tes header

Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mengobati Penyakit Kulit Gatal


Penyakit kulit gatal – tidak jarang, banyak sekali penyakit yang terjadi di area kulit. Kulit seakan menjadi bagian tubuh yang sangat sensitif karena berada di permukaan luar tubuh, yang sangat mudah terpapar oleh benda asing yang ada di luar tubuh.

Gatal adalah respon tubuh terhadap rangsangan luar, dimana tubuh tidak sanggup melawan adanya benda asing yang menempel atau bereaksi pada area permukaan kulit. Hal ini membuat kulit akhirnya memerah dan bentol-bentol kemudian menjadi gatal hebat yang sangat mengganggu bila harus menggaruknya.


Penyebab penyakit kulit gatal
Ada banyak penyebab yang bisa muncul pada penyakit kulit gatal ini sehingga perlu diketahui untuk mengantisipasi atau menghindari terjadi kulit gatal yang membuat tidak nyaman. Jika kulit gatal sudah mengganggu, bisa dipastikan akan membuat kegiatan sehari-hari jadi terganggu juga. Hal inilah yang mendasari tindakan mencegah lebih baik.

Namun bila melihat pada kondisi di sekitar, ada masyarakat yang mana tidak tahu pasti apa yang menjadi penyebab kulitnya bisa tiba-tiba gatal-gatal. Kondisi inilah yang menyebabkan permasalahan di area permukaan kulit tidak menemukan akar permasalahannya.

Penyebab utama yang muncul pada kulit gatal adalah sebagai berikut:


1. Kulit yang tidak terhidarasi


Kulit ini menyebabkan kering dan kasar. Jika kondisi ini terjadi bisa saja rasa gatal akan mengganggu. Kulit kering ini biasa disebut dengan xerosis. Kulit kering yang terjadi ini bisa terjadi akibat menggunakan AC yang terlalu lama, berdasarkan cuaca yang ekstrem dan dingin juga membuat tubuh terjadi gatal.

Selain itu juga karena efek mencuci bahkan mandi yang mungkin berlangsung lama dan sering.


2. Adanya ruam yang berwarna merah di permukaan kulit


Penyakit kulit gatal yang satu ini umumnya seperti cacar air, panu, kudis, biduran dan banyak penyakit lainnya yang membuat kondisi tubuh gatal. Bila pada poin pertama tidak terjadi kondisi fisik tertentu, lain dengan disini yaitu akan muncul benjolan, kemerahan bahkan lebih parah lagi, apalagi bila tidak ditangani dengan benar.

3. Adanya penyakit dalam pada tubuh


Penyakit dalam yang dimaksud seperti gagal ginjal, penyakit liver, leukimia, kanker dan banyak permasalahan lainnya yang membuat area kulit seakan mengikuti dampak yang ditimbulkan penyakit serius tadi. Disini, gatal yang muncul bisa terjadi di sekujur tubuh dan tidak pada area tertentu pada poin diatas.

Kulit yang gatal tidak menimbulkan benjolan, hanya saja akan memerah dan timbul lecet bila digaruk terlalu keras.

4. Akibat ibu sedang hamil


Siapa bilang kehamilan tidak memiliki efek samping, bahkan bisa saja muncul gatal pada kulit ketika proses kehamilan terjadi. Gatal yang terjadi hanya di area tertentu saja seperti di payudara, lengan, paha sampai pada area perut itu sendiri.

Pada banyak kasus penyebab penyakit kulit gatal diatas, ada baiknya bisa konsultasikan pada dokter atau tim medis yang ahli dibidangnya guna pemeriksaan lebih lanjut akibat gejala gatal yang tak kunjung pergi.


Ciri-ciri penyakit kulit gatal


Ada banyak ciri-ciri seseorang mengalami penyakit yang satu ini sesuai dengan jenis penyebabnya, antara lain kulit meradang, yakni pada penyakit kulit gatal dermatitis kontak akan membuat kulit menjadi meradang, memerah dan terasa efek gatalnya setelah permukaan kulit tersentuh dengan benda asing yang mengakibatkan area kulit muncul gatal tersebut. Itulah, yang terjadi biasanya bila kulit tersentuh dengan bulu ulat misalnya.

Tak hanya pada bulu binatang, gatal juga bisa terjadi akibat kontak langsung dengan bahan pewangi, bahan pakaian atau bisa juga berasal dari tanaman yang biasanya memiliki bulu halus di permukaan daunnya. Serta bisa diakibatkan oleh bahan kimia tertentu yang kontak dengan kulit.

Ciri-ciri pada kulit yang mengalami peradangan adalah muncul ruam yang berwarna merah dan gatal serta lecet bila digaruk.

Cara mengobati penyakit kulit gatal

Pengobatan bisa menggunakan obat di apotik seperti kortikosteroid yang bisa didapat dalam bentuk krim, atau antihistamin oral. Anda bisa tanyakan pada apoteker penjaga apotik untuk lebih jelasnya.

Itulah tentang penyakit kulit gatal. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.
Posting Komentar
Click to comment