tes header

Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Anak


Penyakit kulit anak dapat saja terjadi karena penyakit kulit tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Ini dapat pula terjadi akibat dari faktor makanan atau juga lingkungan sekitar. Bukan hanya anak-anak, bayi memiliki resiko yang lebih karena penggunaan popok sehari-hari.

Resiko penyakit kulit pada anak-anak dapat pula karena bersentuhan dengan anak yang menderita penyakit kulit. Namun, faktor lain karena keturunan juga dapat saja terjadi pada anak-anak dan pada umumnya akan permanen.

Pengertian Penyakit Kulit Anak

Penyakit kulit anak yang tentu saja terjadi pada anak-anak ini ada kemungkinan sama dengan penyakit kulit yang diderita orang dewasa. Namun ada beberapa jenis yang memang banyak dialami oleh anak-anak.

Penyebab Penyakit Kulit Anak

Penyebab penyakit kulit bermacam-macam, penyebab yang berbeda maka penyakit yang dialami pun akan berbeda. Berikut beberapa penyakit kulit anak yang disertai penyebab timbulnya penyakit tersebut, antara lain:

1. Eksim 

Penyebab penyakit kulit satu ini yaitu berlebihan ketika menggaruk kulit hingga terjadi iritasi atau luka pada kulit, kulit yang kering juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit kulit ini, kemudian terkena infeksi dari virus maupun bakteri, akibat cuaca yang panas serta tingkat kelembaban yang berubah, dan lain lain.

2. Ruam Popok

Penyebab dari penyakit ini diketahui berasal dari area kulit yang bersentuhan dalam jangka waktu terlalu lama dengan air kencing maupun tinja. Penyakit ini biasanya terjadi pada daerah bokong yang tertutup dengan popok.

3. Campak

Penyakit kulit ini disebabkan karena virus yang menyebar dengan cepat. Virus ini bisa berasal dari cairan yang keluar saat bersin atau batuk. Virus ini juga dapat menempel pada benda-benda, kemudian ketika tangan menyentuh benda yang terkena virus tersebut maka resiko terinfeksi dapat terjadi.

4. Biang Keringat

Penyakit kulit ini dapat disebabkan dari pori-pori kulit yang tersumbat mengakibatkan keringat tidak bisa keluar. Penyakit jenis ini adalah salah satu penyakit kulit yang sering sekali menyerang anak-anak.

Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Anak

Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan penyakit kulit yang menyerang anak-anak, karena ada cara-cara menghilangkan penyakit kulit anak tersebut. Berikut cara mengobati atau mengatasi penyakit kulit yang dapat pula dilakukan pencegahannya, yaitu:

1. Eksim 

Untuk obat penyakit kulit eksim belum tersedia, namun penyakit kulit ini bisa dikurangi gejalanya dengan cara menghindari menggunakan sabun yang membuat kulit menimbulkan iritasi.

Pengurangan gejala dikurangi pula dengan menggunakan obat dari salep atau krim bila membutuhkannya. Sebaiknya rajin untuk melembabkan kulit, bisa Anda menggunakannyapada anak Anda pelembab dan pastikan rutin mengoleskannya.

2. Ruam Popok

Penyakit kulit ini dapat Anda kurangi dengan cara mengganti popok sesegera mungkin ketika sudah kotor. Kemudian membersihkan bagian kulit yang tertutup oleh popok dengan bersih ketika mengganti popok.

Setelah membersihkan kulit bayi Anda yang telah terkena popok, lap kulitnya hingga benar-benar kering dan setelah kering Anda bisa memakaikan popok kembali.Jangan terlalu sering memakaikan popok pada bayi Anda.

Ini karena kulit bayi juga membutuhkan udara, juga jangan memakaikan popok terlalu ketat pada bayi Anda. Sebaiknya menghindari menggunakan sabun atau juga tisu basah yang memiliki kandungan alkohol. Karena bahan kimia atau alkohol ini dapat semakin memperparah kondisi ruam kulit.

Anda dapat pula mengoleskan area yang dipasangi popok dengan salep atau krim, ini akan mencegah ruam popok. Sebaiknya Anda mencuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum maupun sesudah memasangkan popok.

3. Campak 

Pengobatan pada penyakit kulit anak ini biasanya dilakukan dengan cara pencegahannya. Pencegahannya dilakukan dengan vaksinasi sehingga akan memperkecil resiko terkena penyakit campak ini.

4. Biang Keringat 

Pengobatan pada penyakit ini biasanya dengan cara mengoleskan bedak khusus biang keringat. Namun juga penyakit kulit ini dapat hilang dengan sendiri, cukup orang tua lebih sering memakaikan pakaian yang cukup nyaman supaya penyakit biang keringat ini tidak semakin parah.

Demikian penyakit kulit anak yang harus Anda waspadai gejalanya dan atasi dengan cara yang tepat dengan berkonsultasi pula pada dokter.
Posting Komentar
Click to comment