tes header

Penyakit Kulit dan Penyebabnya


Penyakit Kulit dan Penyebabnya - Penyakit kulit pada tubuh manusia yang terdiri dari banyak bagian ini tentunya ada beberapa organ vital yang harus tetap terjaga kesehatannya. Salah satu organ vital yang harus tetap terjaga adalah kulit pada manusia.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa kulit ini merupakan pengaman paling pertama pada tubuh manusia untuk melindunginya dari bahaya luar yang dapat membahayakan tubuh manusia. Seperti misalnya virus dan bakteri. Selain itu, kulit juga mewakili gambaran serta daya tarik dari seseorang.


Namun ternyata kulit ini juga berpotensi terserang penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Entah itu disebabkan oleh faktor diluar tubuh manusia ataupun disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh itu sendiri. Maka dari itu, disini akan sedikit diinformasikan mengenai penyakit ini beserta faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab dari penyakit tersebut.

5 Penyakit Kulit & Penyebabnya

Sebenarnya ada banyak sekali jenis dan ragam dari penyakit ini. Namun secara umum dapat di klasifikasikan menjadi 2 macam jika ditinjau dari faktor penyebabnya. Yaitu penyebab dari luar seperti virus dan bakteri dan penyebab dari dalam tubuh itu sendiri. Beberapa penyakit kulit yang sering terjadi pada seseorang diantaranya adalah:

1. Jerawat

Penyakit kulit jenis ini memang sering sekali dialami oleh sebagian besar orang. Terutama hal ini terjadi pada seseorang saat masa-masa remaja. Penyakit jerawat ini adalah suatu kondisi dimana terjadinya pengendapat kotoran yang terdapat pada pori-pori kulit.

Pengendapan inilah yang menjadikan minyak dari kelenjar kulit mengalami penyumbatan sehingga mengakibatkan munculnya tonjolan pada kulit. Adanya penyumbatan ini seringkali menjadikan bakteri menjadi mudah mengalami perkembangan dan penyebarannya.

Secara umum yang menjadi penyebab dari penyakit jerawat ini adalah penyumbatan kelenjar minyak pada pori-pori kulit. Jerawat dapat juga terjadi karena hormon yang berkembang terlalu banyak pada orang di masa pertumbuhan.

2. Dermatitis Kontak

Penyakit ini secara umum hampir mirip dengan alergi pada kulit. Untuk mengetahuinya, biasanya adanya penyakit ini ditandai dengan munculnya peradangan pada kulit, kulit mulai terasa kasar dan kering.

Selain itu, penyakit ini juga ditandai dengan munculnya warna kemerah-merahan yang kadang terasa gatal. Tanda lain dari penyakit ini dapat juga ditandai dengan gejala kulit yang melepuh.

Penyebab dari penyakit ini adalah adanya alergi kulit saat bersentuhan dengan benda-benda diluar tubuh. Yang sering terjadi biasanya dengan detergen. Hal ini dapat terjadi ketika sistem kekebalan pada kulit seseorang belum maksimal.

3. Herpes

Herpes merupakan jenis dari penyakit kulit menular yang proses penyerangannya pada seseorang terjadi secara bertahap. Secara umum, orang yang menderita penyakit herpes biasanya ditandai dengan gejala kulit kemerah-merahan, kulit luka seperti melepuh dan pada kondisi yang parah biasanya sampai menimbulkan demam.

Penyakit ini timbul disebabkan karena adanya virus. Yaitu virus herpes. Karena virus herpes ini dapat menular dan menyebar, Anda perlu langkah khusus untuk mengatasi penyakit herpes ini.

4. Panu

Selain jerawat, jenis penyakit yang sering dialami banyak orang adalah panu. Penyakit ini dapat Anda amati dengan gejala adanya bercak putih yang ada pada kulit di area-area seperti leher, punggung dan lain-lain. Penyakit ini banyak terjadi pada orang-orang di usia remaja bahkan dewasa.

Penyebab dari penyakit kulit yang satu ini adalah karena jamur. Yaitu jamur Candidas Albicans. Jamur ini biasanya akan semakin menyebar dan menular lewat pakaian pada orang yang menderita penyakit ini.
Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kulit Kurap

5. Kanker kulit

Meskipun jarang sekali terjadi pada seseorang, kanker kulit juga perlu Anda waspadai. Karena keberadaan penyakit ini tentunya juga akan mengganggu aktifitas sehari-hari Anda.

Kanker kulit ini dapat terjadi disebabkan oleh adanya sel kulit yang tidak normal proses pertumbuhannya. Penyakit ini sering terjadi pada bagian kulit yang paling luar. Meskipun tidak terlalu berbahaya, Anda perlu tetap untuk waspada terhadap penyakit ini.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis penyakit kulit besrta penyebabnya yang mungkin dapat membantu dikehidupan Anda. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar
Click to comment