tes header

Pengertian, Ciri – Ciri, dan Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit Jamur


Pengertian, Ciri – Ciri, dan Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit Jamur - Penyakit kulit jamur sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Pada dunia medis, penyakit ini lebih dikenal dengan nama Tinea Corporis yang umumnya juga dapat menimbulkan ruam dengan warna kemerahan pada kulit. Ruam yang disebabkan oleh jamur berbentuk lingkaran dengan ukuran yang beragam.

Penyakit ini biasanya timbul karena penderita tidak menjaga kesehatan dan keberihan kulit dengan baik dan benar. Penjelasan mengenai penyakit kulit jamur lebih lengkapnya dapat dilihat pada beberapa sub judul berikut ini.

Pengertian

Penyakit kulit jamur pada dasarnya adalah penyakit ketika jamur tumbuh pada kulit. Hal ini disebut penyakit karena jamur yang tumbuh di kulit dapat menyebabkan rasa gatal – gatal yang tentunya mengganggu penderitanya.

Penyakit ini sangat mudah dijumpai pada area kulit kaki dan tangan. Meskipun jamur juga dapat tumbuh di area kulit tubuh lainnya, namun karena kaki yang lebih sering berada di tempat lembab seperti sepatu dan kaus kaki, maka jamur lebih mudah tumbuh di area tersebut.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa penyebab utama penyakit ini tentu adalah jamur. Nama jamur yang berkontribusi menyumbang penyakit ini di kulit adalah jamur dermatophytes. Jamur ini selain dapat tumbuh pada kulit, ternyata juda dapat tumbuh dan berkembang pada area keratin atau penyusun rambut. Anda juga harus berhati – hati dengan tanah karena tanah termasuk dalam salah satu tempat tumbuhnya jamur.

Untuk menghindari penyakit ini, minimalkan kontak dengan penderita agar tidak tertular. Jangan pernah melakukan kontak fisik secara langsung, misalnya bersentuhan tangan. Selain manusia, jika Anda memiliki peliharaan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya dengan selalu membawa ke salon untuk perawatan agar peliharaan Anda terbebas dari jamur.

Kemudian, penyakit kulit jamur juga dapat ditularkan melalui benda yang sudah terinfeksi dengan jamur karena jamur ternyata juga dapat tinggal pada benda tertentu. Kulit yang menyentuh benda yang sudah ditempeli spora jamur kemungkinan dapat tertular.

Meskipun penularan mungkin saja terjadi, tetapi Anda juga harus memperhatikan faktor pemicu dari penyakit ini, antara lain sebagai berikut.
  • Memiliki riwayat penyakit jamur atau pernah terinfeksi dengan jamur. 
  • Memiliki penyakit yang pada akhirnya mempengaruhi sistem imunitas tubuh yang melemah.
  • Selain penyakit, mengonsumsi obat – obatan yang mengandung bahan steroid atau menjalani pengobatan seperti kemoterapi juga dapat melemahkan sistem imunitas tubuh yang mempermudah infeksi jamur.
  • Melakukan kontak fisik dengan seseorang, hewan, atau benda yang ditumbuhi jamur secara intens.
  • Tinggal di daerah yang kumuh, basah, dan lembab, sehingga jamur mudah sekali berkembang biak di tempat seperti itu.
  • Memiliki sirkulasi darah yang tidak lancar atau buruk.
  • Mengidap penyakit tertentu seperti diabetes atau obesitas.

Ciri – Ciri

Sementara itu, ciri – ciri dari penyakit jamur bermacam – macam, bergantung dari jenis penyakit kulitnya. Seperti contohnya, penyakit panu ditandai dengan bintik – bintik putih yang terlihat bergerumbul dan terasa gatal.


Pada penyakit kurap, ciri – ciri yang dapat dilihat, yaitu adanya ruam yang melingkar berwarna kemerahan dan bentuknya seperti cincin. Sementara pada area kulit kaki, ciri yang dapat dikenali, yaitu kulit mengelupas, retak, dan terasa lunak dibanding area kulit lainnya. Kemudian, juga ada rasa gatal dan terbakar pada area yang terinfeksi jamur.

Cara Menyembuhkan

Pada sub judul terakhir ini, pembahasan mengenai cara menyembuhkan penyakit kulit jamur akan lebih berfokus kepada penmebuhan secara alami. Bahan – bahan serta cara penggunaannya akan dibahas secara lengkap pada uraian berikut ini.

Kayu Manis

Kayu manis yang bersifat anti jamur dapat dijadikan solusi sebagai obat alami untuk menghilangkan jamur pada kulit. Cukup oleskan pada area yang ditumbuhi jamur secara rutin dan lama kelamaan jamur akan hilang dengan sendirinya.

Cuka Apel

Cuka apel telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kulit. Tidak hanya sebagai obat dalam untuk diminum, nyatanya cuka apel juga dapat dijadikan sebagai obat luar memperbaiki kulit yang berjerawat atau terkena jamur.

Pada penyakit jamur, Anda bisa menambahkan cuka apel dengan teh kental dan oleskan pada kulit yang berjamur.

Demikian pembahasan mengenai penyakit kulit jamur. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar
Click to comment