Pengertian dan Cara Mengatasi Penyakit Kulit Herpes


Penyakit kulit herpes pada dasarnya menyerang bagian epidermis kulit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini mudah menular terutama melalui hubungan seksual yang tidak sehat. Sebenarnya penyakit apa ini dan bagaimana cara mengobatinya akan dikupas lebih jelas pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Penyakit kulit herpes

Penyakit kulit herpes merupakan penyakit yang ditandai dengan peradangan pada bagian epidermis kulit dan umumnya muncul gelembung yang berisi air secara berkelompok. Terkadang penyakit ini juga sering disamakan dengan penyakit kulit cacar karena gejala dan bentuk penyebarannya yang kurang lebih sama.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ciri – ciri dari penyakit ini adalah dengan timbulnya gelembung – gelembung kecil secara berkelompok atau menggerumbul, dimana gelembung tersebut berisi cairan yang jika pecah mengandung sejumlah virus dan bakteri dan dapat menularkan siapa saja yang menyentuhnya.


Penyakit kulit herpes ini juga dapat tumbuh di organ kelamin, seperti bokong, anus, atau alat kelamin pria atau wanita. Terdapat2 jenis penyakit kulit herpes, yaitu herpes genitalis dan herpes zooster.

Pada herpes genitalis biasa menyerang di daerah sekitar organ kelamin dan ini termasuk dalam penyakit menular seksual. Sementara itu, herpes zooster merupakan kelanjutan dari chickenpox atau yang lebih dikenal dengan penyakit cacar air.


Penyebab herpes seperti yang sudah dijelaskan di paragraf pembuka, yaitu karena adanya infeksi virus yang bernama virus herpes simplex dan juga virus varicella zoster yang tentunya harus dihindari karena jika sudah terinfeksi dapat menimbulkan bekas luka pada kulit yang agak sulit dihilangkan.


Pada herpes zooster, gelembung yang timbul biasanya lebih besar dan tumbuh pada area punggung, dahi, atau dada. Namun, tak menutup kemungkinan untuk timbul di area lain seperti lengan atau kaki.
Agar dapat mengenali penyakit ini lebih dalam, berikut adalah uraian dari gejala awal munculnya penyakit kulit herpes, antara lain:
  • Gejala penyakit ini biasa terjadi pada awal minggu pertama sampai dengan minggu kedua.
  • Umumnya gelembung akan tumbuh di bagian kulit yang mengalami ruam atau sangat sensitive, sehingga sangat mudah untuk diinfeksi virus.
  • Kemudian, setelah beberapa waktu (hari atau minggu), mulai terbentuk lepuhan dengan ukuran kecil hingga besar, dimana lepuhan tersebut berisi cairan bening yang mengandung virus dan bakteri.
  • Dalam waktu 7 sampai dengan 10 hari, suhu tubuh tidak stabil, akan naik turun tanpa bisa diprediksi.
  • Bila penyakit ini menyerang bayi, bayi tersebut akan mengalami kejang – kejang hebat dan berpengaruh pada otaknya karena ikut terinfeksi.
  • Lalu otot – otot tubuh akan melemah dan kendur, tidak kuat atau kencang seperti biasanya.
  • Dalam beberapa kasus, akan dijumpai gangguan pada sistem pernapasan, bahkan sampai mengalami peradangan hati atau biasa disebut dengan hepatitis.
Cara Mengatasi Penyakit Kulit Herpes

Setelah tahu bagaimana mengerikannya penyakit ini, tentunya kita semua berpikir bagaimana menghindarinya. Tentu saja dengan menjaga kesehatan kulit dan tidak dekat – dekat dengan orang yang sudah tertular. Nah, pertanyaannya adalah bagaimana jika penyakit ini sudah terlanjur menyerang tubuh?

Pembahasan berikut akan mengulas tentang mengatasi penyakit kulit herpes secara alami. Kemudian, apa saja yang dibutuhkan? Simak lebih jelasnya pada rincian berikut ini.

Mandi dengan air garam. Anda dapat menggunakan garam terbaik atau membeli garam epsom di apotek atau supermarket terdekat. Bahan ini dapat membersihkan atau mencuci area yang terinfeksi. Selain itu, garam juga dapat membantu meredakan dan mengeringkan luka yang timbul jika gelembung pecah.

Penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan 1 sendok the garam ke dalam 600 ml air. Bila terlalu sulit, Anda dapat menggenggam garam dengan satu tangan dan melarutkannya pada bak mandi. Lalu, bersihkan tubuh atau mandi dengan menggunakan air tersebut.

Mengonsumsi madu. Madu terkenal karena khasiatnya yang amat sangat banyak termasuk salah satunya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh meningkat, penyakit kulit herpes akan mereda dengan sendirinya, sehingga gelembung dan ruam pada kulit dapat mereda secara perlahan.

Demikian artikel tentang herpes dan cara mengatasinya dengan bahan alami. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: http://kotasehat.blogspot.co.id
Posting Komentar
Click to comment