Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kulit Kurap


Penyakit kulit kurap – telah diketahui bahwa kurap sering kita ketahui, bahayakan banyak yang telah mengalaminya. Terkadang yang telah terkena kurap maka belum mengetahui apakah ini kurap ataukah bukan.

Sehingga mengenai penyakit ini makan mengantisipasi diri kita sendiri untuk menjaga kebersihan tubuh. Sebab kurap itu sendiri tumbuh akibat Anda tidak menjaga kebersihan tubuh Anda sendiri. Sementara itu lingkungan sekitar juga sangat penting berpengaruh dalam penyakit jenis kurap ini.

Cara mengatasi penyakit Kurap

Pengertian Penyakit Kulit Kurap

Kurap adalah jenis penyakit yang terjadi akibat infeksi jamur dalam hal ini juga bisa disebut juga dengan fungi. Penyakit kulit kurap ini juga dapat terjadi di area kulit, kuku atau bahkan rambut. Adapun istilah yang digunakan dalam istilah medis yaitu Tinea atu juga bisa disebut infeksi dermatofit. Adapun juga dalam bahasa inggrisnya yaitu ringworm.

Penamaan penyakit kurap ini berdasarkan dimana penyakit ini terjadi. Misalkan penyakit ini terjadi pada di area wajah maka disebut dengan tinea facei. Selain itu juga di area badan namanya akan berbeda lagi, penamaannya adalah tinea corporis. Sehingga jamur pada kulit kepala namanya adalah tinea kapitis. Sedangkan pada paha dan kaki adalah tinea cruris.

Selain itu juga kita harus mengetahui apa penyebab yang diakibatkan penyakit kulit kurap ini. yang telah dijelaskan tadi bahwa kurap ini timbul akibat jamur. Jamur itu sendiri juga diakibatkan dari jamur. Jamur yang disebut yaitu Trichophyton rubrum, dalam hal ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

Selain itu juga dapat disebabkan oleh kucing maupun anjing. Dalam penyebarannya juga disebabkan juga dari kontak langsung oleh penderitanya, kemudian juga akibat tertular hewan serta dari tanah. Sebab jamur juga ada yang berasal dari tanah sehingga dapat terkena jamur apabila habis kontak dengan tanah, meskipun ini jarang dilakukan.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Kurap 

Penyakit kulit kurap ini juga dapat diobati secara medis maupun secara alami. Apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasi kurap ini agar tidak semakin melebar dan tidak menular ke orang lain. Disini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Gunakan minyak pohon teh

Minyak pohon teh ini dapat mengatasi penyakit kurap ini secara dalam kandungan minyak pohon ini memiliki sifat yaitu dengan cara menghilangkan jamur dari kulit. Selain itu juga dapat mengembalikan kondisi kulit seperti semula kembali. Tidak akan ada efek yang ditimbulkan jika pemakaian ini dilakukan secara terus-menerus.

2. Gunakan bawang putih
Telah diketahui bahwa bawang putih ini mampu menyembuhkan banyak penyakit. Salah satunya yaitu mengobati kurap. Sebab dalam kandungan bawang putih ini dapat melawan jamur dan sumber infeksi dan juga dapat mengatasi perubahan warna pada daerah yang terkena oleh penyakit kulit kurap.

3. Oleskan minyak kelapa

Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa atau juga bisa dengan menggunakan kelapa yang masih segar. Minyak kelapa ini dapat menyembuhkan kurap secara cepat. Cara penggunaannya yaitu dengan cara mengoleskan minyak kelapa ke bagian kurap dilakukan beberapa kali dalam sehari. Apabila kurap sudah memudar tandanya sembuh.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel ini dapat mengobati segala macam penyakit, yakni dapat mengobati penyakit kurap. Cuka sari apel ini dapat membersihkan kurap sampai tuntas dan kurap tidak akan datang kembali. Cuka ini mengandung siat yang dapat menghilangkan bekas krap yang berwarna putih serta mengatasi infeksi kurap yang buruk.

Kurap dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman di bagian tubuh yang terkena infeksi kurap ini. sehingga bagi Anda yang baru mengalami kurap segerahlah untuk diatasi dengan obat-obat yang secara alami di atas yang telah dijelaskan. Sebab jika tidak diatasi secara cepat dan tepat maka penyakit kulit kurap ini akan menyebar ke bagian tubuh lain.

Selain itu juga rawan untuk menular ke orang lain. Sehingga jangan sampai merugikan orang lain, maka segera diobati. Kurap juga banyak jenisnya tentunya juga pengobatannya berbeda-beda. Dapat Anda periksakan segera di dokter jika mengalami gatal-gatal pada kulit Anda.
Posting Komentar
Click to comment