Macam – Macam Penyakit Kulit dan Obatnya


Macam – macam penyakit kulit dapat Anda mudah jumpai sehari – hari. Sebenarnya apa sih itu penyakit kulit? Kenapa banyak sekali jenisnya? Jadi, penyakit kulit sebenarnya sama dengan penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur. Bedanya, penyakit ini lebih terlihat jelas di kulit, makanya disebut dengan penyakit kulit.

Penyakit kulit menyerang kekebalan tubuh seseorang yang kurang baik. Karena banyaknya jenis dari penyakit kulit ini, maka penyakit kulit juga digolongkan ke dalam beberapa kelompok bergantung dari tingkat keparahan yang dialami. Ada penyakit kulit yang sangat berbahaya, menular, juga yang tidak berbahaya.

Macam- Macam Penyakit Kulit 

Panu

Panu adalah salah satu dari jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Penderita penyakit panu akan mengalami beberapa gejala – gejala seperti merasakan gatal – gatal bahkan sampai ada yang merasa panas di kulit. Untungnya, penyakit ini masih termasuk dalam penyakit kulit yang ringan sehingga dapat disembuhkan dengan mudah.

Orang yang terkena penyakit panu akan terlihat bercak berwarna putih – putih pada kulitnya, merasa gatal ketika mengalami keringat terutama yang berlebih, dan umumnya dapat dijumpai pada area punggung.

Bisul

Bisul juga masih tergolong penyakit kulit ringan yang mudah disembuhkan. Penyakit ini timbul ketika kulit membengkak yang penyebabnya adalah infeksi bakteri staphylococcus aureus. Penyakit ini dapat tumbuh secara tunggal ataupun jamak yang muncul dengan banyak di kulit, tidak hanya satu. Jika muncul banyak, biasa disebut Carbunculosis.

Penyakit ini harus segera diobati jika tidak ingin menyebar lebih banyak pada area kulit lainnya. Bisul dapat ditandai denggan ciri – ciri seperti kulit yang berwarna kemerah – merahan dengan disertai benjolan yang jika sedikit ditekan akan terasa cukup sakit. Biasanya, orang yang terkena penyakit bisul kurang menjaga kebersihan kulitnya.

Jerawat

Macam – macam penyakit kulit berikutnya adalah jerawat. Berbeda dengan kedua penyakit sebelumnya, penyakit kulit yang satu ini dikarenakan oleh adanya bakteri yang terjebak pada pori – pori kulit. Sehingga, kulit akan membengkak dan terlihat seperti ada benjolan yang mengganggu. Penyakit ini tidak hanya terlihat di wajah, tapi juga di area tubuh lainnya.

Campak

Penyebab penyakit campak ini adalah karena adanya infeksi virus yang terjadi pada kulit. Gejala yang dapat dirasakan, antara lain tubuh terasa lemas, menurunnya nafsu makan, demam tinggi, serta mengalami peradangan pada area sekitar mata. Kemudian, tak lama nampaklah ruam – ruam dengan warna kemerahan yang muncul pada tubuh.

Cacar Air

Penyakit ini sama seperti campak yang merupakan hasil dari akibat infeksi kulit. Penderita akan merasakan gatal – gatal pada kulitnya dan tubuh mengalami demam. Penyakit cacar air ini akan menimbulkan bekas jika pecah atau digaruk dengan menggunakan tangan.

Ketombe

Ketombe biasa terdapat pada area rambut. Ketombe muncul karena penderita kurang memperhatikan kebersihan pada area yang ditumbuhi rambut. Ketombe sendiri adalah serpihak putih yang terdapat pada rambut. Biasanya, penderita sering merasakan gatal. Namun, penyakit ini bukan tergolong dari macam – macam penyakit kulit yang membahayakan.

Macam – Macam Obat Penyakit Kulit

Rincian di atas masih merupakan sebagian dari penyakit kulit yang umum dijumpai. Sebenarnya, masih ada banyak sekali macam – macam penyakit kulit yang bahkan sampai membahayakan penderitanya. Lalu, bagaimana cara mengatasi atau mengobati itu semua? Oleh karena itulah, pada sub judul ini akan dibahas mengenai obat yang tepat untuk penyakit kulit.

Pada penyakit panu, penderita dapat menggunakan obat yang teksturnya seperti krim, seperti Terbinafine, Klotrimazol, atau Miconazole. Seluruh obat ini sudah dijual secara bebas dan dapat Anda temui dengan mudah di apotek atau toko obat. Sebelum mengoleskannya pada area panu, jangan lupa bersihkan kulit terlebih dahulu.

Lain halnya dengan jerawat, Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan lidah buaya atau tea tree oil. Jika Anda tergolong orang yang praktis, Anda dapat membeli skincare yang khusus menangani kulit berjerawat yang bisa Anda jumpai dengan mudah di berbagai supermarket atau minimarket.

Namun, jika penyakit kulit sudah tergolong parah, apapun jenisnya, sangat disarankan untuk konsultasi langsung dengan dokter. Apapun macam – macam penyakit kulit yang mungkin timbul, Anda tetap harus melakukan upaya pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan kulit.
Posting Komentar
Click to comment