Pengertian Beserta Cara Mengobati Penyakit Kulit Alergi


Penyakit kulit alergi – setiap kulit manusia pastinya ada perbedaan sehingga mendasari kulit tersebut bisa lebih sensitif terhadap rangsangan dari luar maupun dari dalam tubuh. Kulit yang sensitif dapat membuat aktivitas terganggu, apalagi bila sensitif tersebut membawa dampak kurang baik bagi reaksi tubuh.

Pengertian penyakit kulit alergi

Apakah itu alergi? Alergi merupakan sebuah penyakit yang tidak berbahaya karena tidak terjadi penularan dari penderita terhadap orang di sekitarnya. Siapa yang menyangka bila alergi bisa timbul karena pengaruh lingkungan di sekelilingnya dan bisa juga secara gen berasal dari orang tua, bisa disebut dengan faktor genetik, dimana sel tubuh membawa sifat tertentu dari orang tuanya.


Jangan pernah menyepelekan alergi kulit karena sangat fatal bila dibiarkan yang berakibat gatal-gatal di seluruh anggota badan. Ada beberapa ciri-ciri lain yang dapat muncul pada penderita penyakit alergi kulit yang satu ini. Adapun ciri-ciri tersebut seperti gatal-gatal sudah pasti, kulit akan memerah bahkan timbul ruam, muncul bentol di bagian tubuh tertentu.

Penyakit kulit alergi bisa menjadi masalah besar bila tak ditangani dengan baik dan benar. Bisa jadi, penanganan yang tidak tepat akan berujung pada pengobatan serius yang merujuk pada dokter dan rumah sakit. Banyak sekali penyebab yang bisa menimbulkan alergi tersebut timbul di permukaan kulit. Penyebab-penyebab tersebut diantaranya adalah:

1. Penderita mengalami alergi pada jenis makanan tertentu

Contoh ini biasa ditemui ketika seseorang tidak bisa makan makanan olahan laut. Makanan yang bisa saja membuat alergi dan timbul gejala kemerah-merahan seperti udang goreng dan makanan olahan udang-udangan lainnya.

Sementara itu juga, makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati bisa berpotensi menimbulkan alergi pada kulit, makanan dan minuman seperti kacang hijau, kacang kapri, kacang tanah, kacang mete dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Bahkan pada produk ayam maupun sapi, orang yang memakannya akan menimbulkan gejala alergi bila kulit mereka sensitif.

2. Hindari juga untuk memelihara hewan peliharaan

Ternyata hewan atau binatang peliharaan berpotensi menyebabkan penyakit kulit alergi. Tidak salah jika ada seseorang yang bersentuhan dengan bulu binatang seperti kucing atau bahkan pada kecoa bisa membuat kulit menjadi gatal.

3. Jika Anda menemukan ada seseorang yang selesai mandi malah gatal, itu bisa berarti bahwa ia alergi terhadap bahan alergi kimia.
Ini terjadi pada penulis, karena pada kondisi penulis selesai mandi dengan menggunakan sabun kesehatan, malah membuat badan terasa amat gatal.

Kondisi demikian bisa berarti alergi bahan sabun. Namun ada juga kondisi lain alergi terhadap deterjen bahkan bahan kosmetik.

4. Alergi terhadapap benda asing yang ada di luar rumah

Benda asing yang dimaksud adalah polusi udara, cuaca yang dingin maupun yang terlewat ekstrim atau panas, bahkan sampai pada asap rokok yang sering dijumpai di sekitar.

Dari beberapa penyebab yang telah disebutkan diatas, cukup mudah diingat bahwa banyak hal di sekeliling, benda asing yang dapat membuat penyakit kulit alergi timbul.

Cara mengobati panyakit kulit alergi

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menangani permasalahan penyakit kulit alergi ini. Solusi tersebut bisa berdasarkan cara alami maupun secara medis dengan dibawa ke dokter atau juga cukup membeli beberapa obat-obatan yang ada di apotik.

Obat alergi terbagi menjadi dua bagian yaitu topical dan sistemik. Berdasarkan jenis topical antara lain menggunakan bedak kocok, losio, krim. Pengananan dilakukan bervariasi tergantung alergi yang terjadi basah atau kering. Untuk pengobatan juga bisa menggunakan kortikosteroid seperti triamsinolon atau hidrokortison.

Berdasarkan pengobatan sistemik, ada obat antihistamin yang bentuknya tablet seperti cetririzin dan chlorfeniramin. Jenis-jenis seperti mungkin bisa ditemukan pada toko obat atau apotik. Namun bila secara alami sepertinya bisa menggunakan air kompresan. Bagian kulit yang alergi dikompres dengan air hangat agar lekas sembuh.

Demikian tentang penyakit kulit alergi yang dapat dijelaskan, sehingga Anda bisa tahu dan mengerti hal apa yang harus dihindari ketika kulit bereaksi lain dari biasanya. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar
Click to comment