Cara menyembuhkan sakit gigi berlubang


Cara menyembuhkan sakit gigi berlubang, dalam prosesnya banyak cara yang bisa anda lakukan, yang terpenting pilihlah cara yang paling efektif untuk mengatasinya. Nah kali ini admin akan sharing mengenai cara paling efektif untuk menyembuhkan sakit gigi berlubang yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Anda mungkin sering mendengar pepatah mengatakan, lebih baik sakit gigi dari pada sakit yang lain, tapi menurut admin pribadi kata tersebut kurang tepat. Mengapa demikian? Karena sehebat apapun fisik anda, jarang ada yang mampu menahan rasa sakit gigi berlubang. Disamping itu itu, cara menyembuhkan sakit gigi berlubang sedikit agak susah bila anda tidak mengetahui detailnya. Sedangkan mencabut gigi disaat gigi sedang meradang tidak direkomendasikan.


Pada umumnya, lubang di gigi yang menjadi penyebab rasa sakit yang luar biasa itu terjadi seiring dengan menambahnya usia, mulut yang kebersihannya tak terjaga, serta masih banyak lagi faktor lainnya. Proses pembusukan merupakan hal yang menjadi penyebab terbentuknya rongga di gigi, pada akhirnya proses ini menyebabkan ujung saraf terekpose dan mengakibatkan gigi menjadi sensisitf.

Biasanya, rasa sakit yang dirasakan bisa agak lama meredanya, sehingga dapat mengganggu proses mengunyah makanan dan aktifitas sehari-hari. Sebelum anda sempat berkonsultasi ke dokter gigi, anda dapat mencoba mengatasi masalah ini sendiri memakai tips cara menyembuhkan sakit gigi berlubang sebagai berikut.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

Menjaga Kebersihan Mulut 

Yang tidak kalah penting yaitu menjaga kebersihan mulut, baik gigi anda berlubang ataupun tidak. Gigi yang sakit tentunya harus dibersihkan memakai benang gigi paling tidak dua kali dalam sehari. Hal ini karena menyikat gigi akan terasa sangat sakit bila anda memakai sikat yang tidak tepat, maka dari itu pakailah sikat gigi yang mempunyai bulu yang lembut. Hal ini untuk memastikan kalau semua partikel sisa makanan sudah benar-benar hilang dari sela-sela gigi anda.

Obat Pereda Nyeri


Obat pereda nyeri hanya sebatas membantu meredakan rasa sakit gigi sementara waktu. Pereda rasa sakit seperti, ibuprofen dan acetaminophen mampu menghilangkan pembengkakan dari dalam dan memblok reseptor nyeri, dengan demikian anda bisa merasa lebih baik. Penghilang rasa sakit ini tidak dianjurkan untuk dipakai dalam jangka panjang sebagai obat nyeri gigi berlubang, gunakanlah sesuai dengan resep dokter.

Mengoleskan Analgesik Topikal


Guna menanggulangi rasa sakit karena gigi berlubang, Anda bisa mengoleskan analgesik topikal di area permukaan yang sakit . Analgesik bereaksi dengan cara mematikan ujung saraf yang berfungsi untuk melenyapkan rasa sakit. Selain itu, minyak cengkeh juga merupakan obat herbal yang mempunyai efek setara dengan analgesik, anda bisa dengan mudah mendapatkannya diapotek atau toko obat terdekat. Perlu di ingat, hindari memasukkan jenis obat aspirin atau obat pereda sakit lainnya secara langsung ke rongga gigi maupun gusi, karena dapat mengakibatkan luka bakar.

Gunakan Air Hangat Untuk Sikat Gigi


Dsarankan untuk menyikat gigi memakai air hangat serta hindarilah kondisi suhu yang ekstrim. Gigi yang berlubang akan sangat sensitif dari biasanya, jadi hindarilah makanan atau minuman panas sejenis es krim, kopi panas dan sebagainya, karena akan membuat gigi anda akan bertambah sakit nantinya.

Menambal Gigi Ke Dokter


Luangkanlah waktu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Umumnya orang yang sedang sakit gigi bahkan tidak sanggup untuk jalan sendiri, dan bila Anda mempunyai gigi berubang, maka harus dilakukan penambalan, proses ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Bila lubang gigi dibiarkan terbuka terus bisa mengakibatkan kerusakan gigi yang lebih parah, semakin sensitif terhada benda panas ataupun dingin.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara menyembuhkan sakit gigi berlubang. Bila sakit gigi anda tidak kunjung mereda sehabis diobati sendiri, sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter gigi segera, untuk mendapatkan penanganan tingkat lanjut. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar
Click to comment