Macam-Macam Penyakit Kulit yang Patut Diketahui


Macam-macam penyakit kulit - penyakit kulit merupakan penyakit yang sering sekali menimpa pada setiap orang. Baik itu dengan tingkat keparahan yang tinggi ataupun penyakit kulit biasa yang sering muncul pada banyak orang. Hal ini menjadi wajar karena kulit sangat rentan terhadap rangsangan yang diperoleh dari luar tubuh manusia.

Memang pada kenyataannya kulit adalah organ paling luar pada tubuh manusia. Sehingga dalam fungsinya sebagai pelindung dari organ dalam manusia, seringkali kulit lebih dulu bersentuhan dengan ancaman-ancaman yang datang dari luar. Seperti misalnya oleh bakteri, virus ataupun hal-hal berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Dari proses ini, jika daya tahan dan daya proteksi dari seseorang tidak kuat akan dapat mengakibatkan kulit ini menjadi mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit. Karena kesehatan kulit ini juga harus mendapat perhatian yang lebih. Apalagi pada seseorang yang sering beraktifitas diluar dan bertemu dengan hal-hal yang dapat membahayakan kulit.

Karena penyakit kulit ini meskipun tidak terlalu berbahaya pada seseorang, justru yang sering terjadi adalah seseorang yang mengalami penyakit kulit ini akan sering merasa tidak nyaman dan lebih-lebih mengganggu aktifitasnya. Maka dari itu, perlu kita untuk mengetahui sekilas mengenai macam-macam penyakit kulit ini.

Beberapa Macam Jenis Penyakit kulit 

Dibawah ini akan kami uraikan mengenai macam-macam jenis dari penyakit kulit yang patut untuk Anda ketahui. Mulai dari penyakit kulit biasa yang umum terjadi hingga penyakit kulit yang jarang terjadi pada seseorang namun dapat dibilang berbahaya bagi penderitanya. Beberapa diantaranya adalah:

1. Jerawat

Jenis penyakit ini mungkin banyak diantara kita yang sudah mendengarnya atau bahkan juga sering mengalaminya. Memang, meskipun terkesan penyakit biasa, jerawat ini juga termasuk dari macam-macam penyakit kulit yang patut untuk Anda ketahui.

Penyakit jerawat yang timbul karena bakteri ini, yaitu bakteri yang berkembang pada lapisan-lapisan kulit manusia sering sekali orang mengalaminya. Ada yang keberadaannya timbul tenggelam dan ada yang lebih parah adalah jerawat menahun yang dapat semakin menyebar pada area kulit seseorang.

2. Kudis

Jenis penyakit ini agak sedikit berbeda daripada jerawat. Kalau jerawat yang banyak terjadi muncul pada bagian wajah. Sedangan kudis seringkali muncul pada organ lain dari manusia, seperti jari-jari tangan dan kaki, dan yang lainnya. Adanya penyakit kudis ini biasanya terjadi sebagai akibat dari adanya parasit tungau.

Efek dari penyait kulit yang satu ini adalah munculnya rasa gatal-gatal yang parah. Sehingga sangat mengganggu sekali pada penderitanya. Penyakit ini termasuk dari jenis penyakit menular yang proses penularannya biasanya lewat kontak langsung dengan orang yang menderita ataupun lewat pakaian.

3. Bisul

Macam-macam penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh bakteri adalah bisul. Penyakit kulit ini dapat terjadi karena adanya infeksi oleh bakteri stafilokokus aureus yang masuk pada lapisan kulit melalui kelenjar keringat. Penyakit ini dapat juga terjadi karena seseorang yang tidak rajin merawat dan membersihkan badannya.

Ciri-ciri dari penyakit ini adalah adanya tonjolan berwarna merah yang perlahan-lahan semakin membesar. Tonjolan ini berisi nanah yang sewaktu-waktu dapat pecah dan terasa berat.

4. Cacar Air

Cacar air ini biasanya banyak diderita oleh anak-anak usia menjelang remaja. Penyakit kulit jenis ini dapat terjadi karena adanya virus yang menyerang pada seseorang.

Meskipun bagian dari penyakit kulit, namun cacar air ini dapat juga menyerang kondisi stamina seseorang. Biasanya ketika terkena penyakit ini selain timbul bintik-bintik kecil berwarna merah, penderitanya juga dibarengi dengan adanya rasa demam yang tinggi.

5. Melanoma

Yang satu ini mungkin bagian dari macam-macam penyakit kulit yang jarang terjadi. Akan tetapi Anda perlu mengetahuinya, karena ini termasuk dari jenis penyakit berbahaya yang berpotensi pada kematian penderitanya.

Melanoma merupakan nama lain dari kanker kulit. Kondisi ini dapat ditandai dari adanya tahi lalat yang semakin membesar dan warna pada tahi lalatnya berubah perlahan. Jika ada tanda-tanda seperti ini alangkah baiknya untuk segera berkonsultasi pada dokter.

Inilah beberapa informasi mengenai macam-macam penyakit kulit yang patut untuk Anda ketahui sebagai wawasan informasi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar
Click to comment