tes header

Cara Mengobati Gusi Bengkak Paling Ampuh


Cara Mengobati Gusi Bengkak Paling Ampuh - Gusi bengkak adalah masalah gigi paling umum yang sering dialami banyak orang. Penyakit mulut yang bisa diobati tetapi membutuhkan penerapan metode pengobatan baik dan benar.


Apa Penyebab Gusi Bengkak?


Bakteri pada plak merupakan penyebab utama dari pembengkakan pada gusi dan nyeri pada gusi. Ketika plak makanan tidak dibersihkan, bakteri akan tumbuh dan menjadi racun sehingga gusi bengkak.

Bakteri plak bertahan hidup selama penyakit ini tidak diobati dan juga dapat menyebabkan bengkak lebih besar. Biasanya ketika gusi bengkak ditandai dengan gusi pasien bengkak merah, mudah berdarah terutama saat menyikat gigi, gigi terasa longgar, dan bau mulut tidak sedap.

Penyakit ini berlangsung diam-diam atau perkembangannya didalam mulut tidak diketahui. Namun, ada beberapa jenis bakteri yang lebih aktif, yang dapat menyebabkan peradangan gusi dan gigi berdarah. Ketika gusi bengkak merah berarti kondisi penyakit ini telah menjadi serius.

Ada banyak jenis penyakit periodontal, dan dapat mempengaruhi banyak ke banyak sistem yang mendukung sistem tulang. Ketika eksaserbasi atau kehilangan tulang alveolar akan menyebabkan gigi menjadi longgar, dan akhirnya gigi keropos atau juga bisa mempengaruhi gigi yang berdekatan.
Bagaimana Cara Mengobati Gusi Bengkak?

Menghapus plak pada gigi akan menjadi solusi pertama yang dokter gigi sarankan tetapi akan membutuhkan biaya jika kalian melakukannya ke dokter gigi. Sebenarnya tujuan dari metode ini adalah dengan membersihkan plak bakteri pada gigi.

Selain itu, penggunaan obat kumur juga membantu kebersihan mulut dan meminimalisir rasa sakit ketika gusi bengkak. Dalam komponen obat kumur sering mengandung antibakteri seperti klorheksidin, hexetidin, zin glukonat, chlorinedioxid yang bisa membersihkan rongga mulut, menghilangkan plak dan bakteri dari mulut.

Apa Obat Untuk Gusi Bengkak?

Ketika mengalami gusi bengkak, antibiotik digunakan untuk mengobati gusi bengkak seperti: kelompok antibiotik (beta -lactam, makrolida) yang membunuh bakteri yang berada di gusi, sering digunakan dalam pengobatan radang gusi. Kombinasi spiramisin (macrolide antibiotik) dengan metronidazol (antibiotik yang membunuh bakteri anaerob), efektif dalam mengobati beberapa penyakit periodontal patologis seperti gingivitis yang sangat efektif .

Menggunakan non-steroid anti-inflamasi (ibuprofen, asam mefenamat, diclophenac, meloxicam) serta cara-cara untuk mengurangi gejala kemerahan, nyeri dan radang gusi. Kelompok kortikosteroid (prednison, deksametason ) memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, efektif mengobati gejala pembengkakan, nyeri saat meradang gusi.

Menyikat Gigi

Selain penggunaan terapi obat, kebersihan mulut adalah cara yang paling efektif untuk merawat kesehatan mulut. Menyikat 2-3 kali sehari dengan sikat gigi lembut dan obat kumur setelah makan dapat menghilangkan plak dan bakteri pada gigi.

Anda dapat menggabungkan dengan penggunaan obat kumur dan berkumur air garam sehari-hari, yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit yang cukup efektif.
Kemudian kalian juga harus menambahkan lebih banyak vitamin, terutama vitamin C melalui obat gigi atau sayuran dan buah harian seperti jeruk, apel, anggur, selada, brokoli, seledri. Buah dan sayuran bertindak sebagai bahan alami membantu menghilangkan plak pada gigi.
Posting Komentar
Click to comment