Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kulit Pada Bayi


Penyakit kulit pada bayi-Pada banyak kasus, kondisi bayi yang masih rentan dan sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna akan berpotensi sering terkena penyakit. Meskipun kondisi ini dianggap wajar saja oleh sebagian orang.

Alergi pada kulit bayi

Salah satu organ penting dari manusia adalah kulit. Karena keberadaan kulit ini merupakan lapisan terluar dari manusia yang fungsinya memproteksi hal-hal berbahaya dari luar yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Jika kondisi kesehatan kulit tidak terlalu baik, maka seringkali akan mudah terkena jenis penyakit kulit. Meskipun penyakit kulit ini dapat dialami oleh semua orang, namun yang harus diperhatikan dan mendapatkan penanganan yang lebih adalah ketika penyakit kulit ini menyerang pada bayi yang masih lemah sistem kekebalan tubuhnya.

Selanjutnya, untuk lebih jelasnya disini akan diuraikan beberapa hal mengenai apa saja yang dapat menyebabkan penyakit kulit pada bayi ini dapat terjadi. Selain itu juga cara mengatasi penyakit kulit ini dengan benar agar tidak sampai membahayakan kondisi kesehatan pada bayi.

Penyebab penyakit kulit pada bayi


Ada banyak jenis penyakit kulit yang dapat terjadi pada bayi. Yang kesemuanya itu juga disebabkan oleh hal-hal yang berbeda-beda pula. Sehingga Anda perlu untuk mengetahui hal ini agar nantinya proses pengobatannya juga dilakukan dengan tepat. Beberapa penyebab dari penyakit kulit yang dapat menyerang pada bayi ini diantaranya adalah:

1. Kulit lembab


Kondisi kulit yang terlalu lembab pada bagian yang sering mengalami lipatan pada bayi dapat berpotensi terkena penyakit kulit. Misalnya pada bagian ketiak, perut dan yang lainnya. Potensi yang lebih besar adalah penyebab ini sering dialami oleh bayi yang memiliki ukuran tubuh besar.

Tanda-tandanya adalah pada area-area tersebut akan muncul warna kulit menjadi kemerah-merahan yang disertai rasa gatal-gatal ketika terjadi persentuhan kulit tersebut.

2. Kondisi udara panas


Ada lagi kasus penyakit kulit pada bayi yang terjadinya disebabkan oleh faktor udara yang panas, serta ukuran pakaian yang terlalu sempit sehingga menyusahkan ruang gerak bayi. Kondisi ini harus Anda perhatikan pula tentunya.

Biasanya dampak dari kondisi ini adalah bayi menjadi muncul kemerah-merahan pada kulitnya. Adakalanya juga dibarengi dengan bintik-bintik berisi air yang terasa sangat gatal. Penyakit kulit ini biasa disebut dengan biang keringat.

3. Alergi

Alergi pada kulit bayi

Seringkali, mengingat kondisi kulit pada bayi masih sering rentan terhadap serangan penyakit, yang dapat terjadi adalah adanya alergi ketika bersentuhan dengan sesuatu. Biasanya alergi terhadap sabun, ataupun faktor kebersihan pakaian dari bayi tersebut.

Tanda yang sering muncul dari penyebab ini adalah munculnya ruam pada bagian kulit bayi. Ruam akibat alergi ini biasanya dibarengi dengan rasa gatal dan rasa panas seperti terbakar.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari adanya penyakit kulit pada bayi yang mungkin dapat Anda pelajari untuk menjaga kesehatan bayi Anda. sedangkan bagaimana cara mengatasinya dari penyakit tersebut agar dapat sembuh dengan benar. Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat mengenai cara-cara tersebut.

Cara Mengatasi penyakit kulit bayi

Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit kulit ini yang kesemuanya itu biasanya disesuaikan dengan penyebab dari adanya penyakit tersebut. Khususnya pada bayi, Anda harus lebih berhati-hati ketika melakukan proses pengobatan pada penyakit ini. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah:
  1. Untuk kasus penyakit kulit yang disebabkan oleh kondisi kulit yang lembab, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti: Anda cuci terlebih dahulu pada bagian kulit yang terkena penyakit ini. Selanjutnya Anda dapat mengoleskan krim seperti zinc-oxide yang berfungsi sebagai pelindung sementara pada kulit bayi.
  2. Sedangkan pada kasus penyakit kulit pada bayi seperti biang keringat. Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan cara mulai dari mengamankan bayi dari kondisi udara yang panas. Selain itu, Anda juga dapat mengenakan pakaian yang berukuran agak besar agar sirkulasi udara pada bayi dapat stabil. 
  3. Terakhir kasus alergi pada bayi. Jika efek yang ditimbulkan berupa muncul warna merah pada kulit, Anda dapat memberinya krim dengan kandungan hidrokortison untuk meredakan gatal dan kemerahan pada kulit. Jika dirasa belum sembuh, Anda dapat berkonsultasi lebih dalam pada ahlinya. 
Inilah uraian singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi penyakit kulit pada bayi yang dapat Anda lakukan jika sewaktu-waktu terjadi pada bayi Anda. semoga bermanfaat
Posting Komentar
Click to comment