Cara Mengatasi Penyakit Kulit Bersisik


Cara Mengatasi Penyakit Kulit Bersisik - Penyakit kulit bersisik menimbulkan rasa gatal dan menjadikan kulit memiliki banyak sisik dengan warna kemerahan. Penyakit ini memang tidak menyebabkan masalah yang serius, namun tetap saja akan mengganggu penampilan dan kesehatan kulit seseorang.

Penyebab pasti dari penyakit kulit ini sebenarnya belum ditemukan oleh para ahli. Akan tetapi, beberapa menduga bahwa penyakit ini berkaitan erat dengan interaksi seseorang yang rentan terhadap genetik, khususnya sel darah putih. Kemudian, sistem kekebalan tubuh juga dapat menjadi faktor pendorong timbulnya penyakit ini.
Prosesnya seperti ini, pada tubuh yang sehat atau normal, sel darah putih melawan dan mendeteksi zat asing seperti virus atau bakteri dengan cara kerjanya mengalir ke seluruh tubuh. Namun, pada tubuh seseorang yang menderita penyakit kulit ini, sel darah putih justru menjadi boomerang karena menyerang beberapa sel kulit yang sehat.

Baca juga: Macam-macam Penyakit Kulit yang Berbahaya

Karena sel darah putih yang terlalu aktif, akan memicu respon imun serta produksi sel darah putih itu sendiri serta sel kulit. Ketika sel – sel kulit tumbuh lebih cepat namun tidak disertai pengelupasan yang juga sama cepatnya, pada kulit luar, dapat dilihat tanda sisik atau ruam dengan bercak kemerahan.

Hal ini dapat diperburuk jika penderita ternyata memiliki keluarga yang juga punya riwayat penyakit yang sama, mengalami tekanan (stress), hidup dalam lingkungan yang dingin, serta memiliki kebiasaan merokok.

Penyakit kulit bersisik memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Dermatitis atau yang lebih dikenal dengan eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit meradang, berwarna kemerahan, terdapak sisik yang kering, serta rasa gatal yang teramat sangat. Umumnya, dermatitis sering menyerang area tangan atau kaki.
  2. Psoriasis yang merupakan penyakit kulit yang termasuk peradangannya sudah dalam tahap kronis serta sifatnya autoimun, yaitu penyakit yang menyerang seseorang karena reaksi dari sistem imun tubuh orang itu sendiri. Ciri dari psoriasis antara lain terdapat bercak berwarna putih keperakan atau merah yang tentunya disertai dengan sisik yang tebal pada area kulit kepala, tangan, kaki, punggung bawah, lutut, atau siku. 
  3. Dermatofitosis, merupakan penyakit kulit yang menyebabkan seseorang memiliki zat tanduk pada jaringan. Contohnya, terdapat stratum korneum pada bagian epidermis, kuku, atau rambut yang penyebabnya adalah dari kalangan jamur dermatofita. 
  4. Pityriasis rosea yaitu kondisi saat kulit tubuh menjadi banyak ruam kemerahan, merahnya bisa jadi merah muda atau merah, juga bentuknya menyerupai benjolan atau bekas luka yang tampaknya seperti ditambal pada kulit.
Nah, setelah melihat berbagai macam penyakit kulit bersisik, adakah timbul pertanyaan bagaimna mengobatinya? Terdapat beberapa alternatif untuk mengobati penyakit ini yang akan dibahas lebih lanjut pada sub bab berikut.

Mengobati Penyakit Kulit Bersisik

Penyakit kulit ini dapat Anda obati sendiri di rumah dengan ramuan alami yang mudah dan tentunya aman. Beberapa ramuan tersebut, yaitu:
  • Gunakan lengkuas serta bawang putih dengan perbandingan 4 : 1, di mana 4 batang lengkuas ditumbuk dengan 1 siung bawang putih lalu tambahkan sedikit air cuka. Kemudian, ramuan yang sudah halus ini dapat Anda lumuri di area kulit yang bersisik dengan menggunakannya sebagai masker.
  • Tidak berbeda dengan ramuan penyakit kulit bersisik yang pertama, Anda diminta untuk mencampur parutan kunyit dengan kapur sirih dan menggunakannya sebagai masker di area yang bersisik atau memiliki ruam. Masker ini dapat digunakan 2 x sehari setelah Anda mandi.
  • Masker daun tembakau yang sudah ditumbuk halus juga ampuh mengobati penyakit kulit bersisik. Gunakan masker ini juga 2 x sehari pada pagi dan malam hari. Lalu, pantau perkembangannya dalam 1 minggu.
Namun, ada baiknya ketika mendapati gejala – gejala dari penyakit kulit bersisik segera menemui dokter untuk ditangani lebih lanjut. Ramuan di atas hanya tips perawatan jika Anda sudah mendapatkan obat dokter yang mengobati dari dalam serta ramuan alami yang dapat mengobati dari luar sehingga proses penyembuhan akan dapat menjadi lebih cepat. Semoga cepat sembuh.
Posting Komentar
Click to comment