tes header

Berbagai Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya


Berbagai Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya - Memang kalau dirasakan, sepertinya wanita adalah pusatnya penyakit. Hal ini memang terjadi mengingat wanita punya organ bahkan juga organ reproduksi yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan organ reproduksi yang dialami oleh pria.

Salah satu masalah yang sering muncul pada kesehatan organ intim wanita yaitu beragam masalah gangguan menstruasi yang terjadi pada wanita. Seperti apa langkah yang sangat tepat dalam rangka mengatasinya? Disini kami akan berikan informasi secara lengkapnya untuk Anda!

Berbagai Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Ada beragam gangguan menstruasi yang terjadi pada wanita. Berikut akan kami berikan informasi lengkapnya mengenai beberapa gangguan menstruasi pada wanita dan informasi bagaimana cara mengatasinya.

Amenore

Amenore merupakan suatu kondisi ketika wanita tidak mengalami menstruasi. Istilah ini biasanya digunakan pada perempuan yang belum mulai mengalami menstruasi bahkan ketika usianya sudah 15 tahun dan yang berhenti menstruasinya selama 3 bulan padahal ia hakikatnya pernah mengalami menstruasi.

Cara mengatasinya baik amenore primer ataupun sekunder yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan air mineral dalam jumlah cukup. Kemudian lakukan olahraga secara rutin dan imbangi dengan konsumsi ramuan yang dapat mengatasi gangguan ini seperti ramuan mengkudu, brotowali, atau yang lainnya.

Baca juga: Inilah Beberapa Penyakit yang Mengintai Wanita, Buat Kamu Para Wanita Wajib Tahu, Waspadalah..!!


Sindrom pra menstruasi

Sindrom ini merupakan sekelompok dari gejala fisik, perilaku dan juga emosi yang biasanya secara umum terjadi pada minggu terakhir sebelum haid berlangsung. Biasanya hampir setiap wanita mengalaminya dan tak jarang yang ketika akan menstruasi dan sebelum menstruasi mengalami letupan emosi yang meledak – ledak. Cara mengatasinya yaitu dengan menahan emosi dan mengonsumsi ramuan jahe yang dipercaya dapat membuat tubuh jadi hangat dan emosi jadi mereda. Bahkan nyeri sebelum haid juga akan teratasi.

Dismenore

Kondisi ini adalah kondisi yang terjadi ketika menstruasi terjadi sangat menyakitkan. Nyeri menstruasi ini biasanya terjadi pada perut bagian bawah akan tetapi kemudian langsung menyebar bahkan sampai ke punggung bawah dan juga pada bagian paha. Tak jarang kondisi ini juga dibarengi dengan kram perut yang parah. Dismenore yang biasanya dialami oleh remaja terjadi karena penyakit dismenore primer sementara pada wanita yang lebih tua dismenore bisa disebabkan oleh penyakit – penyakit tertentu yang terjadi.

Itulah sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda mengenai Berbagai Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat ladies.
Posting Komentar
Click to comment