tes header

Penyebab dan Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Kepala


Penyebab dan Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Kepala - Pada dasarnya, penyakit kulit kepala adalah kelainan atau gangguan kulit yang terdapat pada area kepala. Penyakit ini memiliki beragam jenis, dari yang paling umum dijumpai seperti ketombe atau psoriasis sampai yang mengganggu seperti dermatitis seborrheic (seboroik) dan tinea ..capitis.

Berikut adalah ulasan lebih lengkap mengenai penyakit yang mungkin menyerang pada daerah kulit kepala.


Penyebab Penyakit Kulit Kepala.

Pada penyakit kulit kepala seperti psoriasis atau yang lebih dikenal dengan sebutan ketombe atau sisik / kerak, penyebab pastinya belum diketahui. Akan tetapi, para ahli sepakat bahwa dugaan sementara penyebab penyakit ini adalah karena autoimun. Apa itu autoimun?

Autoimun adalah sistem imun yang berbalik menyerang sel kulit yang sehat, faktor genetic, dan juga lingkungan. Selain itu, terdapat faktor pemicu lainnya yang tidak kalah penting, seperti konsumsi alkohol yang berlebihan, sering berada di bawah paparan sinar UV, tergigit serangga, mengalami infeksi pada tenggorokan, serta mengonsumsi obat – obatan tertentu.

Gejala yang dapat dikenali antara lain adanya ruam, terdapat sisik yang cukup tebal, kulit terasa gatal dan sebagian kulit mengelupas layaknya ketombe.

Kemudian, ada juga dermatitis seboroik yang ternyata tidak hanya menyerang kulit kepala, tapi juga berpotensi terjadi di area tubuh lainnya, seperti punggung, wajah, dan dada bagian atas yang lebih banyak memproduksi minyak. Pada area kulit kepala, penyakit ini ditandai dengan kulit yang berwarna merah, bersisik, dan berketombe.

Penyakit ini bukan termasuk penyakit menular. Akan tetapi, tetap saja lebih baik jika terhindar karena dapat menurunkan rasa percaya diri penderita. Penyakit ini juga masih berhubungan dengan penyakit sebelumnya, yaitu psoriasis karena seringkali disebut dengan psoriasis seboroik atau eksim seboroik. Pada bayi, lebih dikenal dengan sebutan cradle cap.

Penyebab penyakit kulit kepala yang satu ini juga masih belum diketahui secara pasti.. Kemungkinan sementara penyakit ini ada hubungannya dengan jamur yang bernama malassezia yaitu jamur yang ada pada pelepasan minyak di area permukaan kulit.

Selain itu, sejumlah faktor pemicu atau risiko di bawah ini dapat mendorong kemunculan penyakit ini, antara lain sebagai berikut.
  • Sedang menjalani pengobatan tertentu.
  • Memiliki penyakit gagal jantung.
  • Mengalami tekanan berat akan sesuatu (stress).
  • Secara bersamaan juga menderita penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh menjadi semakin lemah, contohnya HIV / AIDS, kanker, penerima transplantasi organ tubuh, serta pankreatitis alkoholik.
  • Mengalami gangguan kejiwaan (depresi) serta gangguan saran (Parkinson).
  • Hidup dalam cuaca yang dingin ditambah kering.
  • Menderita penyakit endokrin yang berdampak cukup besar terhadap tubuh, seperti diabetes atau obesitas.
Penyakit kulit kepala yang terakhir yang akan dibahas adalah tinea capitis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh jamur yang bernama Trichophyton atau Microsporum. Tinea capitis tidak hanya menyerang manusia, tapi juga hewan yang kurang dijaga kebersihannya dapat terkena penyakit ini.

Hal yang menyebalkan adalah penyakit ini cepat menyebar ke area kulit kepala lainnya sehingga meninggalkan bekas yang sulit hilang. Tanda – tanda yang terlihat, antara lain rambut yang mulai rontok, kulit terasa meradang, berkerak atau bersisi, akan terasa sakit pada penderita dan penyakit ini dapat menyebabkan botak secara permanen.

Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Kepala

Pembahasan terakhir akan berfokus pada mengatasi penyakit kulit kepala di atas. Dari keseluruhan jenis penyakit kulit tersebut, yang paling disarankan adalah langsung menghubungi dokter atau datang ke klinik kulit terdekat, terutama jika kondisi kulit kepala sudah semakin parah.

Umumnya, dokter kulit akan memberikan obat luar berupa salep atau krim yang harus dioleskan pada area kulit kepala yang bermasalah secara rutin. Pada beberapa kasus bahkan ada juga dokter yang memberikan shampoo khusus untuk digunakan penderita sekaligus sebagai perawatan kulit kepala.

Jika Anda memiliki rambut yang tidak terlalu tebal, solusi seperti terapi sinar dapat dicoba. Terapi ini dikombinasikan dengan penggunaan psoralen atau yang lebih dikenal dengan nama photochemotherapy.

Namun, pada penderita dengan rambut tebal lebih baik mencoba metode pengobatan lain karena cara ini tidak akan terlalu efektif untuk mereka. Demikian ulasan tentang berbagai penyakit kulit kepala disertai dengan penyebab dan cara mengatasinya. Salam sehat!
Posting Komentar
Click to comment