki maupun pada telapak tangan ini dapat disebut dengan keratolysis selcata, hal ini yang mengakibatkan penyakit kulit berlubang lubang.

Penyebab penyakit kulit berlubang-lubang

Penyakit kulit ini diakibatkan oleh jamur pitted keratolysis yaitu coryneform. Hal ini dapat mengakibatkan bakteri menjangkit keringat yang berlebih sehingga pada telapak kaki ataupun pada telapak tangan sehingga mengakibatkan penyakit kulit berlubang lubang. .

Selain itu penyebab penyakit ini adalah akibat pemakaian sepatu yang terlalu ketat yaitu sepatu yang terbuat dari karet, dapat juga diakibatkan oleh alas kaki yang olkusif, dan juga terutama cuaca yang begitu panas maupun lembab maka akan lebih mudah terjangkit penyakit kulit yang berlubang lubang kecil.

Gejala penyakit kulit berlubang lubang

Gejala ini dapat diketahui dengan adanya kulit yang terasa gatal ataupun juga serasa terbakar. Kemudian terdapat juga titik putih yang muncul bau yang tak sedap di bagian telapak kaki ataupun juga di bagian tangan.

Cara mengatasi penyakit kulit berlubang lubang

Jangan biarkan kulit Anda terserang penyakit kulit jenis ini, apabila di biarkan akan bertahan selama bertahun-tahun. Selain itu juga dapat sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama. Sehingga Anda dapat mengatasinya dengan cara sebagai berikut:
  1. Dalam proses penyembuhan maka hindari penggunaan sepatu yang ketat. Selain itu juga haruslah rajin-rajin mengeringkan sepatu ataupun kaos kaki apabila mau digunakan kembali agar tidak terjadi penyakit kulit berlubang lubang.
  2. Rajin-rajinlah membersihkan ataupun mengeringkan kaki atau tangan Anda, apabila sudah muncul keringat yang berlebih. Pakailah salep yang dapat menyembuhkan seperti salep asam fusidic. 
  3. Selain itu Anda juga dapat menggunakan clotrimazole topikal efektif dalam membasmi bakteri coryneform. Ada obat lain yanga dapat mengatasi penyakit kulit berlubang lubang yaitu dengan obat jerawat yang memiliki kandungan benzoly peroxide. 
  4. Cara yang paling jitu yaitu dengan menggunakan cuka putih yang dioleskan pada kaki dengan menggunakan kapas. Lakukan setiap hari waktu sebelum tidur, selama 2 sampai dengan 3 minggu maka kaki Anda akan terasa mulus dan bersih kembali.
Cara Mencegah Penyakit kulit berlubang lubang

Adapun cara mengatasi penyakit pitted keratolysis ataupun lubang kecil di bagian telapak kaki ataupun tangan agar tak menjadi datang kembali. Cara-caranya yaitu adalah sebagai berikut:
  • Anda dapat menghindari sepatu yang ketat, yang mampu menyebabkan penyakit kulit berlubang lubang yakni akibat kaki berkeringat ataupun lembab.
  • Jika Anda ingin memakai sepatu maka biasakanlah memakai kaos kaki yakni kaos kaki katun. Sebab kaos kaki tersebut dapat menyerap keringat yang berlebihan. 
  • Hindari dalam penggunaan sepatu yang sama secara berturut-turut. Selain itu juga hindari pemakain kaos kaki yang sama dan juga berturut-turut. Selanjutnya juga rajinlah secara teliti dengan memakai kaos kaki serta sepatu dengan kaki dalam keadaan kaki kering atau tak basah. 
  • Tentunya rajinlah dalam mencuci kaki setelah pemakaian sepatu dan kaos kaki. Jika pada telapak kaki yang berkeringat ataupun lembab, Anda juga mengeringkannya secara terdahulu. 
  • Anda dapat menggunakan pengering rambut pada bagian kaki setelah mandi ataupun berendam, sehingga kaki cepat kering. Sehingga jangan biarkan kaki Anda berkeringat yang disebabkan oleh panas ataupun keringat. 
  • Bagi Anda yang atlet maka harus tetap menjaga dalam kebersihan sepatu ataupun kaos kaki yang digunakan. Anda dapat mengeringkan kaos kaki setelah pekerjaan yang berat ataupun yang panas.
Sehingga Anda dalam kebersihan tubuh harus diperhatikan, terutama pada bagian kaki ataupun tangan. Sehingga tak membuat penyakit kulit berlubang lubang. Sehingga metode yang paling efektif dalam menghindari ketidaknyamanan dan juga malu adalah menjaga daerah yang terpontensi terhadap penyebab infeksi.
Posting Komentar
Click to comment