9 Macam Penyakit Kulit yang Sangat Berbahaya

Penyakit kulit berbahaya benar adanya. Maka dari itu, tidak seharusnya Anda meremehkan segala bentuk kelainan atau penyakit yang terjadi pada kulit. Berikut adalah definisi, alasan, serta berbagai macam contoh penyakit kulit yang terbilang sangat berbahaya.



Pengertian Penyakit Kulit

Penyakit kulit adalah suatu kondisi di mana kulit menjadi tidak sehat atau terasa tidak nyaman karena beberapa hal, seperti infeksi virus, bakteri, atau bahkan jamur. Reaksi yang timbul bermacam – macam, tergantung pada jenis penyakit kulit yang diderita.

Umumnya, penyakit kulit akan mengakibatkan rasa gatal. Akan tetapi, ada juga yang terasa panas, membakar, atau perih. Oleh karena itu, tidak dapat dikatakan secara umum reaksi yang ditimbulkan dari penyakit kulit.

Kenapa Penyakit Kulit Ada yang Berbahaya

Jika ditanya mengapa penyakit kulit yang terbilang sepele dalam beberapa kasus dapat menjadi sangat berbahaya bahkan mengancam nyawa? Hal ini karena penyakit tersebut tidak mendapat penanganan yang tepat. Infeksi virus, bakteri, atau jamur yang sudah terlanjur menyebar luas dan mengganggu sistem kerja organ tubuh lainnya juga dapat menjadi penyebabnya.

9 Macam Penyakit Kulit yang Sangat Berbahaya

  1. Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) berada di urutan nomor satu. Penyakit kulit berbahaya ini dapat menyerang tulang, kulit, bahkan paru – paru dan jantung yang merupakan organ vital dalam tubuh manusia secara sistemik. Bila anti biotik yang diberikan terlambat atau tidak mampu mengobati, nyawa penderita dapat melayang.
  2. Harlequin Ichthyosis menjadi berbahaya karena merupakan salah satu penyakit langka yang pengobatannya juga sulit untuk dilakukan. Penyakit ini menyebabkan kulit menjadi amat sangat kering dan biasanya menyerang bayi yang baru saja lahir.
  3. Necrotizin Fasciitis menjadi penyakit kulit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri yang amat mengerikan bernama streptococcus pygones. Dikatakan mengerikan, karena bakteri ini memiliki nama lain, yaitu pemakan daging manusia yang mampu menggagalkan fungsi organ bahkan jaringan tubuh.
  4. Leishmaniasis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga, yaitu lalat pasir yang sudah terinfeksi. Manusia dan hewan yang terkena gigitan lalat ini dapat dipastikan akan terkena leishmaniasis yang menyebabkan pembusukan pada kulit.
  5. Nekrolisis Epidermal Toksis (NET) juga menjadi salah satu penyakit kulit berbahaya karena dapat merenggut nyawa sang penderita bila tidak ditangani dengan cepat.
  6. Melanoma sebenarnya masih dalam satu golongan dengan kanker kulit. Melanoma ini bahkan dapat muncul di kulit yang normal atau dari tahi lalat yang berubah warna atau bentuk yang semakin membesar. Karena itulah, jika Anda menemukan perubahan yang tidak wajar terjadi pada tahi lalat Anda, segera temui dokter untuk konsultasi.
  7. Tungiasis juga penyakit kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga. Seperti namanya, tungiasis merupakan ulah dari kutu betina, yaitu tunga penetran. Bila seseorang digigit sampai terluka oleh serangga yang satu ini, tidak lama kemudian kulit akan bereaksi yang lama kelamaan akan membusuk karena luka yang cepat menyebar luas.
  8. Pemfigus Vulgaris tidak kalah menyeramkan dibandingkan dengan penyakit kulit berbahaya lainnya. Penyakit ini menyebabkan kulit penderita menjadi melepuh, terutama pada bagian membran mukosa, area kulit yang tipis dan sangat sensitif. Faktor – faktor pemicunya dapat menjadi sangat beragam, salah satunya yaitu bisa disebabkan oleh umur yang semakin bertambah. Semakin menua, risiko terkena penyakit ini semakin besar. Penanganan penyakit ini juga harus dilakukan dengan segera bila tidak menginginkan nyawa yang menjadi taruhannya.
  9. Epidermolysis Bullosa kurang lebih sama dengan pemfigus vulgaris yang dapat menyebabkan kulit penderita melepuh. Bedanya, epidermolysis bullosa ini termasuk ke dalam penyakit kulit yang langka. Dalam beberapa kasus yang sudah sangat parah, lepuhan tidak hanya terjadi pada kulit, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti usus, mulut, dsb. Kemudian, komplikasi yang amat sangat serius juga dapat terjadi dan berdampak buruk serta fatal bagi penderita penyakit ini.
Demikian ulasan mengenai 9 penyakit kulit berbahaya yang dapat Anda hindari jika menjaga kesehatan kulit dengan memperhatikan kondisi lingkungan tempat tinggal dan asupan yang Anda konsumsi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Macam Penyakit Kulit yang Sangat Berbahaya"