tes header

Macam-macam Penyakit Kulit Beserta Penyebabnya


Macam-macam penyakit kulit beserta penyebabnya – siapa yang tidak tahu bahwa banyak sekali penyakit yang bisa timbul di permukaan kulit yang bisa menjadi gangguan dan membuat tidak nyaman penderitanya. Salah satu yang mudah sekali terjadi pada kulit adalah iritasi pada kulit yang berujung luka dan kemerah-merahan.

Namun tak jarang, kulit yang tidak dijaga kebersihannya bisa terserang bakteri, jamur bahkan virus yang bisa membuat kulit kesakitan lebih lama. Permasalahan kulit seakan menjadi masalah yang harus benar-benar diperhatikan, karena letaknya yang berada di permukaan dan terlihat mata, hal ini menjadi perhatian besar bagi penderita penyakit kulit tersebut.

Disini akan dibahas mengenai macam-macam penyakit kulit beserta penyebabnya yang bisa menjadi hambatan seseorang dan bisa menghilangkan kepercayaan diri seseorang tersebut.

Macam dan penyebab penyakit kulit antara lain, yaitu: 

Berwarna putih tersebar di permukaan kulit yaitu panu, penyebabnya jamur

Ini dia penyakit yang disebabkan oleh jamur. Mengerikan ya, karena ternyata tidak hanya makanan yang bisa berjamur namun kulit pun bisa demikian. Hal ini terjadi akibat dari penderita yang jarang mau menjaga kebersihan dirinya. Alhasil, kulitnya tumbuh penyakit yang diakibatkan oleh jamur kulit.


Siapa yang bisa mengalami penyakit ini? Hampir dipastikan masing-masing orang khususnya dewasa pasti sangat mudah terserang penyakit kulit yang satu ini. Warna putih (kalau dalam bahasa jawanya nemblong-nemblong) yang muncul di permukaan kulit membuat kepercayaan diri menurun.

Apalagi, betapa tidak menyenangkannya bila orang lain melihat dan menyadari bahwa seseorang itu ternyata terkena infeksi jamur ini. Mereka pasti akan menjauh karena merasa risih. Yang diserang jamur pada macam-macam penyakit kulit beserta penyebabnya ini adalah bagian pigmen atau warna kulit itu sendiri.


Untuk mengetahui apakah itu panu, terlihat apabila kulit muncul warna putih dan bisa kapan saja mengalami perkembangan. Misalnya, yang awalnya berada di tangan, di lain waktu meningkat dan menyerang ke bagian punggung dan sebagainya. Penderita akan merasakan yang namanya gatal-gatal hebat jika jamur telah mengganggu.

Hal ini membuat aktivitas menjadi terganggu karena kemunculan rasa gatal ini secara tiba-tiba bahkan di saat yang tidak tepat, misal saat Anda sedang berkumpul dengan teman-teman.

Macam-macam penyakit kulit beserta penyebabnya yang kedua adalah jerawat dengan penyebabnya adalah bakteri.

Siapa yang menyangka ternyata jerawat merupakan penyakit kulit. Namun dalam masyarakat, penyakit kulit satu ini sudah sangat umum terjadi. Bahkan mulai dari usia remaja sampai usia dewasa akan menemui yang namanya gangguan kulit berjerawat.

Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang menyerang. Bagian tubuh yang diserang bakteri ini adalah kelenjar kulit.

Herpes dengan penyebabnya adalah virus

Dari kedua penyakit diatas, ini yang lebih parah karena tumbuhnya bisa lebih menyiksa dan disebakan oleh virus. Awal kemunculannya dapat membuat penderitanya meriang dan demam. Namun untuk jenis ini bisa cepat sembuh dengan penanganan yang baik.

Macam-macam penyakit kulit beserta penyebabnya diatas bisa menjadi penghalang kepercayaan diri seseorang. Itulah mengapa penting sekali menjaga kebesihan diri khususnya kulit. Apalagi jika memiliki kulit yang sensitif.

Cara pengobatan untuk penyakit kulit

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk macam penyakit kulit diatas adalah:

Untuk panu, produk penghilang panu bisa ditemukan di apotik terdekat. Obat ini berbentuk krim jadi bisa langsung dioleskan pada permukaan kulit yang berwarna putih dan gatal tadi. Contoh produknya seperti kanesten.

Jika Anda memilih dengan cara alami, maka bisa menggunakan lengkuas yang dioleskan langsung pada area kulit berjamur tersebut.

Jerawat

Menghilangkan jerawat bisa dengan cara alami seperti menggunakan masker jeruk nipis, ketimun atau juga tomat yang bisa diaplikasikan langsung pada wajah. Jika menggunakan obat, Anda bisa jumpai di apotik. Namun yang umum digunakan biasanya face wash yang mengandung bahan anti bakteri.

Herpes dapat diobati menggunakan obat dan krim

Biasanya ada obat dan krim tertentu yang bisa dipilih agar herpes cepat hilang, ini juga bisa didapatkan di apotik. Obat dan krim ini harus digunakan bersamaan agar penyakit lekas sembuh. Krim yang digunakan pun harus mengandung antibiotik.

Demikian artikel tentang macam-macam penyakit kulit beserta penyebabnya. Semoga membantu Anda.
Posting Komentar
Click to comment