Cara Ampuh Cegah Gatal Karena Keputihan


Cara Ampuh Cegah Gatal Karena Keputihan - Keputihan memang bukan sebuah masalah baru bagi dunia kewanitaan. Keputihan bahkan dikala terjadi pada wanita membuat wanita merasa sangat tidak nyaman dengan organ kewanitaannya. Bahkan sampai – sampai membuat wanita merasa “organ kewanitaanku sehat tidak ya?”


Mungkin Anda juga pernah memiliki pemikiran demikian ladies? Sebenarnya keputihan itu bisa terjadi pada siapa saja bahkan hampir setiap wanita yang akan mengalami menstruasi ditandai dengan hadirnya keputihan terlebih dahulu. Akan tetapi kalau keputihan sampai berjalan dalam waktu lama bahkan menyebabkan rasa gatal yang tidak nyaman, ini kondisi yang sebenarnya wajib diperhatikan dan wajib dicegah agar tidak terjadi. Lantas seperti apa cara yang dapat dilakukan dalam mencegah gatal karena masalah keputihan? Kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda disini!

Cara Cegah Gatal Karena Keputihan


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mencegah gatal yang terjadi akibat keputihan. Beberapa cara yang bisa dilakukan tersebut diantaranya :

Selalu jaga kebersihan pakaian dalam

Tak hanya alat kelamin saja akan tetapi tubuhpun akan terasa gatal kalau mengenakan pakaian basah. Karenanya untuk menghindari terjadi rasa gatal tersebut ada baiknya untuk Anda selalu mengenakan pakaian dalam yang bersih bahkan kalau perlu ketika Anda selesai buang air kecil atau buang air besar ganti pakaian dalam Anda.

Bersihkan miss V dengan tepat 


Miss V memang harus selalu dalam kondisi bersih. Entah Anda bersihkan dulu bulu pubis ataupun Anda membasuhnya dengan cairan antiseptik khusus untuk organ intim wanita ataupun dengan mengenakan ramuan daun sirih. Yang jelas kebersihan miss V setiap saat wajib Anda perhatikan.

Minimalisir penggunaan bedak untuk alat kelamin

Beberapa wanita bahkan ada yang menaburkan bedak khususnya bedak tabur untuk membuat kesat organ intimnya. Padahal sebenarnya cara yang satu ini adalah salah karena hal ini justru dapat membuat serbuk bedak masuk ke alat kelamin yang justru berbahaya bagi kesehatan alat kelamin, terlebih bedak belum tentu cocok dengan pH alat kelamin Anda. Karena itu hindari menaburkan bedak untuk alat kelamin sekarang juga!

Jauhi stres

Selain beberapa cara diatas yang Anda bisa lakukan untuk mencegah gatal akibat keputihan, ada baiknya Anda juga jauhi stres karena stres dapat mempengaruhi hormonal didalam tubuh Anda.

Beberapa hal lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari keputihan adalah :
  • Agar organ intim tidak lembab, sehabis buang air kecil, gunakan celana dalam dan celana yang agak longgar. Jangan gunakan stoking. Pakai celana dari bahan yang enak seperti dari katun. Saat tidur malam, tidak perlu memakai celana dalam. Dan setelah buang air, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya.
  • Sebenarnya organ intim wanita tersebut dapat melakukan pembersihan diri secara alami. Karena itu, jangan gunakan pembersih vagina, karena akan mengganggu keseimbangan alami bakteri dan jamur padanya. Jika tidak seimbang, dapat menyebabkan terjadinya vaginosis bakterial. Selain itu, saat membersihkan vagina, pakailah air hangat dan sabun yang aromanya tidak begitu kuat, tetapi lebih baik jika membersihkan vagina dengan hanya memakai air saja atau cairan pembersih khusus.
  • Kadangkala wanita ingin vaginanya wangi untuk alasan tertentu, sehingga vagina di taburi bedak atau parfum. Pemakaian parfum dan sabun bisa mengakibatkan nyeri pada vagina dan keputihan vagina menjadi tidak normal.
  • Hindari juga bahan-bahan berikut ini:  Pemakaian pelembut atau detergen yang berbau keras saat mencuci celana dalam, Pembalut beraroma/berparfum, Tisu toilet beraroma dan jangan keseringan berendam dalam air panas.
Sebenarnya, hampir semua wanita mengalami keputihan, dan hal itu adalah normal. Namun, keputihan menjadi tidak normal jika mengalami infeksi vaginosis bakterial, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, infeksi parasit trikomoniasis, infeksi jamur dan juga bisa disebabkan penggunaan antibiotik, penggunaan pil kontrasepsi,  Ciri keputihan yang tidak sehat biasanya warna cairan keputihan berubah dan lebih pekat, berbau, gatal bahkan nyeri.

Untuk mengatasi keputihan, lakukan beberapa hal berikut:
  • Lakukan Kompres dingin guna mengurnagi gatal pada vagina  dan pembengkakan disekitarnya.
  • Yoghurt sangat bagus dikonsumsi untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh sehingga mengurnagi resiko infeksi jamur.
  • Jika penyebab keputihan adalah infeksi jamur, bisa memakai krim atau gel anti jamur untuk mengatasinya.
  • Untuk sementara, hindari hubungan seksual atau gunakan kondom.
  • Jika keputihan semakin meningkat dalam seminggu, segera periksa ke dokter.
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jagalah kebersihan daerah intim Anda agar terhindar dari infeksi yang menyebabkan keputihan tidak normal.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Cara Cegah Gatal Karena Keputihan bermanfaat.
Posting Komentar
Click to comment