tes header

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Cacar


Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Cacar - Penyakit kulit cacar - Terdapat berbagai jenis penyakit kulit yang dapat menyerang manusia. Salah satunya ialah penyakit kulit cacar. Penyakit kulit cacar ini dapat menyerang siapa saja, baik anak kecil maupun orang dewasa.

Terdapat beberapa jenis penyakit kulit cacar. Diantaranya adalah cacar air, cacar api, dan cacar ular. Penyakit kulit cacar yang lebih sering ditemui dan menyerang seseorang yaitu penyakit kulit cacar air.
car amengatasi penyakit cacar
Penyakit cacar | Sumber gambar: cacarair.bumikesehatan.com

Pengertian penyakit kulit cacar

Dalam bahasa medis, penyakit kulit cacar disebut dengan varisela. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun, namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang orang dewasa jika sistem kekebalan tubuh menurun.

Gejala penyakit kulit cacar yang muncul pada orang dewasa memiliki gejala yang lebih berat jika dibandingkan dengan yang muncul pada anak-anak.

Penyakit kulit cacar ini disebabkan oleh virus yang bernama varisella zoster. Secara umum ditandai dengan munculnya ruam yang terjadi pada kulit, dan kemudian ruam tersebut berubah menjadi bintil berwarna merah yang didalamnya terdapat cairan.

Bintil tersebut menyebabkan rasa gatal pada kulit yang selanjutnya mongering dan berubah menjadi koreng. Bintil yang mengering tadi kemudian akna mengelupas dalam kurun waktu 1-2 minggu.

Bagian tubuh yang paling sering terkena cacar ialah bagian wajah, kulit kepala, belakang telinga, lengan, perut, dada, serta kaki.

Ciri-ciri penyakit kulit cacar

Penyakit kulit cacar dapat menyebar atau menular dengan cara yang sangat mudah. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengenal ciri-ciri penyakit kulit cacar ini, sehingga Anda dapat langsung melakukan pengobatan jika penyakit ini menyerang. Diantara ciri-ciri penyakit kulit cacar antara lain:

  • Tubuh mengalami demam dan suhu tubuh menjadi lebih tinggi . Seseorang yang terkena penyakit kulit cacar ini akan mengalami demam. Demam yang terjadi sebagai tanda bahwa tubuhnya telah terserang oleh virus. Munculnya demam ini sebagai pertanda bahwa sistem imun yang terdapat dalam tubuh sedang melawan virus yang menyerang tubuh. Selain itu, juga terjadi perubahan suhu pada tubuh. Suhu tubuh bisa mencapai lebih dari 38 derajat celcius.
  • Muncul bintik-bintik merah pada kulit. Demam yang menyerang seseorang akibat adanay penyakit kulit cacar ini diiringi dengan munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Bintik-bintik tersebut terasa gatal dan berisi cairan yang berwarna bening.
  • Mengalami sakit kepala. Ciri-ciri seseorang terkena penyakit kulit cacar selain demam dan muncul bintik-bintik yaitu terjadinya sakit kepala. Hal ini disebabkan karena selaput pada otak telah diinfeksi oleh virus penyebab cacar.
  • Merasakan mual-mual pada perut. Ciri-ciri selanjutnya yaitu perut terasa mual saat setelah makan. Hal ini juga disebabkan oleh virus yang telah mneyerang bagian pencernaan penderita cacar. Seseorang bisa saja mengalami mual hingga muntah sehingga menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.
Cara menghilangkan penyakit kulit cacar

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan penyakit kulit cacar. Diantaranya ialah:

Menghilangkan penyakit kulit cacar dengan menggunakan kacang hijau.

Kandungan yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu mengeringkan cacar dengan lebih cepat. Cara mengonsumsinya ialah dengan merendam kacang hijau sampai membengkak kemudian ditumbuk hingga halus. Oleskan tumbukan kacang hijau pada kulit yang terkena cacar.

Menghilangkan dengan mengkudu

Meskipun buah mengkudu memiliki bau yang tidak sedap, namun kandungan yang terdapat didalamnya dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit cacar dengan lebih cepat. Caranya ialah dengan membuat mengkudu menjadi jus dan mengonsumsinya secara rutin.

Menghilangkan cacar dengan menggunakan jagung muda.

Kandungan amilum yang terdapat dalam jagung dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit cacar. Jagung muda juga dapat membantu menghilangkan bekas cacar yang terdapat pada kulit.
Cara menggunaan jagung muda ini ialah dengan memarut jagung muda, yang kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang terkena penyakit kulit cacar.

Hilangkan cacar dengan Bengkoang

Kandungan yang terdapat dalam bengkoang dipercaya mampu menghilangkan penyakit kulit cacar. Cara penggunaannya yaitu dengan menumbuk bengkoang hingga halus lalu ditambahkan sedikit air dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena cacar.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian, ciri-ciri, dan cara menghilangkan penyakit kulit cacar. Semoga dapat menjadi sumber informasi bagi Anda yang sedang membutuhkan.

Sumber gambar: http://cacarair.bumikesehatan.com/obat-cacar-air-tradisional/
Posting Komentar
Click to comment